Penggunaan Problem Based Learning (PBL) dalam Menulis Cerita Pendek Secara Blended Luring-Daring

Sumyati Sumyati

Abstract


This article aims to describe the use of the Problem-Based Learning (PBL) model in writing short stories in an offline-online blended manner in class IX of SMPN 3 Cileunyi. The research was conducted using the Classroom Action Research model carried out from September to December for the 2021/2022 school year. The number of students involved in the study was 52 people consisting of 30 men and 22 women. The results of the study show that the use of models is very appropriate and can overcome students' difficulties in writing short stories. This has been proven by the fact that their work resulting from online and offline learning has an average score of 71 out of the five aspects assessed, namely suitability of the theme and content, point of view, characters and plot, and language. In addition, it is known that there is a significant increase in learning outcomes between learning to write short stories before and after online-offline blended learning with the PBL model, namely 63.8 with a significance level of 90%.

Keywords: blended; short story; offline and online, PBL

ABSTRAK:

Artikel ini bertujuan akan mendeskripsikan penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dalam menulis cerita pendek secara blended luring-daring di kelas IX SMPN 3 Cileunyi. Penelitian dilakukan dengan model Penelitian Tindakan Kelas  dilaksanakan bulan September hingga Desember tahun pelajaran 2021/2022. Jumlah peserta didik yang dilibatkan dalam penelitian sebanyak 52 orang terdiri atas laki-laki 30 dan perempuan 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model sangat tepat dan dapat mengatasi kesulitan siswa dalam menulis cerita pendek. Hal ini terbukti karya mereka  yang dihasilkan dari pembelajaran daring dan luring beroleh nilai rata-rata sebesar 71 dari lima aspek yang dinilai, yaitu kesesuaian tema dengan isi, sudut pandang, tokoh dan karakter, alur, bahasa. Selain itu, diketahui terjadi peningkatan hasil belajar secara signifikan antara pembelajaran menulis cerita pendek sebelum dan sesudah pembelajaran blended daring–luring dengan model PBL yaitu 63,8 dengan taraf signifikansi sebesar 90%.   

Kata Kunci: blended; cerita pendek;  luring dan daring, PBL


Keywords


blended; short story; offline and online, PBL

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi (2013), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (2016-2023), Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V, https://github.com/yukuku/kbbi4

Emzir, (2015) Teori dan Pengajaran Sastra, Jakarta: Grafindo Persada.

Hotimah, Husnul, (2020), Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning, https://jurnal.unej.ac.id diunduh tanggal 27 Juni 2022 pukul 12.30 WIB

Nafiah, Yunin Nurun (2014) Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa, https://journal.uny.ac.id/ diunduh 28 juni 2022 pukul 20.00 WIB.

Nurhadi, Nunung, (2020) Blended Learning Konsep dan Implementasi di Era New Normal Covid 19, http://blog.uny.ac.id diunduh 27 Juni 2022 pukul 14.00

Sudirman, (2020) Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas Xi MIPA 3, https://jurnal.umpar.ac.id/ diunduh 19/11/22 pukul 21.00.

Situmorang, Ade Friska, dkk (2021) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX di SMP Swasta HKBP Sidikalang Melalui Pendekatan Kontekstual, Universitas Prima Indonesia,

https://journal.unpack.ac.id/index.php/salaka diunduh 19/11/22 pukul 20.00

Tarigan, H.G. (1986), Menulis Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Thahar, Haris Efendi, (2014), Kiat Menulis Cerita Pendek, Bandung: Angkasa

Tjahjono, Libertus (1988) Sastra Indonesia Pengantar Teori dan Apresiasi, Bandung: Nusa Indah.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Wicaksana, A. 2013. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garuda Waca.




DOI: https://doi.org/10.35194/jd.v6i1.2689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.