Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Berbasis dengan Menggunakan Media Puzzle

Eka Rizky Fauziah

Abstract


Artikel ini akan membicarakan peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan media puzzle. Metode yang digunakan yakni quasi eksperimen atau eksperimen semu yang melibatkan satu kelompok belajar dengan memberikan tes awal dan tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap persiapan, perangkat pembelajaran yang digunakan sudah yang terbaru, tahap proses pembelajaran menggunakan lembar observasi dan angket dengan merespons positif. Hasil keterampilan menulis puisi yang diperoleh dari peserta didik kelas X Asper 1 SMK Bunga Persada Cianjur memiliki nilai dengan rata-rata pada tes awal sebesar 68.6 dan masuk ke dalam kategori cukup dan pada tes akhir sebesar 79.2 yang masuk ke dalam kategori baik. Dalam penelitian ini, data yang diperoleh tidak berdistribusi normal sehingga menggunakan uji Wilcoxon diperoleh data menulis puisi dengan Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,000 karena nilai 0,000 lebih kecil dari <0,05 maka Ha diterima sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest atau sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yaitu menggunakan media puzzle dalam menulis puisi. 

Kata Kunci: media, puzzle, pembelajaran, menulis, puisi 

ABSTRACT

This article will discuss improving poetry writing skills using puzzle media. The method used is quasi-experimental or quasi-experimental which involves one study group by giving a pre-test and a post-test. The results showed that in the preparation stage, the learning tools used were the latest, the learning process stage used observation sheets and questionnaires by responding positively. The results of poetry writing skills obtained from students of class X Asper 1 SMK Bunga Persada Cianjur have an average score on the initial test of 68.6 and fall into the sufficient category and on the final test of 79.2 which is in the good category. In this study, the data obtained were not normally distributed so that using the Wilcoxon test data were obtained for writing poetry with Asymp. Sig (2-tailed) has a value of 0.000 because the value of 0.000 is smaller than <0.05 then Ha is accepted so that there is a significant difference between the pretest and posttest or before and after being given treatment, namely using puzzle media in writing poetry. 

Keywords: media, puzzle, learning, writing, poetry


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrori, M., & Indihadii, D. (2018). Penggunaan Media Gambar Puzzle dalam Peningkatan Keterampilan Menulis di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4), 1–9. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/12194

Budiyono, H. (2012). Pembelajaran Keterampilan Menulis Berbasis Proses Menulis dan Teori Pemerolehan Bahasa. Jurnal Pena Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 1–14. Retrieved from https://www.online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/1438

Ekasari, A. D., & Dkk. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Strategi Pikir Plus dengan Menggunakan Media Gambar Peristiwa. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi

Fatoni, N., & Nuryatin, A. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Pendekatan Joyfull Learning Melalui Media Puzzle Bermuatan Konservasi Alam Pada Siswa Kelas Vii 4 Smp 1 Pegandon Kendal. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/11303

Kriswanti, D. (2018). Peningkatan Kompetensi Menulis Puisi Bebas Menggunakan Teknik Ragsang Peristiwa Dan Media Puzzle. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 3(3). Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0,5&qsp=3&q=media+puzzle+puisi+bebas&qst=br#d=gs_qabs&u=%23p%3DtG0YFsRwcJ

Mikrat, I. N. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Media Puzzle Berseri Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Tidar 3 Kota Magelang. Journal Eprints Repository Software, 1–97. Retrieved from http://eprintslib.ummgl.ac.id/72/

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Permana, D., & Indihadi, D. (2018). Penggunaan Media Gambar terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik. Jurnal Pedadidaktika, 5(1), 193–205. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7297/6010

Putri, A. purwanti, & Novalita, D. P. (2009). Pengaruh Promotion Mix terhadap Keputusan Berkunjung di Alam Imajinasi Taman Bunga Nusantara (Survei terhadap Pengambil Keputusan Rombongan Wisatawan Nusantara untuk Berkunjung ke Alam Imajinasi Taman Bunga Nusantara Kabupaten Cianjur). Tourism and Hospitality NEssentials Journal, 1(2), 87–100. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=taman+bunga+nusantara+cianjur&oq=tama#d=gs_qabs&u=%23p%3Dwkh10zGWIDYJ

Ristiani, I. (2017). Kajian dan Apresiasi Puisi dan Prosa Fiksi. Cianjur: UNSURPRESS.

Saddhono, K. . dkk. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sayuti, S. A. (2002). Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.

Suryabrata, S. (1987). Metodologi Penelitian. Jakarta: CV Rajawali.

Wahidmurni. (2020). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran: RPP 1 Lembar. Research Repository Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang. Retrieved from http://repository.uin-malang.ac.id/5377/

Wiyati, R. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Puzzle Siswa Kelas VII E SMP Negeri 4 Ponogoro. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 7(2), 60–67. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/518




DOI: https://doi.org/10.35194/jd.v5i1.1851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by: