PARTISIPASI MAHASISWA SEBAGAI MODAL SOSIAL BERBASIS 4C DALAM KEGIATAN MEWUJUDKAN DESA SEHAT, CERDAS, DAN SEJAHTERA
Abstract
ABSTRAK
Mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa, partisipasinya senantiasa diharapkan masyarakat sehingga kehidupan berbangsa dan bernegara terbangun dengan sehat dan kondusif. Sebagai ujung tombak pembangunan nasional, partisipasi mahasiswa dalam membangun desa diharapkan bukan hanya sekedar wacana, melainkan terealisasi dengan baik. Tujuan kajian ini akan mendeskripsikan tingkat partisipasi mahasiswa sebagai modal sosial berbasis 4C (Kritis, Komunikatif, Kreatif, dan Kolaboratif) dalam konteks Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kajian ini dilakukan dengan menggunakan metode purposif bagi penentuan sampel, metode analisis untuk mendeskripsikan data, metode pendampingan dalam pelaksanaan partisipasi mahasiswa. Selain itu, dilakukan pula observasi langsung ke lapangan. Hasilnya, mahasiswa melaksanakan partisipasi pada kegiatan posyandu, donor darah, kewirausahaan, kebersihan, dan mengaji serta mengajar. Di lapangan mahasiswa berkolaborasi dengan Masyarakat, Kader Posyandu, Petugas Palang Merah Indonesia Kabupaten Cianjur, Pengusaha, dan Keluarga Besar Yayasan Pendidikan Al-Kausar Cianjur. Jumlah mahasiswa yang ber-KKN di Desa Muka ada 15 orang dengan latar belakang keilmuan yang berbeda, yakni Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Ilmu Hukum, Ekonomi Syariah, Agribisnis, Agriteknologi, dan Teknik Sipil.  Melalui perhitungan persentase, efektivitas dan produktivitas mahasiswa dalam berpartisipasi pada KKN di Desa Muka Kecamatan Cianjur berkategori sangat baik. Rerata partisipasi mahasiswa pada semua program yang dilaksanakan sebesar 86.3%.  Partisipasi ini merupakan potensi modal sosial yang sangat berharga bagi peningkatan kesehatan, kecerdasan, dan kesejahteraan masyarakat di Desa Muka Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat.
Â
ABSTRACT
Students are the next generation of the nation whose participation is always expected by the community, so that the life of the nation and state is built in a healthy and conductive manner. As the sprearhead of national development, it is hoped that student participation in village development is not just a discourse, but is well realized. The purpose of this study is to describe the level of student participation as social capital during Social and Community Service (Kuliah Kerja Nyata/KKN) program which is based on 4C (critical thinking, communicative, creative, and collaborative). This study was conducted using a purposive method for determining the sample, an analytical method for describing the data and a mentoring method in implementing students’ participation. In addition, direct field observations were also carried out. As a result, students served in many communities such as Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu/Integrated Healthcare Centre), blood donation program, entrepreneurship, cleaning, and teaching activities. They also collaborated with the head of healthcare centre, Indonesian Red Cross Officers, entrepreneurs, and an education foundation. There are 15 students participated in this Social and Community Service Program and they come from different major backgrounds, namely Indonesian Language Department, English Language Department, Mathematics Department, Law Studies, Sharia Economics, Agribusiness, Agritchnology and Civil Engineering. By calculating the percentage, the effectiveness and productivity of students in Social and Community Services in Muka Village Cianjur District is categorized as very good. The average of student participations in all programs implemented is 86.3 %. The participation is a potencial social capital that is very valuable to increase the community’s health, intelligence and well-being in Cianjur.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Daniyati, N. (2015). Implementation of Simulation Method in Leadership Value Learning. Alinea: Jurnal Bahasa Sastra Dan Pengajarannya, 7(1), 37–72.
Harianto, E. C. K., & Kolopaking, L. M. (2020). Strategi Peningkatan Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDEKA) di Kabupaten Cianjur. Jurnal Manajemen Agribisnis Vo, 8(2), 111–124.
Heriyaldi, Kamarulzaman, A., Zuzy, A., Andoyo, R., Ghina, A. A., & Halim, P. R. (2020). Potensi Dampak Covid-19 terhadap Prevalensi Stuning Kabupaten Bekasi (Vol. 8).
Hidayah, A. (2017). Jurnal Penelitian dan Penalaran (The Information Literasi) Tipe The Big 6. Pena, 4, 623–635.
Intara, R., Widodo, R. P., Negara, J. A., Administrasi, F. I., Malang, U. I., & Masalah, L. B. (2019). Fungsi dan Peran Kepala Desa dalam Membangun Desa di Kelurahan Landungsari Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Jurnal Respon Publik, 13(6), 1–4.
Maryam, S. (2012). Strengthening the Character: Uphold Ethics in Indonesian Language Study Pass by Supplementary Books. EDUCARE: International Journal for Educational Studies, 5(1), 39–50.
Maryam, S. (2018a). Progressive Interview Learning Model as Innovation in Improving Student’s Literacy. International Journal of Language and Literature, 2(1), 37–51. https://doi.org/10.31227/osf.io/pu8ns
Maryam, S. (2018b). Implementasi Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh melalui Kegiatan Penyuluhan Bahasa. In A. R. H. S. Hidayat, D. A. D. S. D. Natalia, & M. A. R. Penyelenggara (Eds.), Prosiding Penelitian Bahasa dan Sastra sebagai Upaya Pembinaan dan Pengembangan Karakter Bangsa (pp. 163–168). Balai Bahasa Jawa Barat.
Muniarty, P., Wulandari, W., Sakinah, N. P., Hermanto, B., & Annisa, R. (2021). Partisipasi Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Wira Desa (Kknt-Wd) Dalam Kegiatan Masyarakat. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 185–193. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v3i2.1456
Niati, A., Soelistiyono, A., & Ariefiantoro, T. (2019). Pengembangan Kemampuan Sumber Daya Manusia melalui Pelatihan Komputer Microsoft Office Excel untuk Meningkatkan Kinerja Perangkat Desa Mranggen. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 105. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.3557
Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41–52. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810
Priyanti, R. (2019). Pembelajaran inovatif abad 21. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 482–505.
Widodo, H. T. (2016). Peran dan Manfaat Modal Sosial dalam Peningkatan Efektivitas Kerja Karyawan Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Sentra Kerajinan Tas dan Koper Tanggulangin Sidoarjo. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Perbankan), 2(1), 1–14. https://doi.org/10.21070/jbmp.v2i1.911
Wiedarti, Pangesti, D. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. In Kemendikbud (I). Kemendikbud.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di era Global. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278.
Yahya, I. M. (2019). Literasi Media Digital Sebagai Strategi Peningkatan Kompetensi Digital Pada Siswa Sma Negeri 1 Mayong. Skripsi Universitas Negeri Semarang, 1, 1–66.
https://id.wikipedia.org/wiki/Modal_sosial
https://web.cianjurkab.go.id/dppkbp3a-cianjur-berkomitmen-turunkan-angka-stunting/
DOI: https://doi.org/10.35194/je.v3i2.2687
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Suryakancana University Research and Service Institute.
Suryakancana University Rectorate Building, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216,Tlp. 0263-270106, Fax.0263-261383, E-mail: je@unsur.ac.id
Copyright:JE (Journal of Empowerment) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.