Tema dan Nilai Moral dalam Cerita Pendek Terbaik "Kompas" Periode Tahun 2000-2017 Serta Pemanfaatan untuk Bahan Ajar

Nurjatnika Nurjatnika

Abstract


Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan tema dan nilai moral dalam cerita pendek terbaik Kompas Periode tahun 2000-2017 serta pemanfaatannya untuk menyusun bahan ajara dengan dukung WhatsApp. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian dilakukan penafsiran dan dikategorikan. Berdasarkan hasil penganalisisan, cerita pendek terbaik Kompas, memiliki tema yang bervariasi, tetapi dapat ditarik kesimpulan tema-tema cenderung tentang ketuhanan dan kemanusiaan, sindiran terhadap keadaan sekitar baik sosial, budaya, politik, atau lingkungan. Pada nilai moral sesuai yang diteliti, adalah nilai moral baik dan nilai moral buruk. Nilai moral baik didominasi oleh nilai moral, ‘amanah’ dan ‘kasih sayang’. Sedangkan nilai moral buruk, didominasi oleh nilai moral, ‘menurutkan hawa nafsu’. Dengan demikian hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk menyusun bahan ajar apresiasi sastra di sekolah dengan dukungan WhatsApp.

Kata kunci: tema, nilai moral, cerita pendek, bahan ajar, dan WhastApp..

This study intends to describe the themes and moral values in the best short stories Kompas Period 2000-2017 and their use to compile teaching materials by supporting WhatsApp. The method used in this research is descriptive qualitative method. In this study, interpretation is made and categorized. Based on the results of the analysis, Kompas' best short story has varied themes, but it can be concluded that themes tend to be about God and humanity, allusions to circumstances surrounding both social, cultural, political, or environmental. On the moral values as investigated, are good moral values and bad moral values. Good moral values are dominated by moral values, 'mandate' and 'compassion'. While bad moral values, dominated by moral values, 'according to lust'. Thus it can be used to compile literary appreciation teaching materials in schools with the support of WhatsApp.

Keywords: themes, moral values, short stories, teaching materials, and WhastApp


Keywords


Tema; Nilai Moral; Cerita Pendek; Bahan Ajar; dan Media WhastApp

References


Ajidarma, Seno Gumira. 2007. “Cinta di Atas Perahu Cadikâ€. [online]. Tersedia:https://www.lokerseni.web.id/2011/11/cerpen-cinta-diatas-perahu-cadik.html?m+1. Diakses pada [31 Agustus 2018].

-----------------------------------. 2010. Dodolit Dodolit Dodolitbret Cerpen Pilihan Kompas 2010. Jakarta: Kompas.

Aleida, Martin. 2016. “Tanah Air†[online]. Tersedia:https://www.google.co.id/amp/s/lakonhidup.com/2016/06/19/tanah-air/amp/. Diakses pada [31 Agustus 2018].

Alwi, Hasan dkk. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta : Balai Pustaka.

Amal, Nukila. 2008. “Smokolâ€. [online]. Tersedia:amal/https://cerpenkompas.wordpress.com/tag/nukila-amal/.Diakses pada [31 Agustus 2018].

Aminuddin. 2000. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Tindakan Praktis. Jakarta : Rineka Cipta.

Astika. 2018. “Pemanfaatan WhatsApp sebagai Forum Diskusi dan Penyebaran Materi Pembelajaran Pada Mahasiswa†[online]. Tersedia:https://www.google.com/amp/s/offeringkaduapsip.wordpress.com/2017/10/27/pemanfaatan-whatsapp-sebagai-forum-diskusi-dan-penyebaran-materi-pembelajaran-pada-mahasiswa/amp/.Diakses pada [20 Januari 2019]

Darmadi, Hamid. 2012. Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta.

Armand, Avianti. 2009. “Pada Suatu Hari Ada Ibu dan Radianâ€. Tersedia: https://www.google.co.id/amp/s/cerpenkompas.wordpress.com. Diakses pada [Agustus 2018].

Ayu, Djenar Maesa. 2003. “Waktu Naylaâ€. [online]. Tersedia:https://cerpenkompas.wordpress.com.Diakses pada [04 Agustus 2018].

Busye, Motinggo. 2000. “Dua Tengkorak Kepalaâ€. [online]. Tersedia:https://cerpenkompas.wordpress.com.Diakses pada [04 Agustus 2018].

Dahana, Radhar Panca. 2004. “Sepi pun Menari di Tepi Hariâ€. [online]. Tersedia:https://cerpenkompas.wordpress.com. Diakses pada [04 Agustus 2018].

Danarto. 2002. Jejak Tanah Cerpen Pilihan Kompas 2002. Jakarta : Kompas.

Darma, Budi. 2001. “Mata yang Indahâ€. [online]. Tersedia:https://wwww.ziddu.com/download/13654569/MataYangIndah.docx.html.Diakses pada [05 Agustus 2018].

-----------------------. 2012. “Laki-laki Pemanggul Goniâ€. [online]. Tersedia:https://cerpenkompas.wordpress.com.Diakses pada [04 Agustus 2018].

Djojosuroto, Kinayati. 2006. Analisis Teks Sastra dan Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka.

Kaelan. 2000. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Kosasih, E. 2013. Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan Cermat Berbahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Krisma, Richa. 2014. Pengembangan Bahan Ajar. [online]. Tersedia: https://pengembanganbahanjar.blogspot.com/2014/07/pemilihan-bahan-ajar.html/?m=1. Diakses pada [10 Maret 2019].

Lalak, Andi. 2017. “Manfaat WhatsApp dalam meningkatkan Motivasi Belajar Siswa†[online]. Tersedia: http://guraru.org/guru-berbagi/manfaat-whatsapp-dalam-meningkatkan-motivasi-belajar-siswa//.Diakses pada [20 Januari 2019].

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Kuntowijoyo.2005. “Jl.Asmarandanaâ€. [online]. Tersedia: https://cerpenkompas.wordpress.com. Diakses pada [04 Agustus 2018].

Masyari, Muna. 2017. “Kasur Tanahâ€. [online]. Tersedia:https://www.google.co.id/amp/s/lakonhidup.com/2017/09/17/kasur-tanah/amp/.Diakses pada [31 Agustus 2018].

Nugroho, Yanusa. 2011. Dari Selawat Dedaunan. [online]. Tersedia: https://cerpenkompas.wordpress.com. Diakses pada [04 Agustus 2018].

Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa: Berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

-------------------------------. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Oddang, Faisal. 2014. “Di Tubuh Tarra dalam Rahim Pohonâ€. Tersedia: https://www.google.co.id/amp/s/lakonhidup.com/2014/05/04/di-tubuh-tarra-dalam-rahim-pohon/amp. Diakses pada [31 Agustus 2018].

Paramadita, Intan. 2013. “Klub Solidaritas Suami Hilangâ€. Tersedia: https://id.klipingsastra.com. Diakses pada [31 Agustus 2018].

Rahmanto, B. 2000. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: kanisius.

Ristiani, Iis. 2017. Kajian dan Apresiasi Puisi dan Prosa. Cianjur: UNSUR Press.

Salam, Burhanuddin. 2000. Etika Individual Pola Dasar Filsafat Moral. Bandung: Rineka Cipta.

Santoso, Agus. 2014. Hukum, Moral dan Keadilan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Semi, Atar. 1993. Rancangan Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: Angkasa.

---------------.2012. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Susilana, Rudi. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Suyatna. 1981. Beberapa Petunjuk Menulis Cerita Pendek. Bandung: Mitra Kencana

-----------. 2001. Metode Penelitian Bahasa. Surakarta: UNS Press.

Sumardjo, Jakob. 2004. Seluk-beluk dan Petunjuk Menulis Cerita Pendek. Bandung: Pustaka Latifah.

Tohari, Ahmad. 2015. “Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta?â€. Tersedia: www. klipingsastra.com/ID. Diakses pada [ Agustus 2018].

Ugoran Prasad. 2006. “Ripinâ€. [online].Tersedia: https://belajardaricerpenpilihan.blogspot.com/2011/12/ripin.html?m=1. Diakses pada [31 Agustus 2018].




DOI: https://doi.org/10.35194/jd.v2i1.678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.