PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU

Tanto Heryanto, Firhan Maulana

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Negeri 1 Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian deskriptif dan asosiatif, dengan metode survei menggunakan kuesioner. Jumlah populasi adalah 43 guru. Teknik pengambilan sampel sensus, menggunakan data primer. Pengolahan data statistik dengan alat bantu SPSS versi 26, menggunakan uji regresi berganda, uji determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, serta motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Dari kedua variabel independent tersebut ternyata motivasi kerja memiliki peran yang lebih besar dibandingkan dengan kecerdasan emosional terhadap kinerja guru. Artinya bahwa untuk lebih meningkatkan kinerja guru, fokus utamanya adalah bagaimana cara meningkatkan motivasi guru untuk dapat meningkatkan kinerja guru, karena kontribusi motivasi kerja lebih tinggi dibandingkan kecerdasan emosional. Keterbatasan penelitian ini hanya menilai kinerja guru pada satu sekolah, untuk penelitian selanjutnya dapat diperluas lebih lanjut pada satu kabupaten, dan dapat ditambah dengan variabel moderasi atau mediasi.

ABSTRACT

This research aims to analyze the influence of emotional intelligence and work motivation on teacher performance at SMK Negeri 1 Cipatat, West Bandung Regency. Using a quantitative approach, descriptive and associative research types, with a survey method using a questionnaire. The total population is 43 teachers. Census sampling technique, using primary data. Statistical data processing using SPSS version 26 tools, using multiple regression tests, determination tests and hypothesis tests. The research results show that emotional intelligence has a positive and significant effect on teacher performance, and work motivation has a positive and significant effect on teacher performance. From these two independent variables, it turns out that work motivation has a greater role than emotional intelligence on teacher performance. This means that to further improve teacher performance, the main focus is how to increase teacher motivation to improve teacher performance, because the contribution of work motivation is higher than emotional intelligence. The limitation of this research is that it only assesses teacher performance in one school, for further research it can be expanded further to one district and can be added with moderating or mediating variables.


Keywords


Kecerdasan Emosional; Motivasi Kerja; Kinerja Guru; Emotional Intelligence, Work Motivation, Teacher Performance

References


REFERENSI

Assegaf, A., Hoyyi, A & Mukid, M. (2019). Analisis Kesehatan Bank Menggunakan Local Mean K-Nearest Neighbor dan Multi Local Means K-Harmonic Nearest Neighbor. Jurnal Gaussian, 8(3), 343-355.

Barkah, J., & Hidayat, F. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 12473-12481.

Daga, A. T., Susilana., R. & Wahyudin, D. (2022). The 21st Century Skills of Elementary School Students in 3T Regions (Frontier, Outermost, and Least Developed Regions). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 8(4), 817-830.

Effendi, M. S. 2018. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Kerja (Studi Kasus Karyawan PT Danendra Agung Perkasa Jakarta). IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 2(1), 62-68.

Fadlurrahma, F. 2020. Lingkungan Kerja Non Fisik, Motivasi Kerja, dan Gaya Kepemimpinan Demokratis Pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja Karyawan(Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Goleman, Daniel. 2022 Emotional Intelligence, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hasibuan, Malayu S.P, 2016, Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta Bumi Aksara

Indonesia, P. M. P. N. R. (2020). Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Indonesia, P. R. 2005. Peraturan pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 Tentang standar nasional pendidikan (p. 1905). Cipta Jaya.

Kasmir, 2020, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta

Muhammad Ali, F. 2018. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Minat Mahasiswa Berkarier Menjadi Akuntan Publik (Studi Kasus Pada Mahasiswa UNS Jurusan Akuntansi) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta).

Shihab, M. R., Prahiawan, W., & Maria, V. 2022. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. So Good Food Manufacturing Kabupaten Tangerang. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(3), 5481-5496

Sofiati, I., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2018). Dampak kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2).

Sugiyono, 2018. Metode kuantitatatif, kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Edy. 2017, Manajemen Sumberdaya Manusia. Prenada media Group.

Swandewi, N. P. P., Ariawan, I. P. W., & Sulindawati, N. L. G. E. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Instruksional, Literasi Digital, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Sosial Teknologi, 4(1), 1-16.

Tamonsang, M. 2021. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Asuransi Jiwasraya Malang. Bussman Journal: Indonesian Journal of Business and Management, 1(3), 328-34.

Terry, R.G. & Leslie, R. 2020, Dasar-Dasar Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara.

UTARI, U. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Di Smk Negeri 2 Palopo ( Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo)).

Verdian, M I. Pengaruh Pendidikan Pelatihan (Diklat), Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Era Pandemi Covid-19 JURNAL+elhamra+feb+2023-31-40

Wibowo, 2017. Manajemen Kinerja, Depok: Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.35194/eeki.v4i1.4008

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.35194/eeki.v4i1.4008.g2893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

El-Ecosy : Jurnal Study Ekonomi Syariah INDEXED BY :

     

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.