PEMBERDAYAAN KELOMPOK BELAJAR SISWA DALAM EDUKASI PATUH KESEHATAN

Naurotul' Abiidah, Sri Anugrah Natalina

Abstract


ABSTRAK

Pemeritah mewajibkan mematuhi protokol kesehatan setiap melakukan aktivitas di luar rumah. Meningkatnya angka positif COVID-19 berdampak pada pembatasan kegiatan yang dilakukan di luar rumah seperti bekerja dan sekolah. COVID-19 merupakan penyakit dengan proses penularan yang cepat dengan masa inkubasi maksimal 14 hari. Tindakan preventif perlu dilakukan untuk menjaga diri tetap sehat dan tidak terinfeksi virus tersebut. Minimnya sosialiasi dalam masyarakat menjadikan faktor utama bertambahnya kasus positif COVID-19 di Indonesia. Ketidakpatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan merupakan hambatan bagi Indonesia untuk mengurangi kasus positif COVID-19. Pemerintah dan masyarakat harus berjalan selaras untuk mewujudkan tujuan tersebut. Salah satunya kegiatan pemberdayaan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN IAIN Kediri yang memberikan edukasi oatu kesehatan kepada anak-anak di Desa Bulu Kecamatan Semen Kabupaten Kediri.

 

ABSTRACT

The government requires to comply with health protocols everytime doing activities outside the home. The increasing positive number of COVID-19 has an impact on limiting activities carried out outside the home such as work and school. COVID-19 is a disease with a rapid transmission process with a maximum incubation period of 14 days. Preventive measures need to be taken to keep yourself healthy and not infected with the virus. The lack of socialization in the community is the main factor for the increase in positive cases of COVID-19 in Indonesia. Public non-compliance in implementing health protocols is an obstacle for Indonesia to reduce positive cases of COVID-19. The government and society must work in harmony to achieve this goal. One of them is an empowerment activity carried out by KKN IAIN Kediri students who provide health or education to children in Bulu Village, Semen District, Kediri Regency.  


Keywords


Belajar; Edukasi; Pemberdayaan; Siswa; Learn; Education; Empowerment; Student.

References


Embu, W. S. (2021). Data Terbaru Pasien Covid-19 di Wisma Atlet per 29 Agustus 2021. Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/peristiwa/data-terbaru-pasien-covid-19-di-wisma-atlet-per-29-agustus-2021.html

Hikmah, S. F., Jauhariyah, N. A., Aziz, A., Faqih, M., Isnaini, F., & Pahlevi, M. R. (2021). Optimalisasi Pengolahan Limbah Rumah Tangga MenggunakanMetode Takakura Di Desa Tamansari Sofi. Loyalitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, IV(2), 171–186.

Napitu, U., Corry, C., & Matondang, K. D. (2021). Sosialisasi Pembatasan Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Di Kelurahan Bah Kapul. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 232–241. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1698

Rosmita, & Setyorini, D. (2021). Analisa Tren Yang Terkonfirmasi Covid 19 Awal Tahun 2021 Di Indonesia. Jurnal Mitra Manajemen, 4(12), 1599–1606. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i12.486

Sudiadnyani, N. P., Larasati, A., & Eksa, D. (2021). Penyuluhan Tentang Pentingnya Pengetahuan Penggunaan Masker dengan Baik dan Benar Pada Anak-Anak. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 4(3), 535–541.

Sukmana, H. (2021). Implementation of The Policy of The Minister of Health of The Republic of Indonesia Concerning The Health Protocol for The Community in Place and Public Facilities to Press The Spread of Covid-19 in The Sidoarjo Area. JKMP (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), 9(1), 1–9. https://doi.org/10.21070/jkmp.v9i1.1554




DOI: https://doi.org/10.35194/je.v2i2.1701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JE (Journal of Empowerment) Indexed by :

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Suryakancana (LPPM UNSUR).

Gedung Rektorat Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. 0263-270106, Fax. 0263-261383, Email: je@unsur.ac.id 

Creative Commons License
Copyright: JE (Journal of Empowerment) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.