PENGENALAN TATA RIAS (MAKE UP) DALAM PEMBELAJARAN DRAMA BAGI SISWA SMA KABUPATEN KUNINGAN

Arip Hidayat, Tifani Kautsar, Andriyana Andriyana

Abstract


ABSTRAK

Teater sebagai karya pentas merupakan sebuah kemampuan siswa dalam meningkatkan kreativitas. Siswa yang memiliki kemampuan dalam tata rias dapat ikut andil dalam proses pengembangan kreativitasnya dalam teater. Sebagai pendukung pementasan maka penting dan sangat diperlukan pengenalan sejak dini di tingkat SMA. Dengan Metode PRA (Participatory Rural Appraisal) tater dapat dikenalkan lebih dalam melalui pengenalan tarias berupa riasan karakter, riasan pangung, riasan korektif, dan riasan kreatif yang menghasilkan responden yang memiliki pengetahuan baru tentang tata rias. Pada prosesn pelaksanaan siswa sangat antusias dan guru ikut menyimak kegiatan sehinga pembelajaran teater menjadi lebih menyenangkan.

 

ABSTRACT

Theater as a stage work is an ability of students to increase creativity. Students who have the ability in make-up can take part in the process of developing their creativity in theater. As a supporter of staging, it is important and indispensable early introduction at the high school level. With  the PRA (Participatory Rural Appraisal) method, tater can be introduced more deeply through the introduction of dance in the form of character makeup, panggung makeup, corrective makeup, and creative makeup that produces respondents who have new knowledge about makeup. In the implementation process, students were very enthusiastic and the teacher participated in listening to the activity so that theater learning became more fun.


Keywords


Drama; Pembelajaran; Siswa; Tata Rias; Drama; Learning; Make-up; Students.

References


Hidajat, R. (2004). Karakteristik tari etnik dalam perkembangan budaya di Indonesia.

Sahinbas, I. (1966). Devlet Tiyatrosu Aylık Sanat Dergisi (p. 29). Ocak, Sayi.

Benedetto, S. (2012 ). Tiyatro Tasarimi: Bir Giris. Ankara, Turkey: Deki Yayinlari.

Arikan, Y. (2011). Uygulamali Makyaj Egitimi. Pozitif Yayinlari.

Astriani, M. M. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tata Rias Wajah Korektif. Jurnal Desain, 4(03), 265-274.

Ismawati, F. C., & Marwiyah, M. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Menggunakan Moodle Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Tata Rias Wajah Panggung Di SMK N 3 Magelang. Beauty and Beauty Health Education, 11(1), 20-30.

Hartanti, R. R., & Wahidah, S. (2017) Hubungan Pemilihan Kosmetik Dengan Hasil Rias Wajah Karakter Tokoh Siswa SMK Negeri 1 Beringin. FLAWLESS, 1(1).

Qonitah, Z. R., Supiani, T., & Jubaedah, L. (2020). Pengembangan Video Tutorial dalam Materi Rias Fantasi di Program Studi Tata Rias. Jurnal Tata Rias, 10(1), 1-12.

Fitri, A., Supadmi, T., & Hartati, T. (2021). Penyutradaraan Pertunjukan Teater Kolaborasi “Suatu Ketika Di Bandar Lamuriâ€. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Seni, Drama, Tari & Musik, 6(3)

Marsafitri, D. N., & Singke, J. (2013). Perbandingan Hasil Tata Rias Fantasi Body Painting Menggunakan Teknik Manual dan Teknik Airbrush. E-jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 2(3), 90-97.

Humaida, S., & Prihatin, P. T. (2023). Adaptasi Burung Enggang Cula Pulau Kalimantan Pada Tata Rias Wajah Fantasi. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 5(2), 170-183.

Desiana, M., & Puspitorini, A. (2018). Efek Kerutan Tata Rias Wajah Karakter Perempuan Tua Tiga Dimensi dengan Memanfaatkan Tisu Wajah.

Aprilya, P., & Puspitorini, A. (2014). Perbedaan Hasil Jadi Tata Rias Wajah Karakter Perempuan Tua dengan menggunakan Kosmetik Body Painting dan Foundation. E-Journal. Volume 03 Nomer 01 Tahun 2014, Edisi Yudisium.

Salija, K., & Garim, I. (2017). Ragangan Pengembangan Tertib Menulis dan Berpikir Kreatif, Inovatif

Syafrina, D., Permatasari, D. P., & Dara, Y. P. (2016). Parasosial dan romantic beliefs: studi pada penonton serial drama Korea. MEDIAPSI, 2(2), 16-22.

Nugroho, Y. A. (2011). Meretas Pemberdayaan Seni Pertunjukan (Studi Sandiwara Miss Tjitjih dan Teater Koma) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta).




DOI: https://doi.org/10.35194/je.v4i1.3262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Suryakancana University Research and Service Institute.

Suryakancana University Rectorate Building, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216,Tlp. 0263-270106, Fax.0263-261383, E-mail: je@unsur.ac.id 

Lisensi Creative Commons
Copyright:JE (Journal of Empowerment) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.