PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KANTOR POS SINDANGLAYA CIPANAS

Sirojudin Siroj, Desti Nurwidiawati, Asrti Mailani, Rizki Alyan Syachwaldi, Agus Irawan, M. Yusuf Nurohman, Sandi Aditya

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada kantor pos Sindanglaya. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang menggunakan jasa pelayanan pengiriman barang di kantor pos Sindanglaya Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkn bahwa variabel kualitas pelayanan memiliki t hitung yang bernilai positif sebesar 0,5688 dengan taraf signifikansi 0,000 diatas signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian t hitung t tabel (5,688 > 1,984), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Pos Sindanglaya. Adapun persamaan analisis regresi linier sederhananya yaitu: Ŷ = 9,118 + 0,139X.

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the effect of service quality on customer satisfaction at the Sindanglaya post office. This type of research is field research with a quantitative approach. The population of this study were all customers of the Sindanglaya Post Office. The data collection technique used a questionnaire. The data analysis technique used simple linear regression analysis. The population in this study were all customers who used the delivery service at the Sindanglaya post office. Samples taken were 100 respondents. The results of this study indicate that the service quality variable has a positive t count of 0.5688 with a significance level of 0.000 above the significance of 0.05 (0.000 <0.05). Thus t count t table (5.688> 1.984), then H0 is rejected and Ha is accepted. So it can be stated that Service Quality has a significant influence on Customer Satisfaction at PT. POS. Sindanglaya. Simple linear regression analysis Ŷ = 9,118 + 0,139X.


Keywords


Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pelanggan; Kantor Pos; Regresi Linear Sederhana; Service Quality; Customer Satisfaction; Post Office; Simple Linear Regression

Full Text:

PDF

References


Abdul Halim Hanafi. (2011). Metode Penelitian Bahasa: untuk Penelitian Tesis dan Disertasi. Diadit Media.

Affandi, H., Zaki, M., Magister, M., Sipil, T., Teknik, F., Kuala, U. S., Sipil, M. T., Teknik, F., Kuala, U. S., Sipil, J. T., Teknik, F., & Kuala, U. S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Tirta Mon Pase Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Teknik Sipil, 6(3), 297–308.

Arief. (2010). Pemasaran Jasa dan Kualitas Jasa. Bayumedia.

Elis Ratna Wulan & Uus Ahmad Husaeni. (2015). Analysis of the Variables that Affect Bookstore Customer Satisfaction. International Journal of Nusantara Islam, 3(2), 27–36. https://doi.org/10.15575/ijni.v3i2.484

Fandy Tjiptono. (2010). Manajemen Jasa. Andi.

Husein Umar. (2010). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama.

Lubis, A. S., & Andayani, N. R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Sucofindo Batam. Journal of Applied Business Administration, 1(2), 232–243. https://doi.org/10.30871/jaba.v1i2.619

Made, N., Sulistyawati, A., & Seminari, N. K. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Indus Ubud Gianyar. 4(8), 2318–2332.

Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265. https://doi.org/10.19166/derema.v11i2.197

Philip Kotler & Kevin Lane Keller. (2011). Manajemen Pemasaran (12th ed.).

Ririn Triratna Sari & Mastuti Aksa. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Ghalia Indonesia.

Rohaeni & Marwa, N. (2018). Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ecodemica, 20(2), 241–258.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Alphabeta.

Tjiptono & Diana. (2010). Strategi Pemasaran (2nd ed.). Andi.




DOI: https://doi.org/10.35194/eeki.v1i1.1134

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

El-Ecosy : Jurnal Study Ekonomi Syariah INDEXED BY :

     

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.