Strategi dan Media Yang Digunakan Guru dalam Pembelajaran Tematik di SD Serta Pengaruhnya Terhadap Pemerolehan Bahasa

Farah Nabilah, Gigit Mujianto

Abstract


Artikel ini akan mendeskripsikan strategi serta media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran tematik di SD. Data dalam peneltian ini berupa tuturan yang ditarskip  dari interaksi guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Teknik penelitian yang digunakan yaitu deksriptif analisis berupa paparan dan penjelasan mengenai strategi pemerolehan bahasa dan media pembelajaran yang digunakan dalam bentuk tuturan yang ditraskip. Hasil penelitian ini menujukkan strategi pemerolehan bahasa yang digunakan terdiri dari (1) strategi perencanaan belajar positif, (2) strategi aktif, (3) strategi empatik, dan (4) strategi komunikasi. Media yang digunakan dalam pembelajaran berbasis media visual.

Kata Kunci: 


Full Text:

PDF

References


Ariawan, V. A. N., & Pratiwi, I. M. (2018). Dialogic Reading Sebagai Upaya Mengembangkan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 1(1), 79–86. https://doi.org/10.15575/japra.v1i1.3070

Fahmi, Z. (2013). Indikator Pembelajaran Aktif Dalam Konteks Pengimplementasian Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (Pakem). Al-Ta Lim, 20(1), 278. https://doi.org/10.15548/jt.v20i1.24

Hartati, T. (1392). PEMEROLEHAN DAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK Tatat.

Hijriyah, U. (2016). Menyimak: Stategi dan Implikasinya dalam Kemahiran Berbahasa.

Kasno. (2004). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia. 1.

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7

Mintasih, D. (2016). Merancang Pembelajaran Menyenangkan bagi Generasi Digital. Jurnal Pendidikan Islam, IX(1), 39–48. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol9iss1.art3

Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. 306–319.

Nurbeda. (2015). URGENSI PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH ( PR ) DALAM MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB. Nur El-Islam, 2(1), 113–121.

Nuryanto, A. (2010). Materi Media Pembelajaran. Article, 1–31. Retrieved from http://staffnew.uny.ac.id/upload/132296045/lainlain/media+pembelajaran.pdf

Pramunati, I. (2014). Penggunaan teknik personal vocabulary notes untuk meningkatkan kosakata pembelajar bahasa Perancis.pdf.

Qudus, M., & Yusri. (2017). Keefektifan Penggunaan Metode Audio Lingual Dalam Pembelajaran Kemampuan Menyimak Bahasa Jerman. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 20(2), 127–132.

Setyadi, A. C., & Salim, M. S. (2013). Pemerolehan Bahasa-Kedua. At Ta’dib, 8(2), 75. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i2.504

Suryana, N. (2017). Peningkatan Penguasaan Kosakata Siswa SMP Melalui Penggunaan Media Daftar Kosakata Nana Suyana. Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 86–93.

Taringan. (2011). Melalui Teknik Permainan Teka-Teki Silang. 78–79.




DOI: https://doi.org/10.35194/jd.v4i1.1147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.