Kemampuan Memahami Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Kecamatan Banjar Barat
Abstract
The ability of third-grade elementary school students in the West Banjarmasin sub-district in understanding the vocabulary of the Indonesian language field is exactly at the KKM and that is very worrying because if learning is not managed properly, the score could drop to a number below the KKM. The research was conducted to find out how the students' understanding and ability among school clusters was in understand the vocabulary of the Indonesian language field. The research was conducted using qualitative and quantitative methods in the hope of producing more accurate and meaningful information. The results of the study showed the ability to understand the vocabulary of the Indonesian language field with an average value of 58.29 with details of the ability to understand the vocabulary of the Indonesian language field in urban elementary schools 61.24 and suburban areas 52.66. Based on the results of the comparative test, the ability of students in urban and suburban areas is significantly related and the inter-cluster relationship is also significant.
ABSTRAK
Kemampuan siswa kelas III Sekolah Dasar se-Kecamatan Banjarmasin Barat dalam memahami kosakata bidang ilmu bahasa Indonesia nilainya persis pada KKM dan itu sangat menghawatirkan karena jika pembelajaran kurang dikelola dengan baik, nilai itu bisa saja menurun ke angka di bawah KKM. Penelitian dilakukan untuk mencari tahu bagaimana pemahaman dan kemampuan siswa antargugus sekolah dalam memahami kosakata bidang ilmu bahasa Indonesia. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif  dengan harapan dapat menghasilkan informasi yang  lebih akurat dan lebih bermakna. Hasil peneitian menunjukkan kemampuan memahami kosakata bidang ilmu bahasa Indonesia nilai rata-rata 58,29 dengan rincian kemampuan memahami kosakata bidang ilmu bahasa Indonesia SD Negeri daerah perkotaan 61,24 dan daerah pinggiran kota 52,66. Berdasarkan hasil uji komparasi terhadap kemampuan siswa daerah perkotaan dan daerah pinggiran berhubungan secara signifikan dan begitu juga hubungan antargugus juga  signifikan.
Kata Kunci: bahasa Indonesia; kosakata; pemahaman Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. "Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra)". Pernik: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 1-10. 2020.
Anum, S. "Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SD Negeri 020580 Dalam Pembelajaran Kemampuan Berbahasa Melalui Penerapan Media Gambar Tahun Pelajaran 2016/2017." Bahastra Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 97-104. 2017
Astuti, R. D. "Kelayakan Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Ekspresi Diri dan Akademik. Basastra Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya , 88-103. 2017
Cresswell, J. E. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2015
Dardjowijojo, S. Psikokolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia. 2016
Dina Maryana, D.. "Kemampuan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas V SD negeri 4 Metro Timur Tahun Pelajaran 2017/2018." Jurnal Kata, Bahasa Sastra dan Pembelajarannya , 1-7. 2018
Dina Maryana, E. S. "Kemampuan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 4 Metro Timur Tahun Pelajaran 2017/2018." Jurnal Kata, Bahasa Sastra dan Pembelajarannya , 1-7. 2018
Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada. 2012
Farhurohman, O. "Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI". Primary , 23-34. 2017
Hariyanti, T. Keunggulan Metode Kolaboratif dan Kooperatif dalam Pendidikan. Malang: UB Media Universitas Brawijaya Malang. 2017
Harjono, N. Evaluasi Pembelajaran Siswa Aktif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. t.thn
Harlina, R. W. "Peran Pembelajaran Bahasa dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar". Jurnal Bindo Sastra , 63-68. 2020
Khair, U. "Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra) di SD dan MI." Ar-Riayah , 81-98. 2018
Mulyati, Y. Keunggulan Metode Kolaboratif dan Kooperatif dalam Pendidikan. Malang: UB Media Univesitas Brawijaya Malang. 2017
Rahyono. Studi Makna. Jakarta: Penaku. 2012
Ramelan. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Example Non Example Di Kelas Vi Sd Negeri No 053979 Kepala Sungai. E.S.J , 54-61. 2017
Setiawan, M. N. Identifikasi Permasalahan Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN Bancaran 4 Bangkalan. Prosiding Nasional Pendidikan (hal. 414-419). Bojonegoro: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro. 2020
Sufriadi. "Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Rendah di Sekolah Dasar Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin". JBSP , 81-93. 2015
Syihabbudin, S. A. "Model Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif pada Anak Usia Sekolah Dasar." Belaindika , 21-31. 2020
Vuri, D. "Penerapan Pendekatan Pengalaman Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar Kelas Rendah". Jurnal Ilmiah Guru "COPE" , 24-30. 2016
DOI: https://doi.org/10.35194/jd.v5i2.2285
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.