ETIKA BISNIS DALAM PERSFEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

Maksudin Maksudin

Abstract


ABSTRAK

Bisnis dengan semua hal yang terjadi dalam kehidupan orang setiap hari secara luas. Banyaknya bisnis dan beragamnya motif dan orientasi bisnis serta semakin kompleksnya masalah bisnis, terkadang membuat bisnis terjebak untuk mencoba apa saja untuk mencapai tujuannya, apalagi jika tujuannya hanya untuk mencari keuntungan dan keuntungan semata. Sehingga sering terjadi tindakan negatif, yang akhirnya menjadi kebiasaan dalam perilaku bisnis. Jika demikian, tidak jarang bisnis diidentikkan dengan perbuatan kotor, karena terdapat perilaku berbohong, khianat, ingkar janji, menipu dan menipu orang lain. Artikel ini menjelaskan bagaimana hubungan antara dunia bisnis dengan etika bisnis Islam. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan kajian kepustakaan atau library research. Kesimpulan dalam artikel ini yaitu konsep bisnis secara Islami harus didasarkan pada etika Islam yang bersumber dari Al-Qur'an dan Sunnah Nabi Muhammad. Secara umum, etika bisnis adalah disiplin normatif, di mana standar etika tertentu dirumuskan dan kemudian diterapkan. Itu membuat penilaian khusus tentang apa yang benar atau salah, artinya, itu membuat klaim tentang apa yang harus dilakukan atau apa yang tidak boleh dilakukan.

ABSTRACT

Business with all the things that happen in people's lives every day at large. The number of businesses and the variety of motives and business orientations as well as the increasingly complex business problems, sometimes make businesses trapped to try anything to achieve their goals, especially if the goal is only to seek profit and profit. So negative actions often occur, which eventually become habits in business behavior. If so, it is not uncommon for businesses to be identified with dirty deeds, because there are behaviors of lying, treason, breaking promises, deceiving, and deceiving others. This article describes the relationship between the business world and Islamic business ethics. The method used in this article is a qualitative method with a library research approach. The conclusion in this article is that the concept of Islamic business must be based on Islamic ethics derived from the Qur'an and the Sunnah of the Prophet Muhammad. In general, business ethics is a normative discipline, in which certain ethical standards are formulated and then applied. It makes specific judgments about what is right or wrong, that is to say, it makes claims about what to do or what not to do.


Keywords


Bisnis Syariah; Prinsip Bisnis Syariah; Perilaku Bisnis; Sharia Business; Sharia Business Principles; Business Conduct

References


REFERENSI

Afzalurrahman. 1997. Muhammad Sebagai Seorang Pedagang, Jakarta: Yayasan Swarna Bhumy.

Ainin, Muhammad. 2007. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Malang: Hilal Pustaka.

Alma, Buchari dan Donni Juni Priansa. 2009. Manajemen Bisnis Syariah, Bandung: Alfabeta.

Badroen, Faisal, dkk. 2006. Etika Bisnis dalam Islam, Jakarta: Kencana.

Beekun, Rafiq Issa. 1997. Islamic Business Ethict, Virginia: International Institute of Islamic Thought.

Bertens, K. 2000. Pengantar Etika Bisnis, Yogyakarta: Kanisius.

Bukhari, Imam. 1992. Shahih Bukhari Jilid II, trj. H. Zainuddin Hamidy, dkk,Cet. 13, Jakarta: Widjaya.

Chapra, M. Umer. 1999. Islam dan Tantangan Ekonomi, Surabaya: Risalah Gusti

D. George, R. 2002. Business Ethics, Upper Saddle River, N.J: Prentice-Hall, 5th Ed.

Dawabah, Asyraf M. 2005. Menjadi Pengusaha Muslim, Jakarta : Pustaka Al Kautsar.

Fauroni, Lukman. 2003. Rekonstruksi Etika Bisnis: Perspektif Alquran, Journal IQTISAD, Journal of Islamic Economics, Vol. 4 No. 1, Maret 2003.

Gibson, Ivancevich dan Donnelly. 1985. Organisasi, Perilaku Struktur Proses, Jakarta: Erlangga.

Gitosardjono, Sukamdani Sahid. 2009. Bisnis dan Kewirausahaan Syariah, Jakarta: Yayasan Sahid Jaya – STAIT Modern Sahid.

Hafidhuddin, Didin, Hendri Tanjung. 2003. Manajemen Syariah dalam Praktik, Jakarta: Gema Insani.

Hasibuan, Malayu, S. P. 2005. Manajemen, Dasar, Pengertian dan Masalah, Jakarta: Bumi Aksara.

Husaeni, U. A., & Jayengsari, R. (2020). Implementation of Corporate Governance in Fraud Prevention in Islamic Banking. Jurnal IUS Kajian Hukum Dan Keadilan, 8(3), 453. https://doi.org/10.29303/ius.v8i3.812

Husaeni, U. A., Jayengsari, R., & Zakiah, S. (2021). the Influence of Islamic Corporate Governance and Internal Control on Indications of Fraud in Islamic Commercial Banks in Indonesia. International Journal of Islamic Business Ethics, 6(2), 92. https://doi.org/10.30659/ijibe.6.2.92-103

Kartajaya, Hermawan. 2000. Marketing Plus 2000, Siasat Memenangkan Persaingan Global, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kartajaya, Hermawan dan Muhammad Syakir Sula. 2008. Marketing Syariah. Bandung: Mizan.

Keraf, Sonny. A. 1998. Etika Bisnis, Tuntutan dan Relevansinya, Yogyakarta: Kanisius.

Kotler, Philip. 2000. Marketing Management, India: Prentice Hall International Inc.

Manullang, M. 2002. Pengantar Bisnis, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Muhammad. 2004. Etika Bisnis Islam, Yogyakarta: UPP AMP YKPN

Muslich. 2010. Etika Bisnis Islami; Yogyakarta: Ekonisia Fakultas EkonomiUII

Mustaq, Ahmad. 1995. Business Ethic in Islam, Islamics Research Institute Press, Islam Abad Pakistan.

Qardhawi, Yusuf. 1995. Peran Nilai dan Moral Dalam Perekonomian Islam, Jakarta: Robbani Press.

Rahardjo, M. Dawam. 1990. Etika Ekonomi dan Manajemen, Yogyakarta: Tiara Wacana.

Yusanto, Muhammad Ismail dan Muhammad Karebet Widjajakusuma. 2002. Menggagas Bisnis Islami, Jakarta: Gema Insani Press.

Zed, Mestika. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.35194/eeki.v2i2.2513

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.35194/eeki.v2i2.2513.g1813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

El-Ecosy : Jurnal Study Ekonomi Syariah INDEXED BY :

     

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.