PELATIHAN GOOGLE DOCS UNTUK MENINGKATKAN KOLABORASI PENYUSUNAN RPP PADA SD 20 PALMERAH JAKARTA BARAT

Dewi Anjani, Desi Novianti, Ali Sadikin Wear

Abstract


ABSTRAK

Pelaksanaan pembelajaran di kelas memerlukan persiapan yang matang, seperti merancang kegiatan yang akan dilakukan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bertujuan memudahkan pencapaian tujuan pembelajaran.Sedangkan penyusunan dokumen RPP harus berkolaborasi antara 2-3 orang guru. Dalam kondisi pandemi ini pembuatan RPP sangat sulit karena media yang digunakan membuat RPP adalah media online. Seorang guru mengirimkan pekerjaannya ke guru atau karyawan lain untuk ditambahkan atau diedit. Guru lainnya kemudian akan melakukan hal yang sama; proses ini menyebabkan satu dokumen memiliki banyak nama file dan konten yang berbeda.Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah malaksankan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mengenalkan dan memberikan Pelatihan Aplikasi Kolaborasi Kerja Dalam Rangka Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembelajaran di SD 20 Pal Merah Jakarta Barat.Harapan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah pembelajaran dokumen dapat terlaksana tepat waktu dan memudahkan guru dan karyawan dalam membuat RPP dalam mengerjakan dokumen.

 

ABSTRACT

Lesson Plan aims to make it easier to achieve learning objectives. Meanwhile, the preparation of RPP documents must collaborate between 2-3 teachers or employees. In this pandemic condition, makingLesson Plan is very difficult because the media used to make Lesson Plan is online media. A teacher will send his work to other teachers or employees to add or edit. The other teachers will then do the same; this process causes one document to have many different file names and contents. One solution to this problem is to hold community service activities that introduce and provide Work Collaboration Application Training in the Context of Preparing Learning Planning Documents at SD 20 Pal Merah. The hope of implementing this activity is that document learning can be carried out on time and make it easier for teachers and employees to create lesson plans in working on document.


Keywords


Aplikasi Kolaborasi; Google Docs; Perencanaan Studi;Collaboration Application; Google Docs; Study Planning

References


Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. (Amiruddin, Ed.). Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Baker, K. (2018). The Ultimate Guide to Google Docs. Retrieved from https://blog.hubspot.com/marketing/google-docs

Batara, A. S., Syafar, M., Palutturi, S., & Stang, S. (2018). Pentingnya Kolaborasi Stakeholder Dalam Mewujudkan Terminal Sehat Di Sulawesi Selatan. MPPKI (Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia): The Indonesian Journal of Health Promotion, 1(1), 17–20. https://doi.org/10.31934/mppki.v1i1.129

Dolong, H. M. J. (2016). Sudut Pandang Perencanaan dalam Pengembangan Pendidikan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1), 65–76.

Kauffman, R. A. (1972). Educational System Planning. New Jersey: Prentice Hall Inc.

KBBI. (2021). Kolaborasi. Retrieved from https://kbbi.web.id/kolaborasi

Kemdikbud. (2020). Suka duka dalam Proses Pembelajaran Melalui Metode Daring/Luring pada Masa Pandemi Covid19. Retrieved November 3, 2020, from https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/ %0Akegiatan-ekonomi-masyarakat-pada-masapandemi-covid-19

Khumyati. (2017). Peningkatan kemampuan Guru dalam Penyusunan RPP Melalui Kegiatan Supervisi Klinis di MI Nurul Ulum Kesuben Tegal TP.2015/2016. Dialektika Jurnal PGSD, 7(1).

Kuswayanto, L. (2006). Mahir berkomputer. Bandung: PT Grafindo Media Pratama.

Lismina. (2017). Pengembangan Kurikulum. (I. Mohtar, Ed.). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru (edisi 7). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marlina, L. (2017). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.19109/ra.v1i2.2679

Mawardi. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Penyusunan RPP. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 20(1), 69–82.

Oviana, W. (2013). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Oleh Guru SD dan MI di Kota Sabang. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(9), 1689–1699.

Sanjaya, W. (2017). Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Siswanto, A. S. K. dan. (2020). Kolaborasi Whatsapp Group, Zoom Cloud Meeting, dan Google Drive Sebagai Formula Dalam Pelaksanaan Kegiatan Perkuliahan Online Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Media Infotama, 16(2), 61–67. Retrieved from https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jmi/article/view/1155/932

Sudjatmiko, T. C., & Kusrini. (2011). Analisis Perancangan Aplikasi Kolaborasi Dokumen Berbasis Web. Jurnal DASI, 12(4), 22–27.

Sukardjo, M., Khasanah, U., Solehatin, E., & Sudrajat, Y. (2020). Pelatihan Penyusunan RPP dan Bahan Ajar Bagi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Masa Pandemi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 3(1), 15. https://doi.org/10.36722/jpm.v3i1.489

Yatmini. (2017). Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan RPP Yang Baik Dan Benar Melalui Pendampingan Berbasis Kkg Semester Satu Tahun 2016/2017 Di SD Negeri Model Mataram. JIME, 2(2), 172–184.




DOI: https://doi.org/10.35194/je.v2i1.1263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Suryakancana University Research and Service Institute.

Suryakancana University Rectorate Building, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216,Tlp. 0263-270106, Fax.0263-261383, E-mail: je@unsur.ac.id 

Lisensi Creative Commons
Copyright:JE (Journal of Empowerment) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.