Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Dengan Model "Picture and Picture"

Siti Aminah

Abstract


Artikel ini akan membahas tentang pembelajaran menulis teks prosedur dengan model pembelajaran picture and picture. Materi teks prosedur yang digunakan adalah tentang pencak silat Cimande. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks prosedur, materi pencak silat Cimande, dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dikategorikan dengan baik. Terbukti pada kemampuan siswa atau nilai rata-rata siswa dalam proses pembelajaran tersbut sudah mencapai KKM 75,00%. Nilai yang diperoleh siswa mulai dari yang terendah 20 sampai nilai tertinggi yaitu 90.  Hasil angket menunjukkan bahwa pada umumnya respon siswa positif terhadap penggunaan model pembelajaran picture and picture tersebut dan sementara pada materi pencak silat Cimande pada umumnya respon siswa kurang baik.

Kata kunci: teks prosedur, silat Cimande, model picture and picture

This article will discuss about learning to write procedure texts with a picture and picture learning model. The procedure text material used was about pencak silat Cimande. The research method used is descriptive qualitative. The results of this study indicate that learning to write procedure text, Cimande pencak silat material, using the picture and picture learning model is well categorized. Evidenced by the ability of students or the average value of students in the learning process has reached 75.00% KKM. The scores obtained by students ranging from the lowest 20 to the highest value is 90. The results of the questionnaire showed that in general the students' responses were positive towards the use of the picture and picture learning model and while in Cimande pencak silat material students generally responded poorly.

Keywords: procedure text, Cimande silat, model picture and picture


Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. 2013. Kurukulum dan Pembelajran. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Keraf, Gorys. 1999. Pendidikan bahasa Indonesia 2. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Mulyana. 2013. Pendidikan Pencak Silat: Membangun Jati Diri Dan Karakter Bangsa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, H.G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tn. 29 September 2016. Pengertian, Ciri Umum, Struktur, Kebahasaan Teks Prosedur. [online]. Tersedia: http://www.inirumahpintar.com-2016/09-pengertian teks prosedur. html.




DOI: https://doi.org/10.35194/jd.v3i1.999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by: