MENGEMBANGKAN MINAT DAN MOTIVASI BERBICARA DALAM BAHASA INGGRIS MELALUI STORYTELLING

Reza Anggriyashati Adara, Tin Hartini

Abstract


Kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris merupakan salah satu hal penting yang sebaiknya dikuasai oleh mereka yang ingin berkomunikasi dengan orang-orang dari latar belakang linguistik yang berbeda. Namun, penguasaan bahasa Inggris bisa terkendala oleh rendahnya motivasi siswa dalam belajar. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam berbicara bahasa Inggris melalui kegiatan storytelling. Kegiatan ini dilakukan di salah satu lembaga pendidikan di Bekasi yang bernama Pesantren Motivasi Indonesia. Kegiatan ini terdiri dari pengenalan storytelling, teknik-teknik storytelling dan contoh-contoh cerita populer yang dapat digunakan untuk belajar bahasa Inggris. Di akhir sesi, para peserta diajak menunjukkan kemampuan mereka untuk bercerita. Setelah kegiatan, para peserta menunjukkan motivasi yang lebih besar untuk berbicara dalam Inggris. Kegiatan ini diharapkan menjadi awal dari kegiatan-kegiatan serupa yang berguna terhadap peningkatan kemampuan dań motivasi bahasa Inggris.

 

Keywords


motivasi, kemampuan berbicara, storytelling.

References


Abrahamson, C. . (2021). Motivating Students Through Personal Connections: Storytelling as Pedagogy in Introductory Psychology. In Best Practices for Teaching Introduction to Psychology. https://doi.org/10.4324/9781410613431-28

Adara, R. A. (2020). Improving Early Childhood Literacy by Training Parents to Utilize Digital Storytelling. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200808.039

Adara, R. A. (2020). Enhancing EFL Learners’ Motivation through Songs. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 7(2). https://doi.org/10.15408/ijee.v7i2.17321

Adara, R., & Haqiyah, A. (2020). The Effects of Integrating Digital Storytelling to Students’ Motivation. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran. https://doi.org/10.19109/ejpp.v7i2.6023

Agencia de Calidad de la Educación. (2014). Informe Nacional de Resultados Simce 2013. In Agencia de Calidad de la Educación.

Astiz, M. F. (2020). Storytelling in the Higher Education Classroom: Why It Matters. College Teaching, 68(4). https://doi.org/10.1080/87567555.2020.1785382

Bhowmik, S., Sahoo, P., Acharyya, S. K., Dhar, S., & Chattopadhyay, J. (2015). Evaluation and effect of loss of constraint on master curve reference temperature of 20MnMoNi55 steel. Engineering Fracture Mechanics, 136. https://doi.org/10.1016/j.engfracmech.2015.01.022

Cheng, H.-F., & Dörnyei, Z. (2007). The Use of Motivational Strategies in Language Instruction: The Case of EFL Teaching in Taiwan. Innovation in Language Learning and Teaching, 1(1). https://doi.org/10.2167/illt048.0

Crystal, D. (2003). English as a Global Language. In English as a Global Language. https://doi.org/10.1017/CBO9780511486999

Dahuri, D. (2019, December 12). Indeks Kemampuan Bahasa Inggris Orang Indonesia Nomor 61 . Media Indonesia.

Díaz, G., & Sanabria, G. (2020). PROGRAMA NACIONAL DE BILINGÜISMO Y EL NIVEL DE DESEMPEÑO EN INGLÉS DE LOS ESTUDIANTES EN COLOMBIA (p. 241).

Escobar Fandiño, F. G., Muñoz, L. D., & Silva Velandia, A. J. (2019). Motivation and E-Learning English as a foreign language: A qualitative study. Heliyon, 5(9). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02394

Faliyanti, E. (2017). THE INFLUENCE OF ENGLISH SONG TOWARD STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AND STUDENTS’ MOTIVATION. PREMISE JOURNAL:ISSN Online: 2442-482x, ISSN Printed: 2089-3345, 6(1). https://doi.org/10.24127/pj.v6i1.785

Flanagan. (2015). How does storytelling within higher education contribute to the learning experience of early years students. The Journal of Practice Teaching and Learning, 13(2–3). https://doi.org/10.1921/jpts.v13i2-3.822

Inayah, R. (2015). Improving Students’ Speaking Skill Through Storytelling Technique. ELTIN Journal.

Landrum, R. E., Brakke, K., & McCarthy, M. A. (2019). The pedagogical power of storytelling. Scholarship of Teaching and Learning in Psychology, 5(3). https://doi.org/10.1037/stl0000152

Mantiri, O., Hibbert, G. K., & Jacobs, J. (2019). Digital literacy in ESL classroom. Universal Journal of Educational Research, 7(5). https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070515

Motteram, G. (2013). Innovations in Learning Technologies for English Language Teaching. British Council.

Nicholas, B. J., Rossiter, M. J., & Abbott, M. L. (2011). The power of story in the ESL classroom. Canadian Modern Language Review, 67(2). https://doi.org/10.3138/cmlr.67.2.247

Rohimah, N. K. (2019). Motivasi Mahasiswa Mahasiswa Bahasa Inggris Dalam Berbicara; sebagai Bahasa Kedua dalam X IPS 1 Senior SMA 09 dari Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus, 244–250.

Triono, A. L. (2020, October 15). Pesantren Motivasi Indonesia: Istana Yatim di Pelosok Bekasi . NUONLINE.




DOI: https://doi.org/10.35194/je.v2i2.1832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Suryakancana University Research and Service Institute.

Suryakancana University Rectorate Building, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216,Tlp. 0263-270106, Fax.0263-261383, E-mail: je@unsur.ac.id 

Lisensi Creative Commons
Copyright:JE (Journal of Empowerment) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.