PENGARUH PEMASARAN DIGITAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPERCAYAAN PELANGGAN (STUDI KASUS PELANGGAN ABON SAPI SALAKOPI CIANJUR)

Cep Wildan, Y Ony Djogo, Erika Nurmartiani

Abstract


ABSTRAK

Perkembangan teknologi menghasilkan sarana yang semakin canggih, yang dapat digunakan sebagai media dalam pengembangan usaha bisnis dan peningkatan standarisasi kualitas produk yang berorientasi pada kepercayaan pelanggan. Bentuk integrasi teknologi tersebut adalah dalam praktik pemasaran menggunakan strategi pemasaran digital. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemasaran digital dan kualitas produk terhadap kepercayaan pelanggan Abon Sapi Salakopi Cianjur Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode destriptif dan asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, studi pustaka dan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 orang konsumen Abon Sapi Selakopi. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan alat bantu IMB. SPSS versi 22. Berdasarkan uji t, uji F dan uji R2 disimpulkan bahwa secara parsial variabel pemasaran digital berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan pelanggan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t (parsial) variabel pemasaran digital diperoleh thitung lebih besar dari pada ttabel (6,857 > 1,939) dengan nilai signifikansi lebih kecil pada 0,05 (0,000 < 0,05) dan uji t (parsial) variabel kualitas produk diperoleh thitung lebih kecil dari pada ttabel (2,492 < 1,939) dengan nilai signifikansi lebih besar dari pada 0,05 (0,039 > 0,05), Hal ini berarti berpengaruh signifikan variabel kualitas produk terhadap kepercayaan pelanggan produk Abon Sapi Salakopi, serta hasil uji F (simultan), variabel pemasaran digital dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan pelanggan. Hasil uji F (simultan) diperoleh Fhitung lebih besar dari pada Ftabel (113,450 > 3,09) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,5 (0,000 < 0,05). Sedangkan hasil uji koefisien determinasi (R2), besarnya pengaruh variabel pemasaran digital dan kualitas produk terhadap varaibel kepercayaan pelanggan produk Abon Sapi Salakopi adalah sebesar 70,1%, sedangkan sisanya 29,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang diteliti dalam penelitian ini.

 

ABSTRACT

This study aims to investigate the influence of digital marketing and product quality on consumer purchasing decisions. In an increasingly advanced digital era, digital marketing has become one of the important tools in a company's marketing strategy. Product quality is also a key factor influencing consumer purchasing decisions. Therefore, this study combines the two variables to find out the extent of their influence on consumer purchasing decisions. The research method used in this study is a survey by distributing questionnaires to respondents who are potential consumers. The collected data was analyzed using regression methods to test the relationship between digital marketing variables, product quality, and consumer purchasing decisions. The results showed that digital marketing has a significant positive influence on consumer purchasing decisions. This suggests that effective digital marketing efforts can increase consumers' likelihood of purchasing products. In addition, product quality also has a significant positive influence on consumer purchasing decisions. Consumers tend to prefer products with good quality. In addition, this study also found a simultaneous influence between digital marketing and product quality on consumer purchasing decisions. The combination of the two can increase the likelihood of consumers to make a purchase. In other words, companies must pay attention not only to effective digital marketing strategies, but also to ensure the products offered are of adequate quality.


Keywords


Pemasaran Digital; Kualitas Produk; Keputusan Pembelian; Digital Marketing; Product Quality; Purchasing Decisions

References


REFERENSI

Aini, K. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Alfamidi Super, Jalan Kaliurang, Yogyakarta) [Tesis]. Universitas Negeri Yogyakarta.

Apriliani, D. U., Kartika, S. E., & Nadiya, A. A. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasaan Konsumen Batrisyia HerbaL. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 21(1), 470–479.

Ardiansyah, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Digital, Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Shopeefood Pada Mahasiswa Universitas Satya Negara Indonesia [Tesis]. Universitas Satya Negara Indonesia.

Boyd, H. W., & Ellison. (2008). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Devi. (2023). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Followers Instagram @Wardahbeauty Dalam Pembelian Produk Wardah [Tesis]. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Djogo, O. (2017). Marketing. LEMNIT Universitas Pasundan. http://lemlit.unpas.ac.id

Djogo, O., & Rudy, E. (2021). The Effect Of Strategic Econimic Management And Leadership Styles On Job Satisfaction And Its Implications On Employee Performance (Survey In Teklom Divre Iii, West Java). Journal Of Economic Empowerment Strategy (Jees), 4(1), 14–19.

Djogo, O. Y. (2022). STRATEGI MANAJEMEN PEMASARAN DALAM ERA DIGITAL PADA MASA SEKARANG. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 13(1), 43–47.

Djogo, Y. O., Abdul, P., Anshari, H., & Juliansyah, R. (2023). Teaching Factory Management to Develop the Qualified Graduates at Marhas Margahayu and Assalam Vocational Schools (Excellent School Programs) In Bandung. Baltic Journal of Law & Politics, 16(3), 2806–2816. https://doi.org/10.2478/bjlp-2023-00000207

Erika Nurmartiani, M. M. (2023). STRATEGI MEMBANGUN KEPERCAYAAN KONSUMEN: Konsep dan Implementasi Bauran Pemasaran Jasa, Korelasian Pelanggan dan Nilai Pelanggan. Runzune Publisher.

Florendiana, T. R., Andriani, D., & Hariasih, M. (2023). Pengaruh Customer Satisfaction Digital Marketing dan Brand Trust Terhadap Repurchase Intention. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 9(1), 124–140.

Herlissha, N., & Fitari, T. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kepercayaan Konsumen Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Di Era Pandemi Covid 19. Equity: Jurnal Ekonomi, 9(2), 47–59.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2005). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Jilid 1). Erlangga. Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran (Jilid II). Erlangga.

Mulyani, S. R., Zulfikar, T., Kadasrisman, S., & Nurmartiani, E. (2021). The Influence of Managerial Roles and Empowerment on Innovations with Competitive Implications. BIRCI Journal, 4(4), 8951–8960. https://doi.org/10.33258/birci.v4i4.2881

Mustika, W., & Kurniawati, D. M. (2022). PENGARUH PEMASARAN DIGITAL TERHADAP MINAT BELI HANDUK PADA MARKETPLACE “X.” SERINA IV, 709–716.

Nurmartiani, E. (2022). Customer Value in Improving Indihome Customer’s Trust in West Java. ENDLESS: International Journal of Future Studies, 5(3), 30–41. https://endless-journal.com/index.php/endless/30

Prasaranphanich. (2007). Perilaku Konsumen: Analisis Model keputusan.Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & B. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.35194/eeki.v4i1.4070

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.35194/eeki.v4i1.4070.g2920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

El-Ecosy : Jurnal Study Ekonomi Syariah INDEXED BY :

     

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.