Peningkatan Prestasi Siswa dalam Mengidentifikasi Teks Deskripsi dengan Metode Discovery
Abstract
Tujuan Penelitian Tindakan kelas ini untuk mendeskripsikan pembelajaran kontekstual fokus Discovery dalam meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teksdeskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah).Pada siklus I ini rata-rata pencapaian siswa dalam belajar baru mencapai nilai 76.43dari 21 siswa. Tingkat ketuntasan pembelajaran di kelas hanya mencapai 66,67%, padahal standar yang dipersyaratkan adalah 85%. Hasil pengamatan yang dilakukan observer menunjukkan beberapa fakta pengelolaan pembelajaran yang belum maksimal, terutama dalam pelayanan kelompok siswa yang kurang merata. Hal ini disebabkan oleh jumlah kelompok belajar di kelas yang relatif banyak, yakni 5 kelompok.Dengan demikian, pembelajaran kompetensi dasarmenelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teksdeskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca masih belum mencapai tingkat yang diharapkan sehingga diperlukan perlakuan tindakan pada siklus II.
Kata kunci: prestasi siswa, teks deskripsi, Discovery
Research Objectives this class action is to describe the contextual learning of Discovery's focus in improving the ability to study the structure and linguistic elements of the description text about objects (schools, tourist attractions, historic sites, or the atmosphere of local performing arts). In this first cycle, the average student achievement in learning only reached a value of 76.43 out of 21 students. The level of mastery learning in class only reaches 66.67%, whereas the required standard is 85%. The observations made by the observer show some facts of learning management that have not been maximized, especially in the uneven service of student groups. This is caused by the relatively large number of study groups in the class, which is 5 groups. Thus, learning basic competence examines the structure and linguistic elements of the text description of objects (schools, tourist attractions, historical places or the atmosphere of local art performances) that are heard and read still not reaching the level expected so that action treatment is needed in cycle II.
Keywords: student achievement, description text, Discovery
Full Text:
PDFReferences
Abdul Rani, Bustanul Arifin, dan Martutik. 2006. Analisis Wacana: Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaian. Malang: Bayumedia Publishing.
Amiruddin Aliah. 2009. “Menulis Deskriptifâ€. Dalam amiruddinaliah. blogspot.com/2009/01/menulis-deskriptif.html. Diakses pada tanggal 27 November2009 pukul 08.00.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar. 2015. Indikator Sekolah Berdasarkan StandarNasional Pendidikan (Sekolah Menengah Pertama). Jakarta:Kementerian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan.
Gerot, Linda dan Peter Wignell. 1995. Making Sense of Functional Grammar. Australia: Gerd Stabler Antipodean Educational Enterprises
Jakarta:Kementerian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan. Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia : buku guru/ Kementerian
Nurudin. 2010. Dasar-dasar Penulisan. Malang: UMM Press.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/ MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Guru Bahasa Indonesia
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Bahasa Indonesia: Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
Taringan H. Guntur 2008.Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa. Bandung.
Suherman, dkk. (2001). Common TexBook Strategi Pembelajaran Matematika
Wikipedia. 2009b. â€Karanganâ€. Dalam id.wikipedia.org/wiki/Karangan. Diaksespada tanggal 25 November 2009 pukul 20.13.
DOI: https://doi.org/10.35194/jd.v2i2.984
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.