STRATEGI PEMASARAN PRODUK BMT INVESTA MUBAROKAH DALAM MENARIK MINAT NASABAH

Ana Roviana Purnamasari, Muhammad Farhan Firdaus, Nita Aulia Khoirunnisa, Yola Asrifa

Abstract


ABSTRAK

BMT Investa Mubarokah merupakan salah satu BMT yang ada di Kabupaten Cianjur. Perkembangan BMT Investa Mubarokah tedapat dari peningkatan partisipasi nasabah dan masyarakat, untuk itulah pola pengelolaannya harus professional. BMT Investa Mubarokah mempunyai visi dan misi. BMT Investa Mubarokah merupakan sebuah perusahaan jasa keuangan yang sedang berkembang sehingga memerlukan langkah – langkah untuk melakukan strategi pemasaran yang baik. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif terdapat beberapa yang mempengaruhi dalam menarik minat nasabah yaitu kualitas pelayanan, minat, produk dan strategi. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling kebetulan. Variabel yang terdapat dalam peneltian ini yaitu Variabel bebas terdiri dari Pelayanan (X1), produk (X2). Sedangkan variabel terikat yaitu minat (y). berdasarkan hasil uji t variabel X1 diperoleh nilai t hitung 3,459 dan  t tabel (df = 24) sebesar 1,710 dan tingkat signifikansinya 0,003 < 0,05. . sedangkan hasil uji t variabel X2 yaitu sebesar t hitung 0,082 < t tabel (df = 2) sebesaran tingkat signifikansinya 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa produk tidak berpengaruh pada minat nasbah terhadap produk BMT. Lalu hasil dari uji F adalah 11,961 > 4,20 yang berarti kedua variable berpengaruh signifikan terhadap variabel y.

ABSTRACT

BMT Investa Mubarokah is one of the BMTs in Cianjur. The development of BMT Investa Mubarokah itself increases in list of customer and citizen participation, therefore the management must be set professional. BMT Investa Mubarokah has a good vision and mission. BMT Investa Mubarokah is a growing financial services company that requires steps to carry out a good marketing strategy. It is this vision and mission that encourages BMT Investa Mubarokah to innovate using marketing strategies in order to attract customers' interest. The research methodology used is a quantitative method; there are several factors that influence customer interest, namely service quality, interests, products and strategies. Sampling in this study used a coincidence sampling technique. The variables contained in this research are independent variables consisting of services (X1), products (X2). While the dependent variable is interest (Y). Based on the results of the t-test of the X1 variable, the t-count value was 3.459 and the t-table (df = 24) was 1.710 and the significance level was 0.003 <0.05. While the results of the t-test of the X2 variable, which is equal to t count 0.082 < t table (df = 2) with a significance level of 0.000 <0.05, so it can be concluded that the product has no effect on customer interest in BMT products. Then the results of the F test are 11.961 > 4.20, which means that both variables have a significant effect on the y variable.


Keywords


Produk; Strategi; Pelayanan; Product; Strategy; Service

References


REFERENSI

Agus, Bustanuddin. 2006. Islam dan Ekonomi: Suatu Tinjauan Sosiologi Agama. Padang: Andalas University Press.

Alma Buchari & Donni Juni Priansa. 2014. Manajemen Bisnis Syariah: Menanamkan Nilai dan Praktik Syariah dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Assauri, Sofjan. 2007. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Agus, Bustanuddin. 2006. Islam dan Ekonomi: Suatu Tinjauan Sosiologi Agama. Padang: Andalas University Press.

Alma Buchari & Donni Juni Priansa. 2014. Manajemen Bisnis Syariah: Menanamkan Nilai dan Praktik Syariah dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta. Assauri, Sofjan. 2007. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Buchori, Nur Syamsudin. 2009. Koperasi Syariah. Sidoarjo: Mashun. Djakfar, Muhammad. 2012. Etika Bisnis: Menangkan Spirit Ajaran Langit dan Pesan Moral Ajaran Bumi. Jakarta: Penebar Plus. Hatta. 2011. Tafsir Al-Quran Perkata: Dilengkapi dengan Asbabun Nuzul & Terjemah. Jakarta: Maghfirah Pustaka.

Husaeni, U. A., & Dewi, T. K. (2019). Pengaruh Pembiayaan Mikro Syariah Terhadap Tingkat Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pada Anggota Bmt Di Jawa Barat. Bongaya Journal for Research in Management (BJRM), 2(1), 48–56. https://doi.org/10.37888/bjrm.v2i1.122

Husaeni, U. A., & Zakiah, S. (2021). the Role of Baitul Maal Wa Tamwil in the Economic Empowerment of Poor Women in Cianjur District. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 917–923. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2129

Jayengsari, R., & Husaeni, U. A. (2021). the Role of Baitul Maal Wa Tamwil in Alleviating Poverty in Cianjur Regency, West Java. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 5(1), 56–66. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v5i1.6686

Sobana, D. H., & Husaeni, U. A. (2019). Economic Empowerment of Poor Women With Grameen Bank Patterns on Baitul Mal Wa Tamwil Ibadurrahman. International Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 1(1), 40–59. https://doi.org/10.25272/ijisef.450600

Monette, Duane R., Thomas J. Sullivan, & Cornell R. DeJong. 2011. Applied Social Research–A Tool for Human Services. Belmont, CA: Brooks/Cole.

Mukhtar. 2007. Bimbingan Skripsi, Tesis dan Artikel Ilmiah. Jambi: Sulthan Thaha Press. Nawawi, Ismail. 2009. Ekonomi Kelembagaan Syariah: Dalam Pusaran Perekonomian Global sebuah Tuntutan dan Realitas. Surabaya: Putra Media Nusantara.

Rafidah. 2014. Analisis Kompetensi terhadap Kinerja Keuangan di Lembaga Keuangan Mikro Syariah Kota Jambi. Jurnal Nalar Fiqh, Volume 9, Nomor 1, Juni. Rokan, Mustafa Kamal. 2013. Bisnis Ala Nabi–Teladan Rasulullah SAW dalam Berbisnis. Yogyakarta: Bunyan.

Soemitra, Andri. 2009. Bank & Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana. Subana, M. 2006. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia. Whalley, Andrew. 2010. Strategic Marketing. New York: Ventus Publishing.

Solihah, C., Rivandi Widjajaatmadja, D. A., & Husaeni, U. A. (2019). The Element of “Injustice†in The Process of Executing The Auction of Collateral Items From The Murabaha Financing Contract at Shariah Commercial Bank. Justicia Islamica, 16(2), 343–366. https://doi.org/10.21154/justicia.v16i2.1638

Tho’in, Muhammad. 2011. Pengaruh Faktor-faktor Kualitas Jasa terhadap Kepuasan Nasabah di Baitul Mal wat Tamwil (BMT) Tekun Karanggede Boyolali. Muqtasid Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah STAIN Salatiga. Vol. 2, Juli 73-89.

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andy.

Umar, Husein. 2000. Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.35194/eeki.v2i2.2512

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.35194/eeki.v2i2.2512.g1814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

El-Ecosy : Jurnal Study Ekonomi Syariah INDEXED BY :

     

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.