Penggunaan "Contexual Teaching and Learning" dalam Pembelajaran Menulis Teks Puisi

Evi Susilowati

Abstract


Artikel ini akan mendeskripsikan prroses pembelajaran menulis puisi dengan mengkaji perbedaan kemampuan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam pembelajaran menulis teks puisi  dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas X  SMAN 1 Cikembar. Penelitian menggunakan eksperimen quasi dengan desain kelompok kontrol yang non-ekuivalen (Nonequivalent Control Group Design) dengan membandingkan perbedaan antara dua model, yaitu dengan menggunakan uji beda. Yang dijadikan variabel adalah hasil belajar siswa. Adapun indikator dari kedua variabel tersebut adalah nilai tes pada materi menulis teks puisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran CTL efektif digunakan pada pembelajaran menulis teks puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Cikembar Sukabumi tahun pelajaran 2018/2019 didasarkan pada uji perbedaan rata-rata gain ternormalisasi yang lebih tinggi pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan menulis teks puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Cikembar merupakan pengaruh penerapan model CTL.

Kata kunci: CTL, menulis puisi, dan karakter.

This article will describe the process of learning to write poetry by examining the differences in the abilities of experimental and control class students in learning to write poetry texts by using the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model in class X students of SMAN 1 Cikembar. The study used a quasi experiment with a non-equivalent control group design by comparing the differences between the two models, namely by using a different test. The variables used are student learning outcomes. The indicators of the two variables are the test scores on the material writing poetry texts. The results showed that the CTL learning model was effectively used in learning to write poetry texts in class X students of SMA Negeri 1 Cikembar Sukabumi in the 2018/2019 academic year based on the difference test of the normalized gain that was higher in the experimental class showing that the improvement in writing poetry text skills in class X students of SMA Negeri 1 Cikembar is the effect of applying the CTL model.

Keywords: CTL, writing poetry, and characters.


Keywords


CTL; Menulis Teks Puisi; dan Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Aminudin. 2002. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru

Algesindo.

Amir. 2007. Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah. Penerbit : UPT Penerbitan dan Percetakan UNS.

Akhadiah, Subarti. dkk. 1992. Bahasa Indonesia I. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Tenaga Kependidikan.

Alwasilah, A.Chaedar. 2009. Contextual Teaching & Learning. Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia: MLC.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran.

Yogjakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana

Indonesia.

Hairuddin, dkk. 2007 Pembelajaran Bahasa Indonesia. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Hamalik, Oemar. 1999. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Starategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2015. Strategi Pembelajaran Bahasa.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jabrohim. 2001. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CV. Hanindita

Graha Widya.

Johnson, E.B. 2010. Contextual Teaching and Learning. Bandung. Kaifa.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2005. Depdiknas. Jakarta.

Keraf, Gorys. 2010. Argumentasi dan Narasi: Komposisi Lanjutan III. Jakarta :

PT. Gramedia.

Pradopo, Rahmat Djoko. 2002. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada

Press.

Sayuti, Sumiyanto. A. 2002. Berkenalan dengan Puisi. Surakarta: Widya Duta.

Shoimin, A. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Slamet dan Suwarto WA. 2007. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit : UPT Penerbitan dan Percetakan UNS.

Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta

Suharianto, S. 2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.

Suharsini, Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas : Jakarta: Bumi Aksara.

Waluyo, Herman J. 2000. Teori dan Apresiasi Puisi Jakarta : Erlangga.

. 2000 Teori dan Apresiasi Puisi. Universitas Sebelas Maret Surakarta: Erlangga.

Wati, Elia. 2008. Terampil Menulis. Sinar Grafika: Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.35194/jd.v2i1.676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.