PENGARUH TINGKAT RELIGIUSITAS DAN MEDIA PROMOSI TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG BANK SYARIAH PADA TENAGA PENGAJAR DAN STAF DI SD NEGERI KECAMATAN SUKARESMI

Nanang Rustandi, Benniye Lestariye

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan tenaga pengajar dan staf di SD Negeri Kecamatan Sukaresmi tentang bank syariah, dari hasil pra survei terhadap tenaga pengajar dan staf menunjukkan bahwa mereka memiliki pengetahuan yang minim tentang bank syariah, terlebih lagi berpendapat bahwa dalam implementasinya bank syariah sama saja dengan bank konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, seberapa besar pengaruh Tingkat Religiusitas pengetahuan staf dan guru tentang bank syaiah, seberapa besar pengaruh Media Promosi terhadap pengetahuan staf dan guru tentang bank syariah, dan seberapa besar pengaruh Tingkat Religiusitas dan Media Promosi secara simultan terhadap Pengetahuan tenaga pengajar dan staf di SD Negeri Kecamatan Sukaresmi. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan simple random sampling dengan total sampel sebanyak 90 orang responden dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Tingkat Religiusitas berpengaruh negativ dan signifikan terhadap Pengetahuan, hal ini dibuktikan dengan hasil uji t (parsial) Variabel  Tingkat Religiusitas di peroleh > sebesar 0,331 > 1,991 sedangkan untuk nilai signifikansinya sebesar 0,519 > 0,05. Maka dapat disimpulkan Tingkat Religiusitas berpengaruh tidak signifikan terhadap Pengetahuan tenaga pengajar dan staf SD Negeri Kecamatan Sukaresmi. Variabel  Media Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengetahuan, hal ini dibuktikan dengan hasil uji t (parsial) diperoleh  >  sebesar 6,243 > 1,991, sedangkan untuk nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan Media Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengetahuan. Berdasarkan hasil  uji f (simultan)  dapat disimpulkan bahwa Tingkat Religiusitas dan Media Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengetahuan. Hasil uji F (simultan) diperoleh nilai  dan sebesar 19,487 > 3,10 sedangkan nilai signifikansinya 0,000<0,05. Selanjutnya berdasarkan nilai koefisien  determinasi (), besarnya pengaruh variabel Tingkat Religiusitas dan Media Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengetahuan sebesar 30,93%, dan sisanya 69,07% di pengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang diteliti dalam penelitian ini. 

Abstrack

This This research is motivated by the lack of knowledge of faculty and staff at SD Negeri Sukaresmi subdistrict about sharia banks, from the results of pre suvei conducted by researchers to faculty and staff shows that they have minimal knowledge about sharia banks, moreover some people also argue that in its implementation sharia banks are the same as conventional banks. This study aims to find out; 1) how much religiosity level of knowledge of staff and teachers about syaiah bank; 2) how much influence of Promotional Media on staff and teacher knowledge about sharia banks; 3) how much influence the Level of Religiosity and Promotional Media simultaneously on the knowledge of teachers and staff in sd Negeri Sukaresmi Subdistrict. The method in this study uses a quantitative approach, with the technique of collecting samples in this study using simple random sampling with a total sample of 90 respondents using multiple regression analysis. The results of this study concluded that. Religiosity level has a negativ and significant effect on Knowledge, this is evidenced by the results of the test t (partial) Variable Level religiosity obtained > of 0.331 > 1,991 while for the value of significance of 0.519 > 0.05. So, it can be concluded that the Level of Religiosity has an insignificant effect on the knowledge of teachers and staff of SD Negeri Sukaresmi Subdistrict. Promotional Media Variables have a positive and significant effect on Knowledge, this is evidenced by the results of the t (partial) test obtained > of 6,243 > 1,991 while for its significance value of 0.000 < 0.05. Then it can be concluded that The Promotional Media has a positive and significant effect on Knowledge. Based on the results of the f test (simultaneous) it can be concluded that the Level of Religiosity and Promotional Media have a positive and significant effect on Knowledge. The F test result (simultaneous) was obtained by the value and amounted to 19,487 > 3.10 while the significance value was 0.000<0.05. Furthermore, based on the value of the coefficient of determination (), the magnitude of the influence of the variable Level of Religiosity and Promotional Media has a positive and significant effect on Knowledge by 30.93% and the remaining 69.07% is influenced by other factors beyond the variables studied in this study.


Keywords


Religiusitas; Media Promosi; dan Pengetahuan; Religiosity; Promotional Media; and Knowledge

References


Ancok D, dan Suroso F. N (2015) Psikologi Islam Solusi Islam Atas Problem-Problem Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Antonio, Muhammad Syafii. Bank Syariah dari Teori dan Praktik. Jakarta: Gema Insani. Cetakan 15. 2009.

Bawono, Anton (2006) Multivariate Analysis dengan SPSS. Salatiga : STAIN Salatiga pres

Danang Sunyoto (2014), Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep Strategi dan Kasus) CAPS (Central Of Akademic Publishing Service)

Fatwah Majelis Ulama Indonesia Nomor 1 Tahun 2004 Tentang Bunga (Interest/Fa’dah).

Firdaus Fauzan Dicky dan Alawiyah Tuti. (2021), Analisis Pengetahuan Masyarakat Tentang Bank Syariah, Jurnal Ilmiah Indonesia, vol. 6, no. 2, Februari 2021

Ghozali, Imam (2006) Aplikasi Analisis dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Husaeni, U. A. 2017. The Influence of Marketing Mix on Decision to be a Islamic Banking Customer in Cianjur Regency. IQTISHADIA. Vol.10 No. 2, pp. 105-119.

https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah/pages/sejarah-perbankan-syariah.aspx, diakses pada tanggal 13 juni 2021, pukul 12:55 wib

Kartajaya. H dan Sula, M. S (2018), Syariah Marketing. Bandung : Mizan

Kartolo, Kartini, Pengantar Metodologi Research Sosial (Bandung: Penerbit alumni, 1980)

Kasmir , Dasar-Dasar Perbankan (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012).

Kotler, Philip dan Amstrong (2014) Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta : Erlangga

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional sampai Era Modernisasi Global. Alfabeta.

Puspitarini, Dini Sekar dan Nuraeni Reni. (2019), Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriftif pada Happy Go Lucky House), Jurnal Common, vol 3 no 1 2019

Ramadhan, Selly Nur. (2020), Pengaruh Tingkat Religiusitas dan Kualitas Layanan terhadap Minat Menjadi Nasabah di Bank Syariah pada Dosen Universitas Suryakancana

Rustandi, Nanang dan W, Yusuf (2020:186) Persepsi Keagamaan Masyarakat Terhadap Situs Purbakala Gunung Padang Canjur, Jurnal Pasundan

Rustandi, Nanang, (2020), Agama dan Perubahan Sosial Ekonomi, jurnal agama dan budaya.

Rosyid Maskur dan Saidiah Halimatu. (2016), Pengetahuan Perbankan Syariah dan Pengaruhnya terhadap Minat Menabung Santri Dan Guru, Jurnal Islaminomic, vol. 7 no. 2, Agustus 2016

Rahman Hakim, Maman Hukum Perbankan Syariah di Indonesia, (Tanggerang Selatan: Faza Media, 2017).

Sugiyono (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Sumarwan, Ujang (2014) Perilaku Konsumen Teori dan Penerapanya Dalam Pemasaran, Ghalia Indonesia, Bogor

T. F, Musfar (2020), Buku Ajar Manajemen Pemasaran : Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok Dalam Manajemen Pemasaran. CV. Media Sains Indonesia.

Tjiptono, Fandy. (2015), Strategi Pemasaran. Yogyakarta : CV. Adi




DOI: https://doi.org/10.35194/.v1i2.1825

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

El-Ecosy : Jurnal Study Ekonomi Syariah INDEXED BY :

     

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.