Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Pemanfaatan Lingkungan Sekolah
Abstract
Permasalahan yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu pengalaman empiris menunjukkan bahwakemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 4 Karangtengah Kabupaten Cianjur pada tahun pelajaran 2016/2017 dalam menulis karangan deskripsi, masih rendah yakni mencapai nilai rata-rata 65, sedangkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Artikel ini akan mendeskripsikan proses dan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi dengan memanfaatkan media lingkungan sekolah. Siswa yang dijadikan populasi penelitian yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 4 Karangtengah Cianjur berjumlah tiga kelas yakni 100 orang, sedangkan sampelnya kelas VII-A dan VII-B berjumlah 50 orang. Metode penelitian yaitu eksperimen semu, sedangkan teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan angket. Pengolahan data dilakukan secara kuantitatif skala seratus dengan prangkat lunak Minitab 14 statistik uji-t. Hasil pengolahan data diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan memanfaatkan lingkungan sekolah diketahui nilai rata-rata 70,31 dan setelah pembelajaran yaitu 86,40. Pembelajaran menulis karangan desripsi tanpa memanfaatkan lingkungan sekolah, sebelum pembelajaran diperoleh rata-rata 69,56 dan setelah pembelajaran diketahui nilai rata-rata 76,44. Sehubungan dengan hal tersebut, terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi antara pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sekolah dengan tanpa lingkungan sekolah. Hasil pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekolah jauh lebih tinggi daripada tanpa memanfaatkan lingkungan sekolah.
Kata kunci : kemampuan, Â menulis, karangan deskripsi, lingkungan sekolah.
The problem that becomes the background of this research is the empirical experience showing that the ability of Grade VII students of SMP Negeri 4 Karangtengah, Cianjur Regency in the 2016/2017 academic year in writing description essays, is still low, reaching an average value of 65, while the Minimum Mastery Criteria (KKM), namely 70. This article will describe the process and improvement of students' ability to write descriptive essays by utilizing the school environment media. Students who were used as the population of the study were eighth grade students of SMP Negeri 4 Karangtengah Cianjur, with three classes consisting of 100 people, while the sample consisted of class VII-A and VII-B totaling 50 people. The research method is quasi-experimental, while data collection techniques are tests, observations, and questionnaires. Data processing is done in a hundred scale quantitative manner with the software Minitab 14 t-test statistics. The results of data processing concluded that learning to write descriptive essays by utilizing the school environment is known to be an average value of 70.31 and after learning is 86.40. Learning to write descriptive essays without utilizing the school environment, before learning is obtained an average of 69.56 and after learning the average value of 76.44 is known. In this regard, there are significant differences in the ability of students to write descriptive essays between learning that utilizes the school environment and without the school environment. Learning outcomes by utilizing the school environment are much higher than without utilizing the school environment.
Keywords: ability, writing, description essay, school environment.
Full Text:
PDFReferences
Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.
Ali, Muhammad. 2005. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.
______. 2008. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Algensindo Ofset
Djibran, Fahd. 2008. Writing is Yogyakarta: Juxtapose.
Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Keraf, Gorys. 2012. Eksposisi dan Deskripsi. Flores: Nusa Indah.
Parera, Jos Daniel. 2010. Menulis Tertib dan Sistematik. Jakarta: Erlangga.
Purwanto, Ngalim. 2010. Ilmu Pendidikan Teoretis Dan Praktis. Bandung: Remadja Rosdakarya.
Rasyid, Harun dan Mansur. 2008. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana. Prima.
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suparno, Yunus Muhamad. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
DOI: https://doi.org/10.35194/jd.v2i2.985
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.