Nilai Pendidikan dalam Drama "Tragedi Neng-Nong" Karya M. Udaya Syamsuddin

Ikhsan Abdul Aziz

Abstract


Every literary work, including drama, generally expresses noble values that are beneficial for readers and audiences. Values in literary works are sometimes referred to as mandates. Thus, in the drama script there are educational values that need to be studied. The method used in the research is descriptive qualitative. Research findings show that the drama "Neng-Nong" by M. Udaya Syamsuddin is a tragedy drama with many sad stories in it. Then, there are eight educational values found in the four acts of the drama. The eight values of education include giving advice, positive thinking, sincerity, the learning process, reading books, don't watch television too often, don't be like a peanut that forgets its shell, and the importance of realizing mistakes. These values are important for Indonesian students to learn and apply in their daily lives in order to become individuals with more character.

 

Keywords: drama; education; tragedy

 

ABSTRAK

Setiap karya sastra, termasuk drama umumnya mengungkapkan nilai-nilai luhur yang bermanfaat bagi pembaca dan penonton. Nilai dalam karya sastra ada kalanya disebut sebagai amanat. Dengan demikian, dalam naskah drama terdapat nilai-nilai pendidikan yang perlu ditelaah. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif.  Temuan penelitian menunjukkan bahwa drama “Neng-Nong” karya M. Udaya Syamsuddin termasuk drama tragedi dengan banyak kisa sedih di dalamnya. Kemudian, ada delapan nilai pendidikan yang ditemukan di dalam empat babak drama itu. Kedelapan nilai pendidikan itu addaalah tentang memberi nasihat, berpikir positif, ketulusan, proses belajar, membaca buku, jangan terlalu sering menonton televisi, jangan seperti kacang yang lupa kulitnya, dan pentingnya menyadari kesalahan. Nilai-nilai ini penting untuk dipelajari dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh para pelajar Indonesia agar menjadi pribadi yang lebih berkarakter.

Keywords: drama; pendidikan; tragedi

 


Keywords


drama; education; tragedy

Full Text:

PDF

References


Arisni & Icha. Buku Ajar Sastra Indonesia. Bandung: Indonesia Emas Group. 2022.

Dewi, Ni Putu Harum Kartika. Analisis Struktur dan Sosiologis Drama Mulih Karya I Nyoman Manda. E-Jurnal Humanis, Vol. 15.1 80-87. April 2016.

Liawati, Tri. Nasionalisme dalam Drama Tragedi Kereta Api Maut Karya Achmad Toha. SIROK BASTRA, Vol. 7 No. 1, Juni 2019: 97—106. 2019

Lisnawati, dkk. Drama “Lelakon Raden Bei Surio Retno” Karya F. Wiggers dalam Perspektif Pendekatan Struktural dan Pendekatan Sosiologis. Jurnal Metabasa Volume 1, Nomor 1, Juni 2019.

Haryati, Isti. Menelusuri Makna Drama Faust I Karya J. W. Von Goethe. LITERA, Volume 13, Nomor 1, April 2014.

Hikmawati, Fenti. Metodologi Penelitian. Depok: Raja Grafindo Persada. 2017.

Kosasih. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Penerbit Nobel Edumedia. 2008.

Kusumawati, Aning Ayu. Menengok Seni Teater Drama Umat Islam di Indonesia. Adabiyyat, Vol. 8, No. 2, Desember 2009.

Muda, Fabianus. Keterampilan Mengonversi Teks Cerpen Tragedi Di Meja Makan Menjadi Teks Drama Tragedi Dengan Strategi Stratta Siswa Kelas Xi Mia 4 Sma Negeri 11 Makassar. (Diambil dari http://eprints.unm.ac.id/13712/1/ARTIKEL. pdf, 16 Januari 2024)

Nugroho, Agung. Nilai Sosial dan Moralitas dalam Naskah Drama Janji Senja Karya Taofan Nalisaputra. Silampari Bisa: 216-230. Vol. 1, No. 2, 2018.

Octaviana, Dwi Warry. 2018. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Uhibbuka Fillah (Aku Mencintaimu Karena Allah) Karya Ririn Rahayu Astuti Ningrum: Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal KATA: Vol. 2, No. 2, Oktober 2018.

Sahir, Syafrida Hafni. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia. 2021.

Suroso. Drama: Teori dan Praktik Pementasan. Yogyakarta: Penerbit Elmatera. 2015.

Syamsuddin, M. Udaya. Neng-Nong. (dalam buku yang diterbitkan oleh Proyek Pengembangan Media Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan. Departemen Pendidikan Nasional RI tahun 2000). 1993.

Wicaksono, dkk. Naskah Drama Senja dengan Dua Kelelawar Karya Kridjomulyo: Kajian Psikologi Sastra dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Apresiasi Drama di Sekolah Menengah Atas. BASASTRA: Volume 6 Nomor 1, April 2018.




DOI: https://doi.org/10.35194/jd.v7i1.3984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.