PENDEKATAN TRIPLE HELIX DALAM MEWUJUDKAN WAKANDA DITINJAU DARI NILAI-NILAI DASAR EKONOMI ISLAM

Ilyas Adhi Purba

Abstract


ABSTRAK

Pengembangan ekonomi kreatif diperlukan peran dari semua pihak yang dapat terlibat didalamnya. Untuk mengembangkan sektor ekonomi kreatif dapat dilakukan dengan inovasi, atau memunculkan kreativitas baru agar dapat bersaing. Terlebih dengan perkembangan teknologi saat ini yang begitu pesat, maka sektor ekonomi kreatif harus dapat menyesuaikan diri. Oleh karenanya pendekatan triple helix sangat relevan untuk mengembangkan ekonomi kreatif berbasis knowledge atau pengetahuan. Dengan sinergi tiga aktor didalamnya untuk menciptakan perekonomian yang berkembang dengan baik. Tulisan ini ingin mewujudkan WAKANDA (Wirausahawan Kreatif dan Berdaya Saing) melalui pendekatan triple helix yang ditinjau dari nilai-nilai dasar ekonomi islam. Penelitian menggunakan metode kualitatif, dengan mendeskripsikan pemecahan dari permasalahan yang ada. Hasil karya tulis ini menunjukan bahwa untuk pengembangan ekonomi kreatif dapat menggunakan pendekatan triple helix yang diimplementasikan pada kegiatan usaha UMKM. Selain itu melalui pendekatan triple helix dapat mewujudkan potensi wirausahawan yang kreatif dan berdaya saing serta tetap berpedoman pada nilai-nilai dasar ekonomi islam untuk implikasinya.

ABSTRACT

Creative economy development requires the role of all parties involved in it. To develop the creative economy sector can be done with innovation, or bring out new creativity in order to be competitive. Especially with today's rapid technological developments, the creative economy sector must be able to adapt. Therefore the triple helix approach is very relevant for developing a knowledge-based creative economy. With the synergy of the three actors in it to create a well-developed economy. This paper aims to realize WAKANDA (creative and competitive entrepreneur) through the triple helix approach in terms of the basic values of Islamic economics. Research uses qualitative methods, by describing solutions to existing problems. The results of this paper show that the development of the creative economy can use the triple helix approach which is implemented in MSME business activities. In addition, the triple helix approach can realize the potential of entrepreneurs who are creative and competitive and still guided by the basic values of Islamic economics for their implications


Keywords


Kata Ekonomi Kreatif; Triple Helix; Nilai-Nilai Dasar Ekonomi Islam; Creative Economy; Triple Helix; Basic Values of Islamic Economics

References


REFERENSI

Asyhari dan Wasitowati. (2015). Hubungan Triple Helix, Inovasi, Keunggulan, Bersaing, dan Kinerja. Jurnal CBAM, Vol. 2 No.1. http:// doi.org/10.32145/cbam.v11i2.2340.

Daulay, Z. A. A. (2018). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Dengan Metode Triple Helix (Studi Pada UMKM Kreatif di Kota Medan). TANSIQ: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Islam, Vol. 1 No.1. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tansiq/article/view/3990.

Hariani, D. (2022). Analisis Model Tripel Helix Dalam Pengembangan Ekonomi (Studi Pada IKM Kerajinan Perak Mojokerto). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), Vol. 6 No.1. http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v6i1.2759.

Heriyati, P., & . Kurniatun, T. C. (2018). Analisa Triple Helix Pada Industri Fashion di Jakarta. Jakarta: Qiara Media Partner.

https://www.jawapos.com, diakses pada tanggal 20 Februari 2023 pukul 10.25 WIB

https://www.bi.go.id, diakses pada tanggal 20 Februari 2023 pukul 10.10 WIB

https://kemenkopukm.go.id, diakses pada tanggal 20 Februari 2023 pukul 10.10 WIB

https://data.tempo.co, diakses pada tanggal 20 Februari 2023 pukul 10.20 WIB

Jaelani, A. (2019). Triple Helix sebagai Model bagi Inovasi Pendidikan Tinggi: Analisis Logika Kelembagaan dalam Pengembangan Kewirausahaan dan Ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, Vol. 11 No.1. http://dx.doi.org/10.24235/amwal.v11i1.4980.

Krisnawati, D. (2018). Peran perkembangan teknologi digital pada strategi pemasaran dan jalur distribusi UMKM di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, Vol. 6 No.1. http://dx.doi.org/10.35137/jmbk.v6i1.175.

Mashur. Filsafat Ekonomi Islam. Klaten: Lakeisha. 2020

Misno, A. (2020). Falsafah Ekonomi Syariah. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.

Mujaddidi, S. Ekonomi Islam Suatu Pengantar. Pamekasan: Duta Media Publishing. 2020

Muzdalifa, Irma, dkk. (2018). Peran fintech dalam meningkatkan keuangan inklusif pada UMKM di Indonesia (pendekatan keuangan syariah). Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, Vol. 3 No.1. http://dx.doi.org/10.30651/jms.v3i1.1618

Sari, A. P. (2020). Ekonomi Kreatif . Yogyakarta: Yayasan Kita Menulis




DOI: https://doi.org/10.35194/eeki.v3i1.3085

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.35194/eeki.v3i1.3085.g2867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

El-Ecosy : Jurnal Study Ekonomi Syariah INDEXED BY :

     

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.