VIRTUAL REALITY DALAM PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MATERI THINGS AROUND

Asep Saepuloh, Vina Aini Salsabila

Abstract


ABSTRAK

Periode terbaik dalam mengajarkan bahasa asing adalah pada masa anak-anak karena periode tersebut merupakan periode emas dalam pembelajaran bahasa asing khususnya bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Oleh karenan itu, bahasa Inggris sangat penting peranannya baik dalam ruang lingkup personal, nasional maupun global. Hal ini menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa yang wajib dipelajari oleh berbagai kalangan dan tingkatan usia tak terkecuali anak-anak. Dalam memperlajari 4 keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, membaca, menulis, dan berbicara, terdapat salah satu elemen yang sangat vital peranannya yaitu penguasaan kosakata. Semakin banyak kosakata yang siswa miliki, maka semakin baik pula keterampilan berbahasa mereka. Oleh karena itu, urgensi pembelajaran bahasa Inggris pada usia dini adalah sesuatu yang tidak terelakan. Pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam bidang pengajaran melalui pelatihan dan praktek mengajar menggunakan virtual reality (VR) dalam pengajaran kosakata bahasa Inggris, yang bertempat di SD Negeri Cipanas 2. Setelah selesai rangkaian pengajaran, dapat disimpulkan bahwa penggunaan VR dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris di SD Negerti Cipanas 2 membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, efektif, dan menyenangkan. Hal tersebut terlihat dari antusiasme dan partisipasi aktif siswa ketika mengikuti pembelajaran.

 

ABSTRACT

The best period for teaching foreign languages is during childhood because that period is a golden period in learning foreign languages, especially English as an international language. Therefore, English plays a very important role both in the personal, national, and global scope. This makes English a language that must be learned by various groups and age levels, including children. In learning the four language skills, namely listening, reading, writing, and speaking, there is one element that has a very vital role, namely vocabulary mastery. The more vocabulary students have, the better their language skills will be. Therefore, the urgency of learning English at an early age is something that is inevitable. This Community Service (PKM) aims to improve teacher competence in the field of teaching through training and teaching practice using Virtual Reality (VR) in teaching English vocabulary, which takes place at SD Negeri Cipanas 2. After completing the teaching series, it can be concluded that the use of VR in learning English vocabulary at SD Negeri Cipanas 2 makes learning more interesting, effective, and fun. This can be seen from the enthusiasm and active participation of students when participating in learning.


Keywords


Kosakata; Pengajaran; Realitas Virtual; Teaching; Virtual Reality; Vocabulary.

References


Abdillah, F., Riyana, C., & Alinawati, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Edutechnologia, 2(2), 346–352.

Ariatama, S., Adha, M. M., & Rohman, R. (2021). Penggunaan Teknologi Virtual Reality (Vr) Sebagai Upaya Eskalasi Minat Dan Optimalisasi Dalam Proses Pembelajaran Secara Online Dimasa Pandemik. In Semnas FKIP.

Arumsari, A. D., Arifin, B., & Rusnalasari, Z. D. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di Kec Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 133.

Harlina, H., & Yusuf, F. N. (2020). Tantangan Belajar Bahasa Inggris di Sekolah Pedesaan Challenges of Learning English in Rural School. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20, 325–334.

Harras, K. A., & Bachari, D. A. (2009). Dasar-Dasar Psikolinguistik.

Helmie, J., Nurviyani, V., Ristiani, I., Taufik, M. S., & Mulyana, A. (2022). Pelatihan Implementasi Virtual Reality (VR) Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru-Guru Sd Di Kec. Cipanas. Jurnal Warta Desa (JWD), 4(1), 34–40. https://doi.org/10.29303/jwd.v4i1.170

Hermawan, D. (2018). KESANTUNAN BERBAHASA PADA ANAK USIA 11 TAHUN(Studi Kasus terhadap Anak Usia 11 Tahun). Metamorfosis: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 11(1), 1–9.

Idcloudhost. (2020). Mengenal Virtual Reality : Definisi, Cara Kerja, Contohnya. https://idcloudhost.com/mengenal-virtual-reality-definisi-cara-kerja-contohnya/

Kurniawati, N., Sofarini, A., Handayani, T., Kamilah, A., & Mulyana, A. (2022). Pelatihan Penggunaan Virtual Reality dalam Pengajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Pada Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Cipanas. Abdimas Siliwangi, 5(2), 387–399.

Kusuma, C. S. D. (2018). Integrasi Bahasa Inggris dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Efisiensi-Kajian Ilmu Administrasi, XV(2), 43–50.

Loup, G., Serna, A., Iksal, S., & George, S. (2016). Immersion and persistence: Improving learners’ engagement in authentic learning situations. European Conference on Technology Enhanced Learning, 410–415.

Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 6(1), 23–28.

Nasution, D. S., Harahap, S. D., Siregar, S. D., & Hasibuan, A. (2021). Pendampingan Bahasa Inggris pada Anak-Anak Setingkat Sekolah Dasar di Desa Wisata Pagaran Gala-Gala, Mandailing Natal-Sumut, Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Melalui Metode Drilling dan Repetition. 4(1), 6.

Nugrahini, Y., & Gufron, M. (2019). Pelatihan Penggunaan Bahasa Kelas (Classroom Language) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar di Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. J-ADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 9–16.

Puntadewi, E. D., & Engliana, E. (2018). The Role of Vocabulary Mastery and Learning Interest in Speaking Proficiency of Indonesian Efl Learners. INFERENCE, 67–73.

Rachmijati, C., Anggraeni, A., & Parmawati, A. (2019). Pelatihan Classroom Task Untuk Guru Paud Di Desa Palinggihan Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 25(2), 91.

Robingatin, Z. U. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini (Analisis Kemampuan Bercerita Anak).

Sugiharto, T., & Priguna, G. (2019). Pelatihan Penerapan Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Bahasa Isyarat Di Slb Negeri Luragung Desa Cirahayu Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 38–47. https://doi.org/10.25134/empowerment.v2i02.1987

Widyahening, E. T., & Ma’fiah, I. (2019). Penggunaan Media Word Webs Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Di Sdnn 01 Suruh Tasikmadu Karanganyar. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 50.

Zaki, A. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.




DOI: https://doi.org/10.35194/je.v3i1.2387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Suryakancana University Research and Service Institute.

Suryakancana University Rectorate Building, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216,Tlp. 0263-270106, Fax.0263-261383, E-mail: je@unsur.ac.id 

Lisensi Creative Commons
Copyright:JE (Journal of Empowerment) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.