BRANDING DALAM STRATEGI MARKETING KERIPIK PISANG PADA PELAKU USAHA RUMAHAN

Reksa Jayengsari

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan ini merupakan pelaksanaan dari tridarma Perguruan Tinggi dalam melaksanakan pengabdian pada masyarakat. Bentuk pengabdian pada masyarakat ini mengambil tema kewirausahaan yang masuk kedalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Leuwikoja Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur. Program kewirausahaan yang dilaksanakan diantaranya adalah Branding dan Marketing dari produk yang menjadi salah satu potensi desa yang bisa dikembangkan yaitu Keripik Pisang (Lantak). Kegiatan tersebut disertai dengan sosialisasi strategi pemasaran yang diberikan kepada pelaku usaha rumahan dimaksudkan untuk mengangkat potensi wirausaha masyarakat Desa Leuwikoja yang sudah ada. Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari kegiatan sosialisasi pada aspek pengetahuan masyarakat terkait masalah produksi, pengemasan dan pemasaran. Pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara digunakan dalam menyusun hasil pengabdian ini. Setelah kegiatan analisis dengan metode penelitian yang digunakan didapat beberapa permasalahan dalam pengembangan produk diantaranya pelaku usaha rumahan masih menggunakan metode konvensional dan kurang inovasi baik dalam masalah produksi, kemasan, dan pemasaran. Hasil kegiatan ini menunjukan adanya peningkatan pengetahuan masyarakat terkait pengemasan dan pemasaran produk serta memberikan hasil peningkatan nilai ekonomi sebesar 30% pada produk keripik pisang yang diproduksi oleh masyarakat.


ABSTRACT

This activity is an implementation of the Tri Darma Perguruan Tinggi in carrying out community service activity. This form takes the theme of entrepreneurship which is included in the Kuliah Kerja Nyata (KKN) activity in Leuwikoja Village, Mande District, Cianjur Regency. Entrepreneurship programs implemented include Branding and Marketing of products that are one of the village potentials that can be developed by means of Banana Chips (Lantak). The activity included marketing strategies is given to related home business actors to raise the entrepreneurial potential of the existing Leuwikoja Village community. The implementation of this activity aims to see the effectiveness of socialization activities on public knowledge related to production, packaging and marketing issues. A qualitative approach with interview techniques is used in compiling the results of this activity. After analyzing the activities with the research method used, several problems were found in product development, including home bussiness actors still using conventional methods and lack of innovation both in problems, packaging and marketing. The results of this activity indicate an increase in public knowledge about product packaging and marketing and in an increase in the economic value is 30% of banana chip products produced by the community.

 


Keywords


Branding; Banana Chip; Keripik Pisang; Marketing;

References


Ardian Prima Putra, Purwanto, S. W. (2018). Pelatihan Strategi Branding dan Packaging Pada Usaha Home Industri Pembuatan Karak Di Desa Dukuh Mojolaban Sukoharjo. Prosiding Seminar Nasional Tahun 2018 Publikasi Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Basu Swasta. (2002). Manajemen Pemasaran (2nd ed.). Liberty.

Curatman A., Rahmadi, Maulany, S., Ikhsani, M. . (2016). Analisis Faktor-faktor Pengaruh Inovasi Produk yang Berdampak pada Keunggulan Bersaing UKM Makanan dan Minuman di Wilayah Harjamukti Kota Cirebon. Jurnal Logika, XVIII(3), 61–75. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/logika/article/view/263

Diarta, I., Lestari, P., & Dewi, I. (2016). Strategi Branding dalam Promosi Penjualan Produk Pertanian Olahan PT. Hatten Bali untuk Pasar Pariwisata Indonesia. Jurnal Manajemen Agribisnis (Journal Of Agribusiness Management), 4(2), 170–187.

Framita, D. S., Maulita, D., Ekonomi, F., & Raya, U. S. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Pengemasan , Labelling dan Branding Produk di Desa Sukaratu Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 107–118. https://doi.org/10.36407/berdaya.v2i3.254

Halim, J., Nurhaliza, H., Belinda, L., Sivali, J., Roja, H., Stephenson, J., & Akbar, T. F. (2019). Optimalisasi Pasar Keripik Pisang Melalui Re-Branding untuk Mengembangkan Bisnis “ Keripik Pisang NEVY †Mahasiswa Kelompok Builder 034 dan 8 Dosen Pendamping Lapangan Universitas Prasetiya Mulya jodi.halim@student.pmbse.ac.id ( Corresponding Author ) Pen. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 01(01).

Hamid, T., Rizky, D., & Dardak, R. A. (2012). Branding as a strategy for marketing agriculture and agro-based industry products. Economic and Technology Management Review, 7, 37–48.

Irrubai, M. L. (2015). Strategi Labeling, Packaging dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga Di Kelurahan Monjok Kecamatan Selaparang Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Society, 6(1), 15–30.

Kotler, P., & Gertner, D. (2002). Country as brand, product, and beyond: A place marketing and brand management perspective. Journal of Brand Management, 9(4), 249–261. https://doi.org/10.1057/palgrave.bm.2540076

Leni Nuraeni, H. (2017). Strategi Bauran Pemasaran Usaha Kecil Keripik Bhineka Di Desa Belendung Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 647–655.

Panitia KKN. (2019). Buku Panduan KKN KEWIRAUSAHAAN. Universitas Suryakancana.

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Sampurna, A., Tandian, M., Huang, V., Florescia Simanjuntak, R., & Marta, R. F. (2020). Implementasi Total Branding dalam Perspektif Semiotika Pemasaran. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(2), 59–73. https://doi.org/10.35814/coverage.v10i2.1384

Setiawati, S. D., Retnasari, M., & Diny Fitriawati. (2019). Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Abdimas BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 125–136.

Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani, & Darmadi. (2020). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. Abdi Laksana Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 351–355.




DOI: https://doi.org/10.35194/je.v2i1.1232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Suryakancana University Research and Service Institute.

Suryakancana University Rectorate Building, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216,Tlp. 0263-270106, Fax.0263-261383, E-mail: je@unsur.ac.id 

Lisensi Creative Commons
Copyright:JE (Journal of Empowerment) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.