Penerapan Model Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Menentukan Struktur Teks Eksposisi Siswa Kelas X

Rima Nur'aeni, Daud Pamungkas

Abstract


This article will describe the effect of using the Mind Mapping learning model on students' abilities in determining the structure of exposition texts in class X MAN 1 Cianjur. The research design used was the one-group pretest-posttest design. A sample of 36 students uses only one class. The instruments used are tests and non-tests, tests are in the form of pretest and posttest while non-tests are in the form of questionnaires or questionnaires. The data were processed with the help of JASP software version 17. The results showed that the students' ability to determine the structure of expository text was significantly different between the pre and post-test. The final result of the average score on the initial test is 6.38 and the final test is 8.80. Furthermore, after being processed using the Paired Sample T-Test (t-test), the P-Value (0.001) <0.05 and thus Ho was rejected, and Ha was accepted. This means that the mind mapping learning model has a significant effect on increasing the ability to determine the structure of exposition texts.

Keywords: exposition; mind mapping, text structure

ABSTRAK

Artikel  ini akan mendeskripsikan  pengaruh penggunaan model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan siswa dalam menentukan struktur teks eksposisi pada kelas X MAN 1 Cianjur. Disain penelitian yang digunakan yaitu one-group pretest-posttest design. Sampel sebanyak 36 siswa hanya menggunakan satu kelas. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan nontes, tes berupa pretest dan posttest sedangkan nontes berupa angket atau kuesioner. Data diolah dengan bantuan software JASP versi 17. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam menentukan struktur teks eksposisi berbeda secara signifikan antara pre dam post-test. Hasil akhir nilai rata-rata pada tes awal yaitu 6,38 dan tes akhir menjadi 8,80. Selanjutnya, setelah diolah menggunakan Uji Paired Sampel T-Test (uji-t), hasil  P-Value (0,001) < 0,05 dan dengan demikiaan Ho ditolak, dan  Ha diterima. Hal itu berarti bahwa model pembelajaran mind mapping berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan menentukan struktur teks eksposisi.

Kata kunci:  eksposisi; mind mapping, struktur teks

 


Keywords


exposition; mind mapping, text structure

Full Text:

PDF

References


Arsyidin, M. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Teks Eksposisi. Edited by F. Ariani, Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan, 2019.

Haida, Y. N., et al. “Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik.” Kajian Ilmu Administrasi, vol. 19, no. 1, 2022, pp. 60–77, doi:https://doi.org/10.21831/efisiensi.v19i1.46231.

Indah Wahyuni, V., and M. Bahak Udin Arifin. “Efektifitas Model Mind Mapping Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD/MI.” Pendidikan Dan Pembelajaran Sekoalh Dasar, vol. 6, no. 2, 2022, pp. 1–16.

Isodarus, P. B. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks.” Ilmiah Kebudayaan Sintesis, vol. 11, 2017, pp. 1–11.

Kosasih, E., and K. Endang. Jenis-Jenis Teks. Yrama Widya, 2019.

Luo, Jun. “Teaching Mode of Thinking Development Learning Based on Mind Mapping in the Course of Health Fitness Education.” International Journal of Emerging Technologies in Learning, vol. 14, no. 8, 2019, pp. 192–205, doi:10.3991/ijet.v14i07.10110.

Marrapodi, Jean. “Mind Mapping for Better Instructional Design.” Instructional Design, vol. May, no. May 2019, 2019, pp. 74–76, http://eds.b.ebscohost.com/eds/pdfviewer/pdfviewer?vid=1&sid=e71fcb38-aece-42a6-805a-6199c3025b9c%40pdc-v-sessmgr06.

Nawawi, H., and N. D. Qotimah. “Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Menentukan Struktur Teks Negosiasi.” Metalingua, vol. 2, 2020, pp. 1–6.

Nopalia, A. “Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Materi Pokok Nilai-Nilai Pancasila Kelas X-IPS4 SMAN 1 Duku Puntang.” Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, vol. 2, no. 3, 2022, pp. 137–41.

Nurroeni, Chusnul. “Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa.” Journal of Elementary Education, vol. 2, no. 1, 2013, pp. 54–60.

Pratami, F., et al. “(). Afiksasi Dalam Teks Prosedur Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas XI SMA/SMK Kurikulum 2013.” Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, vol. 2, no. 1, 2022, pp. 1–8.

Purtrayasa, Ida Bagus. “Pembelajaran Menulis Paragraf Deskripsi Berbasis Mind Mapping Pada Siswa Kelas VII SMP Laboratorium Undiksha.” Jurnal Pendidikan Indonesia, vol. 4, no. 2, 2015, https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/6060.

Rahayu, Ratri. “Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa Sd Melalui Penilaian Produk Pada Pembelajaran Mind Mapping.” Jurnal Konseling Gusjigang, vol. 2, no. 1, 2016, pp. 97–103, doi:10.24176/jkg.v2i1.562.

Retnowati, T. “Penerapan Model Pembelajaran Tipe Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Tentang Sistem Regulasi Di Kelas XI IPA C SMA Negeri 5 Bogor.” Jurnal Educate, vol. 3, no. 1, 2018.

Rusman. Model-Model Pembelajaran. Raja Grafindo Persada, 2008.

Sari, P., et al. “Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks Di SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah Kelas XI.” Ilmiah Korpus, vol. 3, 2019, pp. 1–9.

Sarumaha, M., et al. “Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, vol. 8, no. 3, 2022, p. 2045.

Sugiyono. Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Edited by Sutopo, Alfabeta, 2019.

Wheeldon, J. “Mapping Mixed Methods Research: Methods, Measures, and Meaning.” Journal of Mixed Methods Research, vol. 4, no. 2, Apr. 2010, pp. 87–102, doi:10.1177/1558689809358755.




DOI: https://doi.org/10.35194/jd.v7i1.3379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.