Peningkatan Kreativitas Mahasiswa dalam Menulis Puisi Melalui Teknik Satu Peristiwa Satu Karya

Iis Ristiani

Abstract


Artikel ini akan membahas penerapan cara untuk menggali gagasan, ide, pikiran, atau perasaan yang ada pada mahasiswa melalui kreativitas menulis puisi dengan teknik satu peristiwa satu karya (KMP-SPSK). Teknik diujicobakan dengan metode penelitian eksperimen semu pada mahasiswa Semester Tiga. Adapun teknik penelitian yang digunakan adalah tes dan angket. Target yang diharapkan dari penelitian ini adalah terwujudnya kreativitas mahasiswa dengan optimalisasi peningkatan kemampuan berpuisi melalui teknik SPSK. Oleh karena itu, luaran yang diharapkan adalah setiap mahasiswa memiliki kumpulan atau antologi puisi karya masing-masing. Semua kegiatan dilaksanakan untuk menjawab permasalahan keefektifan penggunaan teknik SPSK dalam peninghklatan kemampuan mahasiswa menulis puisi.

Kata kunci: kreativitas, satu peristiwa satu karya, puisi.

This article will discuss the application of ways to explore ideas, ideas, thoughts, or feelings that exist in students through the poetry writing creativity with the one-event one-work technique (KMP-SPSK). The technique was tested using quasi-experimental research methods on students in Semester Three. The research techniques used are tests and questionnaires. The expected target of this research is the realization of student creativity by optimizing the ability to poetry through the SPSK technique. Therefore, the expected outcome is that each student has a collection or anthology of their own poetry. All activities were carried out to address the issue of the effective use of the SPSK technique in improving students' ability to write poetry.

Keywords: creativity, one event, one work, poetry.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama

Hernowo. 2003. Quantum Writing. Bandung: Mizan.

Lie. Anita. 2004. Cooperative Learning. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Editor Diane Novita. Jakarta: Grasindo.

Munandar, Utami. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Wahyuni, Sri dan Abdul Syukur Ibrahim. 2013. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Berkarakter. Bandung: Refika Aditama.




DOI: https://doi.org/10.35194/jd.v3i1.998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.