Stilistika Lirik Lagu Vokalis Tulus dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Pembelajaran Apresiasi Puisi

Tuti Retno Susanti

Abstract


Artikel ini  dilatarbelakangi kurangnya minat siswa pada pembelajaran apresiasi puisi.Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas unsur-unsur stilistika yang terdapat pada lirik lagu vokalis Tulus dan pemanfaatannya sebagai bahan pembelajaran apresiasi puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.  Metode itu digunakan untuk menginterpretasikan enam jenis unsur yang terdapat pada kajian stilistika yaitu: bunyi, kata, sintaksis, bait, gaya bahasa dan citraan. Metode deskriptif ini memfokuskan pada teks sebagai objek. Teks lirik lagu digunakan sebagai objek sebanyak 10 buah judul lirik lagu. Lirik lagu diseleksi berdasarkan kriteria bahwa lirik tersebut dapat dipergunakan sebagai bahan ajar.Teknik analisis data dengan cara 1) mengurutkan sepuluh lirik lagu, 2). Menganalisis unsur stilistika, 3).menguji keabsahan data, 4) menyusun program pembelajaran dengan menggunakan lirik lagu, dan 5) menyimpulkan. Berdasarkan hasil analisis lirik lagu vokalis Tulus mengandung unsur-unsur stilistika, dan  memiliki kemiripan dengan puisi, sehingga dapat dipergunakan sebagai alternatif bahan pembelajaran yang menarik minat siswa untuk mengapresiasi bahkan mengkreasi dan mencipta. Dengan menggunakan lirik lagu vokalis Tulus proses kegiatan pembelajaran apresiasi  menjadi lebih  kondusif dan hasil pembelajaran mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Kata kunci: stilistika, lirik, lagu, Tulus, bahan ajar, apresiasi puisi

This article is motivated by the lack of student interest in learning poetry appreciation. Therefore, this article will discuss the stylistic elements contained in the song lyrics of the vocalist Tulus and their use as learning materials for poetry appreciation. The method used in this research is descriptive method with a qualitative approach. The method is used to interpret the six types of elements found in stylistic studies, namely: sound, words, syntax, stanzas, language style and images. This descriptive method focuses on text as an object. Song lyric text is used as many as 10 pieces of song lyrics. Song lyrics are selected based on the criteria that the lyrics can be used as teaching material. Data analysis techniques by means of 1) sorting ten song lyrics, 2). Analyzing the elements of stylistics, 3). Testing the validity of the data, 4) compiling a learning program using song lyrics, and 5) concluding. Based on the results of the analysis of the song lyrics of the vocalist, Tulus contains stylistic elements, and has similarities with poetry, so that it can be used as an alternative learning material that interests students to appreciate and even create and create. By using the song lyrics of the vocalist Tulus, the process of appreciation learning becomes more conducive and the learning outcomes experience a very significant increase.

Keywords: stylistics, lyrics, songs, Tulus, teaching materials, appreciation of poetry


Keywords


kajian stilistika; lirik lagu; vokalis Tulus; bahan ajar; apresiasi puisi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1991 Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI. Jakarta : Balai Pustaka.

Emzir dan Saifur Rohman. 2015. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta : PT Raja grafindo Persada.

Kurikulum 2013 Mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Nurgiantoro, Burhan. 1994. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

_____. 2014. Stilistika . Yogyakarta : Gajah Mada University Press

Pradopo, Rahmat Djoko. 2010. Pengkajian Puisi (Analisis Strata Norma dan Analisis Struktural Semiotik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Pers.

Rahmanto.B. 1998. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Ratna, Nyoman Kutha. 2013. Stilistika Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Semi, M Atar. 2012. Metode Penelitian Sastra. Bandung :Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur.2013. Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa




DOI: https://doi.org/10.35194/jd.v1i2.579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.