Pemanfaatan Puisi Karya Murid Sekolah Dasar sebagai Bahan Ajar

Lina Tarlina

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat belajar siswa SD Negeri Sayang 4 Cianjur pada pembelajaran menulis puisi dan untuk mengetahui pemanfaatan hasil karya puisi anak-anak Sekolah Dasar Negeri Sayang 4 Cianjur untuk dijadikan model bahan pembelajaran menulis puisi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui model pembelajaran menulis puisi dengan tema yang kebanyakan diambil oleh siswa yakni mengagumi alam bahwa siswa lebih menyukai keadaan diluar kelas. Oleh karena itu,  hasil analisis yang dilakukan peneliti terhadap karya puisi siswa kelas V tersebut dijadikan bahan pemilihan metode pembelajaran dalam menulis puisi yakni pengamatan objek langsung. Dengan pengamatan objek langsung siswa tidak hanya membayangkan apa yang akan mereka tuangkan dalam puisinya, namun juga mengamati secara langsung objek yang akan dijadikan puisi oleh siswa. Sehingga karya siswa dalam menulis puisi akan semakin memenuhi struktur batin maupun fisik.

Kata kunci: puisi, bahan ajar, objek langsung

This article aims to describe the learning interests of students of SD Negeri Sayang 4 Cianjur in learning to write poetry and to find out the use of the works of poetry by students of Sayang 4 Cianjur State Elementary School to be used as a model for learning to write poetry. Based on the results of the study, it is known that the learning model of writing poetry with themes mostly taken by students is admiring nature that students prefer circumstances outside the classroom. Therefore, the results of the analysis conducted by researchers on the work of the fifth grade students' poems were used as material for the selection of learning methods in writing poetry namely direct object observation. By observing objects directly students not only imagine what they will pour in their poetry, but also directly observe objects that will be used as poetry by students. So that students' work in writing poetry will increasingly fulfill the inner and physical structure.

Keywords: poetry, teaching materials, direct objects


Full Text:

PDF

References


A, Suminto, S. (2000). Berkenalan dengan prosa fiksi. Yogyakarta : Gama Media

A, Teeuw. (1984). Sastra dan ilmu sastra : Pengantar Teori Sastra, Jakarta : Dunia Pustaka Jaya

Akhadiah, S. (1996). Pembinaan kemampuan menulis puisi bahasa Indonesia. Jakarta : PT. Gelora Aksara Permata.

Aminuddin, (1988). Semantik, pengantar studi tentang makna. Bandung : CV Sinar Baru

Bambang, H. (2005). Strategi manajemen. Jakarta : Bayumedia Publishing.

Emzir. (2015). Teori dan pengajar sastra. Bandung :PT Raja Grafindo Persada

Huda, M. (2014). Model-Model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Isah, C. 2009. Pembelajaran bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam DEPAG RI

Jassin, H. B. (1966). Angkatan 99 prosa dan puisi. Jakarta : Gunung Agung

Jauhari, H. (2010). Panduan penulisan skripsi teori dan aplikasi. Bandung : Putaka Setia.

Kurniasih dan Sani.(2015). Model pembelajaran. Yogyakarta : Kata Pena

Kokom, K. (2011). Pembelajaran kontekstual : konsep dan aplikasi. Bandung : Refika Aditama.

Kountur, R. (2005). Model penelitian untuk penulisan skripsi dan tesis. Jakarta : Manajemen PPM

Luxemburg, J.V, dkk. (1992). Pengantar ilmu sastra (terjemahan Dick Hartolo). Jakarta : Gramedia

Nawawi, H.(2000). Metodologi penelitian bidang sosial. Yogyakarta : Gdjah Mada University Press.

Nurgiyantoro,B. (2006). Penilaian pembelajaran bahasa berbasis kompetensi. Yogyakarta : BPFE.

Pranopo, R D. (2013). Beberapa teori sastra, metode kritik dan penerapannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset.

Prasetyo, B. (2006). Metode penelitian kuantitatif : teori dan aplikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Rusman. (2011). Model – model pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Rusyana, Y. (1984). Bahasa dan sastra dalam gamitan pendidikan : himpunan bahasa. Bandung : Diponegoro

Sayuti, A. S. (2008). Apresiasi prosa fiksi: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Shoimin, A. (2009). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Situmorang.(1983). Puisidan metodologi pengajarannya. EndeFlores :Nusa Indah.

Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Sudjiman, P. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&G. Bandung : Alfabeta

Sugiono.(2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&G. Bandung :Alfabeta

Suharsimi, A. (2013). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Sumardjo, J dan Saini K.M (1988). Apresiasi kesusastraan. Jakarta : Gramedia.

Suyatno. (2004). Teknik pembelajaran bahasa dan sastra berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi. Surabaya : SIC

Tarigan, H G. (2005). Menulis : sebagai keterampilan berbahasa. Bandung : Angkasa.

Tjahjono, L T. (1988). Sastra indonesia : pengantar teori dan apresiasi. Ende : Nusa Indah

Trianto. (2009). Model pembelajaran terpadu. Jakarta : Bumi Aksara

Uno, B. H. Model pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Waluyo, H J. (1995). Teori dan apresiasi puisi. Jakarta : Erlangga.

Wellek, R dan Warren, A.(1989). Teori kesusastraan. Jakarta : PT. Gramedia.

Wicaksono, A. (2014). Menulis kreatif sastra : dan Beberapa Model Pembelajaran. Yogyakarta : Garudhawaca




DOI: https://doi.org/10.35194/jd.v3i1.997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.