Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Ulasan Melalui Metode Membaca SQ3R pada Buku FiksiPembelajaran Menulis Teks Ulasan Dengan SQ3R

Sri Wahyu Kurniawati

Abstract


Artikel ini akan mendeskripsikan pembelajaran menulis teks ulasan dengan menggunakan SQ3R dan memaparkan bagaimana kemampuan menulis teks ulasan peserta didik kelas VIII SMPN 1 Warungkiara sebelum dan setelah menggunakan SQ3R. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Sampel penelitian kelas kontrol berjumlah 36 orang dan kelas eksperimen berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan angket. Setelah dilakukan penelitian diketahui bahwa metode membaca SQ3R cukup efektif meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis teks ulasan dari nilai rata-rata 42,75 menjadi 75,81. Keefektifan model membaca SQ3R dibuktikan dengan uji hipotesis terhadap data hasil taraf signifikansi 0,05 dan diperoleh hasil bahwa Berdasarkan data diketahui nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis teks ulasan peserta didik dengan metode membaca SQ3R. Dengan menggunakan metode membaca SQ3R, dapat meningkatkan peserta didik menulis teks ulasan. Apakah metode membaca SQ3R dapat dilakukan pada teks lainnya? Hal ini dapat menjadikan bahan pertimbangan untuk peneliti lain.

Kata kunci: menulis, teks ulasan, membaca, SQ3R.

This article will describe learning to write review texts using SQ3R and explain how the ability to write text reviews for grade VIII students at SMP Negeri 1 Warungkiara before and after using SQ3R. The method used in this research is quasi-experimental. The control class research sample was 36 people and the experimental class was 36 people. Data collection techniques through tests, observations, and questionnaires. After conducting research it is known that the SQ3R reading method is quite effective in increasing the ability of students in writing review texts from an average value of 42.75 to 75.81. The effectiveness of the SQ3R reading model is proven by the hypothesis test of the significance level of 0.05 results and the results show that based on the data the sig value is known. (2-tailed) is 000 <0.05, then H0 is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that there is an increase in the ability to write text reviews of students with the SQ3R reading method. By using the SQ3R reading method, students can improve writing review texts. Can the SQ3R method be read in other texts? This can be taken into consideration for other researchers.

Keywords: writing, review text, SQ3R, reading.


Keywords


menulis; teks ulasan; metode membaca SQ3R

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Cipta.

Hatami, Chaerul. 2011. “Pengertian Membaca Menurut Beberapa html.â€[online]. Tersedia: https://www. Chaerulhatami Blogspot.com/2011/07/. Pengertian Membaca Menurut Beberapa Ahli. Diakses pada [30 Agustus 2018].

Rahmanto, Arif. 2008. Antologi Esai. Jakarta Kemendikbud.

Sayuti, Sumantana A. 2007. Pengembangan Model Pembinaan Menulis Karya Sastra bagi Anak dan Remaja. Yogyakarta: UNY.

Suparno & Yunus, M. 2011. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tampubolon, D.P. 1987. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisie., Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca sebagai suatu keterampilan bahasa. Bandung : Percetakan Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa




DOI: https://doi.org/10.35194/jd.v2i1.675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.