DUNIA USAHA DAN HUBUNGANNYA DENGAN ETIKA BISNIS ISLAM

Debi Cahyani

Abstract


ABSTRAK

Bisnis merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Tidak heran Islam yang berakar pada Al-Qur'an dan As-Sunnah memberikan tuntunan di lapangan bisnis. Bisnis selama bertahun-tahun, diusulkan sebagai bisnis untuk keuntungan sebagai sebisa mungkin, bahkan sampai melakukan trik-trik kotor dan tidak etis. Etika bisnis adalah sangat penting untuk dikedepankan di era globalisasi yang sering mengabaikan moral nilai dan etika. Dengan demikian, Islam menekankan bahwa kegiatan bisnis manusia makhluk tidak semata-mata dimaksudkan sebagai cara untuk memuaskan keinginan, tetapi lebih pada menemukan kehidupan yang seimbang dengan sikap positif daripada destruktif. Ini makalah ini bertujuan untuk mengkaji etika bisnis dari perspektif al-Qur'an dalam sebuah upaya membangun bisnis syariah untuk menghadapi tantangan bisnis di masa depan. Bisnis dalam konklusi Al-Qur'an disebut dengan aktivitas sekaligus materi bisnis yang layak, jika mereka memenuhi kebutuhan material dan spiritual secara seimbang, tidak mengandung kepalsuan, kehancuran dan ketidakadilan. Tapi mengandung nilai persatuan, keseimbangan, kehendak bebas, akuntabilitas, kebenaran, kebajikan dan kejujuran. Penelitian ini menggunakan metode kulitatif dengan jenis kepustakaan yang bersifat deskriptif.

ABSTRACT

Business is something that is very important in human life. No wonder Islam is rooted in the Qur'an and Sunnah provide guidance in the field of business. Business for many years, was suggested as a business for profit as much as possible, even to go to the dirty tricks and unethical. Business ethics is very important to put forward in the era of globalization often ignore the moral values and ethics. Thus, Islam emphasizes that the business activities of human beings are not merely intended as a way to satisfy the desire, but rather on finding a balanced life with a positive attitude rather than destructive. This paper aims to examine business ethics from the perspective of the Qur'an in an effort to build an Islamic business to business challenges in the future. Business in the conclusion of the Qur'an called activities as well as materials. A viable business, if they meet the material and spiritual needs in a balanced, contains no falsehood, destruction and injustice. But it contains the value of unity, equilibrium, free will, accountability, truth, virtue and honesty. This research employs a qualitative method with a descriptive library research type.


Keywords


Etika Bisnis; Bisnis Islam; UMKM; Business Ethics; Islamic Business; Micro Business

References


REFERENSI

Abu-l-Qasim al-Husein Al-Asfahani, Mufradat Fi Ghari bil-Qur’an Juz I, dalam al- Maktabah al-Shamilah.

Abdullah, Taufik, Agama, Etos Kerja dan Perkembangan Ekonomi, Jakarta: LP3ES, 1982.

Ahmad, Mustaq, Etika Bisnis dalam Islam,J akarta: Pustaka Al-Kautsar, 2001.

Al-Asfahani, Al-Raghib, Mu’jam Mufradat Alfad al-Qur’an,Beirut: Dar al-Fikr, tt.

Amin, Ahmad, Etika: Ilmu Akhlak, Jakarta: Bulan Bintang, 1995.

Beekun, Rafiq Issa, Islamic Business Ethict. Virginia: International Institute of Islamic Thought, 1997.

Departemen Agama RI., Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Departemen Agama RI, 1985.

Gahral Adian, Donny, Menyoal Objektivisme Ilmu Pengetahuan. Bandung: Teraju, 2002.

George, Ricard T, Business Ethics, New Jersey: Prentice Hall, Engle- wood Cliffs, 1986.

O.P. Simorangkir, Etika Bisnis. Jakarta: Aksara Persada, 1992.

Karim, Adiwarman, Ekonomi Islam, Suatu Kajian Ekonomi Makro. Jakarta: IIIT Indonesia, 2002.

Karim, M. Rusli, Berbagai Aspek Ekonomi Islam. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana, 1992.

Keraf, A.Sonny, Etika Bisnis, Jakarta:Kanisius, 1998.

K. Barten, Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Maxime Rodinson, Islam dan Kapitalisme, terj. Asep Hikmat, Bandung: Iqra’, 1982.

Muhammad, Fauroni, R, Luqman, Visi Al-Qur’an Tentang Etika dan Bisnis. Jakarta, Salemba Diniyyah, 2002.

Naqvi, Syed Nawab, 1993. Ethict and Eco- nomics: An Islamic Syntesis, diterjemahkan oleh Husin Anis: Etika dan Ilmu Ekonomi Suatu Sintesis Islami, Bandung: Mizan

Raharjo, Dawam, Etika Bisnis Menghadapi Globalisasi, Jakarta: LP3ES, 1995.

Rafik Issa Beekun, Islamic Business Ethics, Herndorn: IIIT, 1997.

Suwantoro, Aspek-Aspek Pidana di Bidang Ekonomi, Jakarta: Ghalia, 1990.

Warson Munawwir, Ahmad, Al Munawwir Kamus Arab Indonesia. Surabaya, Pustaka Progressif, 1997.

Wardi Muslich, Ahmad. Fiqh Muamalat. Jakarta: 2010.

Zakaria, Aceng, Etika Bisnis Islam. Jakarta: Penerbit Ibnu Azka, 2012




DOI: https://doi.org/10.35194/eeki.v3i2.3391

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.35194/eeki.v3i2.3391.g2857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

El-Ecosy : Jurnal Study Ekonomi Syariah INDEXED BY :

     

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.