Formula Misteri dalam "Permainan Jurit Malam" Buatan Gambir Game Studio Kajian Genre John G. Cawelti

Farid Arifin, Fitri Merawati, Hairini Nur Hanifah

Abstract


Artikel ini mendeskripsikan formula misteri serta konvensi dan invensi dalam permainan “Jurit Malam” buatan Gambir Game Studio. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif, sedangkan objek penelitian ini adalah formula misteri. Metode pengumpulan data yaitu dengan baca catat pada teks cerita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tema cerita adalah misteri. Tokohnya ada empat. Latar tempat berjumlah 17, latar waktu berjumlah 2, latar suasana berjumlah 20. Alur misteri berjumlah 7. Unsur ekstrinsik berupa budaya, sosial, dan pendidikan. Invensi meliputi: (1) penambahan alur misteri; dan (2) pengubahan alur misteri. Konvensi meliputi: (1) Kejahatan dan petunjuk, (2) Penyelidikan, (3) Pengumuman solusi, (4) Penjelasan solusi. Di dalam permainan “Jurit Malam” telah ditemukan bahwa genre cerita adalah misteri dan bertumpang-tindih dengan genre detektif. 

Kata Kunci: invensi, konvensi, formula misteri, permainan 

ABSTRACT

This article describes the mystery formula as well as conventions and inventions in the game "Jurit Malam" by Gambir Game Studio. This type of research is descriptive qualitative, while the object of this research is a mystery formula. The method of data collection is by reading notes on the story text. The results of this study indicate that the theme of the story is a mystery. There are four characters. The setting is 17 places, the time setting is 2, the atmosphere setting is 20. The mystery plot is 7. Extrinsic elements are culture, society, and education. The invention includes: (1) the addition of a mystery plot; and (2) changing the mystery plot. Conventions include (1) Crimes and instructions, (2) Investigations, (3) Announcement of solutions, (4) Explanation of solutions. In the game “Night Warriors” it has been found that the story genre is the mystery and overlaps with the detective genre. 

Keywords: invention, convention, mystery formula, game


Full Text:

PDF

References


Adi, Ida Rochani. 2016. Fiksi Populer: Teori dan Metode Kajian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Astuti, Niken. 2018. “Formula dalam Sastra Islam Populer di Indonesia sebagai Alternatif Bahan Ajar di SMA Kajian Formula John G Cawelti”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. “Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima”. Daring kbbi.kemdikbud.go.id, diakses pada 8 Agustus 2018.

Cawelti, John G. 1976. Adventure, Mystery, and Romance: Formula Stories as Art and Popular Culture. Chicago: University of Chicago Press.

Damono, Sapardi Djoko. 2018. Alih Wahana. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Game Jurit Malam. 2019. Gambir Game Studio. Appstore.

Susanto, Dwi. 2009. “Genre Cerita Silat Dalam Sastra Indonesia” diakses dan diunduh melalui laman https://journal.uny.ac.id/index.php/diksi/article/viewFile/6563/5623. Pada tanggal 13 September 2020 pukul 19.00 WIB.

Mangantar, R. Elvira. Mangantar. 2019. “Formula Fantasi Yang Tercermin Dalam Film Harry Potter and the Goblet Of Fire (2005) Kajian Formula John G Cawelti” diakses dan diunduh melalui laman https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jefs/article/view/27680/27193. Pada tanggal 13 September 2020 pukul 19.00 WIB.

Kemdikbud. 2017. Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMA/MA/SMK/MAK) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Larasati, L. Putri. 2018. “Fiksi Formula Dalam Komik Detektif: Misteri Gerbang Masa Depan Karya Rezky Ramdani Dan Misteri Hantu Festival Karya Rasyiqa Annisa Thohira” diakses dan diunduh melalui laman https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/27274. Pada tanggal 15 Januari 2020 pukul 09.34.

Merawati, Fitri. 2015. “Perkembangan Fiksi Ilmiah Karya Pengarang Indonesia Tahun 1980-an dan 2000-an”. Gramatika. Edisi Vol. III, No.2, Juli— Desember 2015. Halaman 141-143.

Rahmanto, B. 1992. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Rohmah, Etika. N. S. 2019. “Formula Petualangan dalam Wattpad Bumi Asing karya Kala Sanggurdi sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di SMA”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Sutopo, H. B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Wellek, Rene dan Austin Warren. 1990. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.35194/jd.v5i1.1894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by: