Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Motivasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Syariah Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Suryakancana Cianjur

Reksa Jayengsari, Noval Fauziah Ramadhan

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengetahuan investasi di pasar modal dan motivasi yang rendah dikalangan mahasiswa FEBI UNSUR sedangkan Pasar Modal Syariah telah gencar mempromosikan produk-produk investasi. Matakuliah yang berkaitan dengan pasar modal syariah belum diaplikasikan oleh mahasiswa FEBI UNSUR. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengetahuan investasi dan motivasi terhadap minat investasi di Pasar Modal Syariah pada Mahasiswa FEBI UNSUR. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuisioner. Berdasarkan hasil uji t statistik, pengetahuan investasi diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,699 > 0,05 dengan hasil perhitungan SE X1 sebesar -0,84%. Hal ini berarti tidak terdapat pengaruh signifikan pengetahuan investasi terhadap minat investasi. Lalu hasil uji t statistik motivasi diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan hasil perhitungan SE X2 sebesar 77,88%. Hal ini berarti terdapat pengaruh signifikan motivasi terhadap minat investasi. Kemudian, secara simultan kedua variabel berpengaruh signifikan terhadap minat investasi hal itu diketahui dari nilai uji Fhitung 137.247 > 3,11 Ftabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil perhitungan koefisien determinasi menghasilkan R Square sebesar 77% hal ini berarti pengetahuan investasi dan motivasi memberikan kontribusi sebesar 77% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

 

ABSTRACT

This research is motivated by knowledge of investment in the capital market and low motivation in FEBI UNSUR students while the Islamic Capital Market has been aggressively promoting investment products. Subject related to the Islamic capital market have not been applied by FEBI UNSUR students. This study aims to determine how much influence investment knowledge and motivation on investment interest in the Islamic Capital Market in FEBI UNSUR students. This study uses a quantitative approach with associative descriptive method. The data collection technique is a questionnaire. Based on the results of the t test, investment knowledge obtained a significance value of 0.699 > 0.05 with SE X1 calculation results of -0.84%. This means that there is no significant effect of investment knowledge on investment interest. The results of the motivational statistical t test obtained a significance value of 0.000 <0.05 with the results of the SE X2 calculation of 77.88%. This means that there is a significant effect of motivation on investment interest. Simultaneously the two variables have a significant effect on investment interest with a significance value of 0.000 <0.05. The calculation of the coefficient of determination produce an R Square of 77%, this means that investment knowledge and motivation contribute 77% while the rest is influenced by other factors


Keywords


Pasar Modal Syariah; Pengetahuan Investasi; Motivasi; Minat investasi; Capital Market Sharia, Investment Knowledge; Motivation; Investment Interest

References


Referensi

Adha, Riyadi. 2016. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal. Yogyakarta: Skripsi Fakultas FEBI UIN Sunan Kalijaga.

Dian, Fahriani 2012. Pengaruh Motivasi Kualitas, Motivasi Karir, dan Motivasi Ekonomi terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti PPAk. .Jurnal: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

Herlan, Firmansyah dan Sobana, Dadang Husen. 2014. Bank dan Lembaga Keuangan Non Bank (IKNB) Syariah. Jakarta: Lecture Books

Halim, Abdul. 2005. Analisis Investasi, Edisi 2. PT Salemba Emban Patria: Jakarta

Kusmawati. (2011). “Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal dengan Pemahaman Investasi dan Usia Sebagai Variabel Moderatâ€. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi : Jenius, Volume 1 Nomor 2.

Komang Ayu Novita Sari dan Luh Komang Sudjarni (2015), Pengaruh Likuiditas, Leverage, Pertumbuhan Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. EJurnal Manajemen Unud, Vol. 4.

Merawati, L.K., & Putra, I.P.M.J.S. (2015). Kemampuan Pelatihan Pasar Modal Memoderasi Pengaruh Pengetahuan Investasi Dan Penghasilan Pada Minat Berinvestasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Vol. 10. No. 2.

Rizki, Chaerul Pajar. 2017. Pengaruh Motivasi Investasi dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Pada Mahasiswa FE UNY. UNY.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

Wijayanti, R. (2015). Pengaruh Modal Minimal Investasi, Promosi Dan Pengetahuan Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Dinar di Gerai Dinar BMT Daarul Mustaqiim Pekalongan. Tesis Magister pada STAIN Pekalongan, Jawa Tengah.

Yuwono, SR. (2011). Pengaruh Karakteristik Investor Terhadap Besaran Minat Investasi Saham di Pasar Modal. Tesis Magister, Universitas Indonesia, Jawa Barat




DOI: https://doi.org/10.35194/.v1i2.1657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

El-Ecosy : Jurnal Study Ekonomi Syariah INDEXED BY :

     

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.