PELATIHAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENGAPLIKASIAN JARINGAN INTERNET DI SEKOLAH DASAR NEGERI 48 KOTA BENGKULU

Yulia Darnita, Rozali Toyib, Patri Hanif, Feby Ayu Sahputry, Hesti Lestari, Weti Sundari

Abstract


ABSTRAK

Kebijakan sekolah memperbolehkan guru-guru daring dari sekolah untuk mengurangi biaya penggunaan internet di rumah,  awalnya prasarana jaringan internet bisa men cover kebutuhan guru-guru akan tetapi karena pandemic berlangsung lama dan penggunaan aplikasi yang buat oleh pemerintah yang mengharuskan ada akses internet secara luas maka dengan sendirinya sekolah harus menambah akses internetnya di hampir semua ruangan sehingga tidak menumpuk disatu ruangan saja dan juga untuk antisipasi penyebaran varian covid 19 antar guru, disamping permasalahan dengan jaringan internet di sekolah, masih banyak guru-guru yang belum begitu terbiasa dengan penggunaan teknologi informasi khususnya guru-guru senior yang masih gaptek dengan teknologi. Metode kegiatan yang dilakukan berupa pelatihan, sosialisasi serta  praktek yang diajarkan kepada guru-guru dan proses pengabdian masyarakat ini berlangsung dengan baik terlihat dengan antusias peserta dalam mengikuti pelatihan dan kemampuan mereka bertambah dengan hasil post test dan pra test yang dilakukan dengan tingkat ketercapaian angka 82 % sampai 85 % dan kendala yang dihadapi masih minimnya kemampuan guru-guru senior dalam penguasaan teknologi untuk itu harus sering diadakan kegiatan secara berkala untuk mengupdate kemampuan mereka.

ABSTRACT

School policies allow online teachers from schools to reduce the cost of using the internet at home, initially the internet network infrastructure could cover the needs of teachers, but because the pandemic lasted a long time and the use of applications made by the government required wide internet access, then automatically schools must increase their internet access in almost all rooms so that they don't pile up in one room and also to anticipate the spread of the Covid 19 variant between teachers, besides problems with the internet network in schools, there are still many teachers who are not very familiar with the use of information technology, especially teachers senior teachers who are still clueless with technology. The method of activity carried out in the form of training, socialization and practice taught to teachers and the community service process is going well as seen by the enthusiasm of the participants in participating in the training and their abilities have increased with the results of the post test and pra test which were carried out with an achievement rate of 82%. up to 85% and the constraints faced are still the lack of ability of senior teachers in mastering technology for this reason activities must be held regularly to update their abilities.


Keywords


Guru; Informasi; Internet; Teknologi; Pelatihan; Information; Internet; Teachers; Technology; Training.

References


Agustina, D. Y. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Sebagai Pendukung Implementasi Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Pada Materi Jurnal Penyesuaian Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(1), 1–4.

Anggraini, L., & Dayat, A. R. (2019). Pkm Peningkatan Kompetensi Guru Dan Siswa Melalui Pelatihan Pemrograman Dan Jaringan Komputer Pada Sekolah Menengah Kejuruan Di Kota Jayapura. Jurnal Abdimas, 23(2), 92–98.

Deris, A. (2019). Sistem Informasi Darurat Pada Mini Market Menggunakan Mikrokontroler Esp8266 Berbasis Internet of Things. Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Dan Matematika, 16(2), 283–288. https://doi.org/10.33751/komputasi.v16i2.1622

Dewi, D. R., & Rohayati, S. (2012). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Materi Jurnal Khusus Akuntansi Perusahaan Dagang Berbasis Scientific Approach Sebagai Sumber Belajar Alternatif Kelas XI SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 01(01), 0–216.

Firman Raharjo, J., & Ikhsan Karimah, N. (2021). Pelatihan E-learning Dan Pembuatan Buku Ajar Digital Bagi Peningkatan Peran Guru Millenial. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(02), 113–121. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.368

Mufidah, C. I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Kompetensi Dasar Hubungan Masyarakat Kelas X APK 2 Di SMKN 10 Surabaya. Jurnal Administrasi Perkantoran, 2(2), 1–17.

Muntahanah, M., Darnita, Y., Toyib, R., Wibowo, S. H., & ... (2022). Pengembangan Sumberdaya Manusia Dan Jaringan Internet Pada Guru Sd Negeri 69 Bengkulu. Abdi …, 3, 1–8. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/abdireksa/article/view/14666

Nopriandi, H. (2018). Perancangan Sistem Informasi Registrasi Mahasiswa. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 1(1), 73–79. https://doi.org/10.36378/jtos.v1i1.1

Pambudi, R., & Muslim, M. A. (2017). Implementasi Policy Base Routing dan Failover Menggunakan Router Mikrotik untuk Membagi Jalur Akses Internet di FMIPA Unnes. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 5(2), 57. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.5.2.2017.57-61

Panjaitan, N. Q., Yetti, E., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404

Rinaldo, R. (2016). Implementasi Sistem Monitoring Jaringan Menggunakan Mikrotik Router Os Di Universitas Islam Batik Surakarta. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 16(02), 5–12. https://doi.org/10.23917/emitor.v16i02.5786

Samsugi, S., Ardiansyah, A., & Kastutara, D. (2018). Arduino dan Modul Wifi ESP8266 sebagai Media Kendali Jarak Jauh dengan antarmuka Berbasis Android. Jurnal Teknoinfo, 12(1), 23. https://doi.org/10.33365/jti.v12i1.42

Sumolang, M. (2013). Peranan Internet Terhadap Generasi Muda. Journal Volume II. No. 4. Tahun 2013, II(4), 19.

Sun, Y. Sen, Qiu, B., & Li, Q. S. (2013). The research of negative ion test method for fabric. Advanced Materials Research, 756–759(1), 138–140. https://doi.org/10.4028/www.scientific.net/AMR.756-759.138

Susanti, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Pai Berbasis Kurikulum 2013 Di Kelas V Sd Negeri 21 Batubasa, Tanah Datar. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 156–173. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1466

TANIA, L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2), 1–9.

Tasanah Assakur, Y. H., Fahrudin, M. S., & Ferdiansyah, F. (2020). Implementasi API Mikrotik untuk Management Router Berbasis Android (Studi Kasus: PT Sigma Adi Perkasa). Jurnal Sains Dan Informatika, 6(1), 92–101. https://doi.org/10.34128/jsi.v6i1.217

Teknologi, J., Dan, I., & Vol, K. (2020). Teknologi dan komunikasi dalam pratik kedokteran. 7(1), 38–49.

Utami, Y., Nugroho, A., & Wijaya, A. F. (2018). Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi pada Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Salatiga. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(3), 253. https://doi.org/10.25126/jtiik.201853655

Yulianti, U. H., Yulianita, N. G., & Roiyasa, N. (2021). Pelatihan Penyusunan Modul Guna Meningkatkan Kualitas Literasi Bagi Guru Sma Negeri 4 Purwokerto. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 1(2), 88–94. https://doi.org/10.37373/bemas.v1i2.65




DOI: https://doi.org/10.35194/je.v4i1.2413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Suryakancana University Research and Service Institute.

Suryakancana University Rectorate Building, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216,Tlp. 0263-270106, Fax.0263-261383, E-mail: je@unsur.ac.id 

Lisensi Creative Commons
Copyright:JE (Journal of Empowerment) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.