Kemampuan Memahami Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Kecamatan Banjar Barat

Faradina Faradina*, Rustam Effendi

Abstract


The ability of third-grade elementary school students in the West Banjarmasin sub-district in understanding the vocabulary of the Indonesian language field is exactly at the KKM and that is very worrying because if learning is not managed properly, the score could drop to a number below the KKM. The research was conducted to find out how the students' understanding and ability among school clusters was in understand the vocabulary of the Indonesian language field. The research was conducted using qualitative and quantitative methods in the hope of producing more accurate and meaningful information. The results of the study showed the ability to understand the vocabulary of the Indonesian language field with an average value of 58.29 with details of the ability to understand the vocabulary of the Indonesian language field in urban elementary schools 61.24 and suburban areas 52.66. Based on the results of the comparative test, the ability of students in urban and suburban areas is significantly related and the inter-cluster relationship is also significant.

ABSTRAK

Kemampuan siswa kelas III Sekolah Dasar se-Kecamatan Banjarmasin Barat dalam memahami kosakata bidang ilmu bahasa Indonesia nilainya persis pada KKM dan itu sangat menghawatirkan karena jika pembelajaran kurang dikelola dengan baik, nilai  itu bisa saja menurun ke angka di bawah KKM. Penelitian dilakukan untuk mencari tahu bagaimana pemahaman dan kemampuan siswa antargugus sekolah dalam memahami kosakata bidang ilmu bahasa Indonesia. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif  dengan harapan dapat menghasilkan informasi yang  lebih akurat dan lebih bermakna. Hasil peneitian menunjukkan kemampuan memahami kosakata bidang ilmu bahasa Indonesia nilai rata-rata 58,29 dengan rincian kemampuan memahami kosakata bidang ilmu bahasa Indonesia SD Negeri daerah perkotaan 61,24 dan daerah pinggiran kota 52,66. Berdasarkan hasil uji komparasi terhadap kemampuan siswa daerah perkotaan dan daerah pinggiran berhubungan secara signifikan dan begitu juga hubungan antargugus juga  signifikan.

Kata Kunci: bahasa Indonesia; kosakata; pemahaman  


Keywords


Indonesian; vocabulary; understanding

Full Text:

PDF

References


Ali, M. "Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra)". Pernik: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 1-10. 2020.

Anum, S. "Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SD Negeri 020580 Dalam Pembelajaran Kemampuan Berbahasa Melalui Penerapan Media Gambar Tahun Pelajaran 2016/2017." Bahastra Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 97-104. 2017

Astuti, R. D. "Kelayakan Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Ekspresi Diri dan Akademik. Basastra Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya , 88-103. 2017

Cresswell, J. E. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2015

Dardjowijojo, S. Psikokolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia. 2016

Dina Maryana, D.. "Kemampuan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas V SD negeri 4 Metro Timur Tahun Pelajaran 2017/2018." Jurnal Kata, Bahasa Sastra dan Pembelajarannya , 1-7. 2018

Dina Maryana, E. S. "Kemampuan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 4 Metro Timur Tahun Pelajaran 2017/2018." Jurnal Kata, Bahasa Sastra dan Pembelajarannya , 1-7. 2018

Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada. 2012

Farhurohman, O. "Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI". Primary , 23-34. 2017

Hariyanti, T. Keunggulan Metode Kolaboratif dan Kooperatif dalam Pendidikan. Malang: UB Media Universitas Brawijaya Malang. 2017

Harjono, N. Evaluasi Pembelajaran Siswa Aktif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. t.thn

Harlina, R. W. "Peran Pembelajaran Bahasa dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar". Jurnal Bindo Sastra , 63-68. 2020

Khair, U. "Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra) di SD dan MI." Ar-Riayah , 81-98. 2018

Mulyati, Y. Keunggulan Metode Kolaboratif dan Kooperatif dalam Pendidikan. Malang: UB Media Univesitas Brawijaya Malang. 2017

Rahyono. Studi Makna. Jakarta: Penaku. 2012

Ramelan. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Example Non Example Di Kelas Vi Sd Negeri No 053979 Kepala Sungai. E.S.J , 54-61. 2017

Setiawan, M. N. Identifikasi Permasalahan Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN Bancaran 4 Bangkalan. Prosiding Nasional Pendidikan (hal. 414-419). Bojonegoro: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro. 2020

Sufriadi. "Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Rendah di Sekolah Dasar Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin". JBSP , 81-93. 2015

Syihabbudin, S. A. "Model Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif pada Anak Usia Sekolah Dasar." Belaindika , 21-31. 2020

Vuri, D. "Penerapan Pendekatan Pengalaman Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar Kelas Rendah". Jurnal Ilmiah Guru "COPE" , 24-30. 2016




DOI: https://doi.org/10.35194/jd.v5i2.2285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.