PENDAMPINGAN BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REASLITIK DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA

Sulistyowati Sulistyowati, Fariha Amalia Zulfa

Abstract


ABSTRAK

Pengabdian masyarakat yang dilakukan KKN DR IAIN Kediri 2021 yaitu berupa pendampingan belajar siswa di Kelurahan Kaliombo, Kecamatan Kota, Kota Kediri. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan semangat dan antusias siswa untuk belajar khususnya pada mata pelajaran matematika di masa pandemic covid 19. Kegiatan pemdampingan belajar ini  langsung dipraktekkan dengan mengajar di kelas lalu menggunakan metode yang sudah disiapkan dan dirancang yaitu metode pembelajaran matematika realistik. Hasil dari kegiatan ini memiliki respon dari peserta didik sangat baik dan antusias untuk mengikuti bimbingan belajar dari awal hingga akhir pelaksanaan pendampingan belajar, sehingga dapat meningkatkan semangat dan antusias siswa.

 

ABSTRACT

Community service carried out by KKN DR IAIN Kediri 2021 is in the form of student learning assistance in the Kaliombo Village, City District, Kediri City. This community service aims to increase the enthusiasm and enthusiasm of students to learn, especially in mathematics subjects during the covid 19 pandemic. This learning mentoring activity is directly practiced by teaching in class and then using methods that have been prepared and designed, namely realistic mathematics learning methods. The results of this activity have responses from students who are very good and enthusiastic to participate in tutoring from the beginning to the end of the implementation of learning assistance, so as to increase the enthusiasm and enthusiasm of students.


Keywords


Matematika; Pembelajaran Pendampingan; Realistik; Siswa; Mathematics; Mentoring Learning; Realistic; Student.

References


Aprinia, R., Novita, R. A., Febynani, E., Suryono, W., Faris, B., Semarang, U. N., & Orangtua, P. (2020). KKN-BMC UNNES 2020 : Realisasi Program Kerja KegiatanPendampingan Beajar Anak Sekolah Dasar di Desa Purworejo.

Budi, P., Wahyu, R., Belajar, P., Mahasiswa, O., & Unnes, K. K. N. (2020). Pendampingan Belajar Oleh Mahasiswa KKN UNNES Menjadi Solusi di Era Pandemi.

El Fiah, R., & Purbaya, A. P. (2016). Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 161–174.

Gitleman, Lisa.Fawwaz Azmi Chandra Putra, Nida Ul Haq Faisal, Rachmi Kris Nuraini, Thariq Falahuddin Ahmad, V. K. H., & Fakultas. (2020). Bimbingan Belajar Sebagai Upaya Membantu Pembelajarab Peserta Didik Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. 1–11.

Ismunandar, D., Rosyadi, R., Nandang, N., & Azis, K. (2020). Pendampingan Belajar Matematika Pada Materi Pecahan di Desa Lajer Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu. Abdi Wiralodra : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 45–56. https://doi.org/10.31943/abdi.v2i1.24

Krisdiyanto, T. (2021). Analisis Sentimen Opini Masyarakat Indonesia Terhadap Kebijakan PPKM pada Media Sosial Twitter Menggunakan Naïve Bayes Clasifiers. Jurnal CoreIT: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 7(1), 32–37.

Kumala, D. R., Rohmah, Z., & ... (2020). Pendampingan Belajar Menggunakan Media Ular Tangga Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa SD di Bandarkedungmulyo. Jumat Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 1(1), 44–47.

Lathiifah, I. J., Apriani, F., & Agustine, P. C. (2019). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar untuk Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 85–94. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1255

Lestari, I. P., Purnamasari, V., & Purnamasari, I. (2021). Pendampingan Siswa pada Program Belajar Dari Rumah untuk Membangun Semangat Siswa Sekolah Dasar di Desa Pekalongan Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 2(1), 12–17. https://doi.org/https://doi.org/10.51874/jips.v1i01.8

Marion, Zulkardi, & Somakim. (2015). Desain Pembelajaran Pola Bilangan Menggunakan Model Jaring Laba-Laba di SMP. Jurnal Kependidikan, 45(1), 44–61. https://doi.org/10.21831/jk.v45i1.7185

Melinda Ima, R. S. (2012). Bimbingan Belajar Sebagai Upaya Membantu Pembelajaran Peserta Didik Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid-19. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 7–24.

Minsih, Jatin Sri Nandang, W. K. (2021). Pembelajaran Matematika Realistik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Bilangan Pecahan. Jurnal Basicedu, 5(1), 1252–1258. https://doi.org/https://jbasic.org/index.php/basicedu

Pea, O., Meishanti, Y., Nasrulloh, M. F., Putra, I. A., & Aninda, A. R. (2021). Program Penguatan Pembelajaran Bagi Santri di Madrasah Aliyah Al-I ’ dadiyyah melalui Bimbingan Belajar Intensif. Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 36–40.

Pradana, D. A. Y., & Murtiyasa, B. (2020). Kemampuan siswa menyelesaikan masalah berbentuk soal cerita sistem persamaan linear ditinjau dari kemampuan penalaran. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 151–164. https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.35419

Prasetya, I., Ulima, E. T., Jayanti, I. D., Pangestu, S. G., Anggraeni, R., & Arfiah, S. (2019). Kegiatan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelurahan Bolong Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(1), 30–34. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i1.9286

Puryati, E. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menyelesaikan Soal Latihan Matematika Melalui Pembatasan Waktu Pada Setiap Pertemuan. Jurnal Prisma, 6(2), 192–201. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.124

Santoso, A., & Rusmawati, Y. (2019). Pendampingan Belajar Siswa di Rumah melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(02), 36–43. https://doi.org/10.30736/jab.v2i02.7

Swasono, M. A. H., Sa’diyah, A. I., Niafitri, R. E., & Hidayanti, R. (2020). Membangun Membangun Kebiasaan Membaca pada Anak di masa Pandemi Covid-19 melalui Program Satu Jam Tanpa Gawai di Griya Baca Desa Karangrejo. JPM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 38–50. https://doi.org/10.32815/jpm.v1i2.236

Tuwu, D. (2020). Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Pandemi Covid-19. Journal Publicuho, 3(2), 267–278. https://doi.org/10.35817/jpu.v3i2.12535

Wulandari, R. W., & Maryani, N. (2020). Peningkatan Keterampilan Guru Sma Terbuka Melalui Pelatihan Pembuatan E-Media Improving Open School Teacher Skills Through Training Of E- Media Making 1 Fakultas Tarbiyah , Institut Agama Islam Negeri Kediri Fakultas Kegurugan dan Ilmu Pendidikan , Univer. Jurnal Qardhul Hasan; Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(April), 39–48.




DOI: https://doi.org/10.35194/je.v2i2.1750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Suryakancana University Research and Service Institute.

Suryakancana University Rectorate Building, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216,Tlp. 0263-270106, Fax.0263-261383, E-mail: je@unsur.ac.id 

Lisensi Creative Commons
Copyright:JE (Journal of Empowerment) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.