Implementasi Lesson Study dan Pendekatan Student Centered Learning dalam Pembelajaran Fonologi

Aprilla Adawiyah, D. Nurfajrin Ningsih

Abstract


This article will describe improving the quality of learning in Phonology courses with lesson study and student centered learning approaches. The study used the Lewis model lesson study method. Learning is carried out using the flipped classroom model (online and offline). In online classes, students access the Schoology application and actively participate in discussions. Meanwhile, in offline classes, students review online class material with an emphasis on practice or exercises. The results showed that there was an increase in learning from cycle to cycle. The number of students actively participating in learning in online and offline classes is also getting better. Lectures are not boring and students are enthusiastic in learning. The results of the questionnaire showed that 86.2% liked flip classroom learning or online and offline classes.

Keywords: flipped; phonology; lesson study; student centered

ABSTRAK

Artikel ini akan mendeskripsikan peningkatan kualitas pembelajaran pada mata kuliah Fonologi dengan lesson study dan pendekatan student centered learning. Penelitian menggunakan metode lesson study model Lewis. Pembelajaran dilaksanakan dengan model flipped classroom (daring dan luring). Di kelas daring, mahasiswa mengakses aplikasi Schoology dan berpartisipasi aktif dalam diskusi. Sementara itu, pada kelas luring, mahasiswa merevieu materi  kelas online dengan penekankan pada praktik atau latihan. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat peningkatan pembelajaran dari siklus ke siklus. Jumlah mahasiswa yang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran di kelas daring maupun luring juga makin membaik. Perkuliahan menjadi tidak membosankan dan mahasiswa antusias dalam belajar. Hasil angket menunjukkan sebanyak 86,2% menyukai pembelajaran flip classroom atau kelas online dan offline.

Kata Kunci: flipped; fonologi; lesson study; student centered

 


Keywords


flipped; phonology; lesson study; student centered

Full Text:

PDF

References


Almujab, S., Yogaswara, S. M., Novendra, A. M., & Maryani, L. (2018). Penerapan Lesson Study Melalui Metode Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa Dalam, 8(2).

Aminoto, R. & H. P. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Sainmatika, 8(1), 13–29.

Asalla, L. K. (2011). Merancang Aktivitas Pembelajaran Untuk Meningkatkan Student Centered Learning : Case Study Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen Aktivitas Pembelajaran. Humniora, 2(1), 90–99.

Baba, T. (2007). How is Lesson Study Implemented ?â€. Japanese Education and Lesson Study : An Overview.

Dewanto, Satriyo Agung, Slamet, Bekti Wulandari, P. W. P. P. (2016). Implemantasi Lesson Study Untuk Meningkatkan Kualitas. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1(2 Mei).

Gantrisia, K., Padjadjaran, U., Ekawati, D., Padjadjaran, U., Cansrina, G., & Padjadjaran, U. (2018). metode scl berbasis e-learning dalam. Metalingua, 16, 17– 26.

Moro, H., Aprilia, N., Bagus, P. T., & ... (2016). Penerapan Indonesia Lesson Study untuk Meningkatkan Aktifitas Mahasiswa dalam Mata Kuliah Teknik Budidaya Hewan. … on Biology Education …, August. https://Www.Researchgate.Net/Profile/Hendro_Moro2/Publication/306237451_Pene Rapan_Indonesia_Lesson_Study_Untuk_Meningkatkan_Aktif Itas_Mahasiswa_Dalam_Mata_Kuliah_Teknik_Budidaya_Hewan/links/57b427e808aeaf239bb0b0eb.pdf

Purwaningsih, Ria, Undang Rosidin, I. W. (2017). Pengaruh penggunaan e-learing dengan schoology terhadap hasil belajar peserta didik Ria. Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, (1), 51–61. Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/118118/pengaruh-penggunaan-e-learing- dengan-schoology-terhadap-hasil-belajar-peserta-di

Putri, Ni Wayan Mei Ananda, Nyoman Jampel, dan K. S. (2014). Pengembangan E- Learning Berbasis Schoology pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 1 Seririt. Journal Edutech Universitas Ganesa Jurusan Teknologi Pendidikan., 2(1), 11–24. Retrieved from https://www.academia.edu/8717023/Pengembangan_e- learning_berbasis_schoology_pada_mata_pelajaran_ipa_kelas_viii_di_smp_neg eri_1_seririt

Rasiban, L. M., & Indonesia, U. P. (2016). Penerapan Student Centered Learning (Scl) Melalui MetodE, (October 2013). https://doi.org/10.17509/bs

Suwarjo, Ika Budi Maryatun, N. K. (2012). Penerapan Student Centered Approach pada Pembelajaran Taman Kanak-Kanak Kelompok B (Studi Kasus di Sekolah Laboratorium Rumah Citta). Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).

Ulva, N. L., Kantun, S., & Widodo, J. (2017). Penerapan E-Learning Dengan Media Schoology Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Konsep Badan Usaha Dalam. Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 11(2), 96–102. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6453

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, pp. 263–278)




DOI: https://doi.org/10.35194/jd.v6i2.3037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.