Tuturan Ilokusi pada Iklan Shopee di Youtube Tayangan Desember 2021-Januari 2022

Firlana Izaty*, Daroe Iswatiningsih, Sudjalil Sudjalil

Abstract


This article will describe the form and function of illocutionary speech in Shopee ads on YouTube. This research is a type of qualitative research with the descriptive method and uses a pragmatic approach. The source of the data in this study is the Shopee ad video obtained from the Shopee YouTube account. The data were collected by using the documentation technique and taking notes freely, then the data in the research analyzed was reduced, presented the data, and concluded. The results showed that Shopee's advertising speech on YouTube was dominated by assertive function speech. In addition to these speeches, other forms of speech are directive, commissive, and expressive forms. The speech function in Shopee advertisements shows several specific purposes, namely the functions of informing, claiming, reporting, suggesting, requesting, inviting, advising, promising, offering, and thanking.

ABSTRAK

Artikel ini akan mendeskrispikan bentuk dan fungsi tuturan ilokusi pada iklan Shopee di YouTube. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskripstif dan menggunakan pendekatan pragmatik. Sumber data dalam penelitian ini yaitu video iklan Shopee yang didapat dari akun YouTube Shopee. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dan simak catat bebas, kemudian data pada penelitian dianalisis direduksi,disajikan data, dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tuturan iklan Shopee di YouTube didominasi oleh tuturan fungsi asertif. Selain tuturan tersebut bentuk tuturan lainnya yaitu bentuk direktif, komisif, dan ekspresif. Fungsi tuturan pada iklan Shopee menunjukkan beberapa maksud tertentu yaitu fungsi menginformasikan, mengklaim, melaporkan, menyarankan, meminta, mengajak, menasihati, menjanjikan, menawarkan, dan berterima kasih.

Kata kunci: ilokusi; iklan; dan pragmatik


Keywords


illocutionary; advertisement; and pragmatics

Full Text:

PDF

References


Artati, Artati, et al. “Tindak Tutur Ilokusi Asertif, Direktif, Ekspresif, Komisif, Dan Deklaratif Pada Program Gelar Wicara Mata Najwa.†Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, vol. 6, no. 1, 2020, pp. 43–57, doi:10.33369/diksa.v6i1.9687.

Dari, Wulan. “Fungsi Tindak Tutur Ilokusi Dalam Acara ‘I’m Possible’ Merry Riana Metro TV.†Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, vol. 10, no. 2, 2021, p. 116, doi:10.35194/alinea.v10i2.1460.

Dheni Iga Pratiwi, Suhartono. “Kompleksitas Kalimat Persuasi Iklan Produk Detergen (Kajian Sintaktis).†Bapala, vol. 8, no. 6, 2021, pp. 69–78.

Dimas Tutik, Anisa, et al. “Variasi Dan Fungsi Ragam Bahasa Pada Iklan Dan Slogan Situs Belanja Online Shopee.†Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, vol. 2, no. 2, 2020, pp. 137–48, doi:10.22236/imajeri.v2i2.5089.

Fatimah, Nur Firdauzia. “Interpretasi Tuturan Persuasif Iklan Untuk Meningkatkan Ekonomi Kreatif.†Elic, 2017, pp. 325–30.

Irma, Nurika Cintya. “Tindak Tutur Dan Fungsi Tuturan Ekspresif Dalam Acara Rumah Perubahan Rhenald Kasali.†Jurnal SAP, vol. 1, no. 3, 2017, pp. 238–48.

Lestari, Bini. “Tindak Tutur Ilokusi Dalam Film Animasi Upin Dan Ipin Episode ‘Seronoknya Wisata Air’ Serta Implikasinya Terhadap Pendidikan Karakter Anak.†Estetik : Jurnal Bahasa Indonesia, vol. 2, no. 2, 2019, p. 139, doi:10.29240/estetik.v2i2.1191.

Maryam, Nurlaila, Nazriani, Arsad. “Tindak Tutur Direktif Wacana Poster Imbauan Pemerintah Tentang Penanganan Covid-19 Pada Laman Covid19.Go.Id.†JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), vol. 5, no. 1, 2021, pp. 24–32.

Nabilah, Farah, and Gigit Mujianto. “Ragam Kolokial Pada Kepolisian RI.†Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, vol. 10, no. 2, 2021, doi:10.35194/alinea.v10i2.1257.

Nirmala, Vita. “Tindak Tutur Ilokusi Pada Iklan Komersial Sumatera Ekspress.†Kandai, vol. 11, no. 2, 2015, pp. 139–50.

Nugrahani, Farida. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Vol. 1, no. 1, 2014.

Putri, Nur Afifah Rosnadia, and Sri Setyo Iriani. “Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Melalui E-Commerce Shopee.†Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, vol. 8, no. 2, 2019, p. 69, doi:10.31504/komunika.v8i2.2391.

Safira, Adnia. “Tindak Tutur Direktif Pelatih Drum Corps Sabda Kinnara Drum Corps.†Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, vol. 9, no. 2, 2020, p. 127, doi:10.35194/alinea.v9i2.956.

Saputro, Bayu. Tindak Tutur Ilokusi Pada Iklan Pemasaran Gedung Perkantoran Agung Podomoro City. 2018, pp. 1–5.

Surianti, et al. “Tindak Tutur Ilokusi Sebagai Media Penyampaian Pesan Sosial Pada Iklan Layanan Masyarakat.†Celebes of Linguistics Journal, vol. 1 No. 2, 2019, pp. 11–18.

Zumaro, Ilal Janati. “Implikatur Percakapan Dalam Sinetron ‘Dunia Tebalik’ Episode Ke-2006-2007 Di RCTI: Kajian Pragmatik.†Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, vol. 10, no. 1, 2021, p. 85, doi:10.35194/alinea.v10i1.1250.




DOI: https://doi.org/10.35194/jd.v5i2.2219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.