Pemanfaatan Gambar/Foto dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen

Rini Oktapiyani

Abstract


Artikel ini menjelaskan pembelajaran menulis cerita pendek dengan memanfaatkan media gambar/foto. Metode penelitian yang digunakan adalah metode preeksperimental. Penelitian dilakukan di kelas XI SMK Negeri 2 Cilaku Cianjur tahun ajaran 2019-2020. Sampel yang digunakan adalah kelas XI APL-1 dan XI TKJ-2 yang diplih secara acak. Instrumen yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen memiliki sikap yang lebih positif, dengan rata-rata jawaban di atas 50% berada pada daerah setuju. Hasil menulis cerpen menunjukkan hasil bahwa kelas kontrol dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata tes 68,57, sedangkan dengan pemanfaatan media gambar/foto yang diterapkan pada kelas eksperimen hasilnya berada pada kategori yang baik dengan nilai rata-rata 83,16. Selanjutnya, setelah dilakukan Uji Mann-Whitney, diproleh nilai signifikasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,000, artinya nilai signifikasi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak. Dari data tersebut, dapat diketahui bahwa penggunaan media gambar/foto dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran menulis cerpen.

Kata kunci: menulis, cerpen, media, gambar,  foto.

ABSTRACT

This article describes learning to write short stories using images / photos as media. The research method used is a pre-experimental method. The research was conducted in class XI SMK Negeri 2 Cadilah Cianjur in the academic year 2019-2020. The sample used was class XI APL-1 and XI TKJ-2 which were randomly selected. The instruments used were observation, questionnaires and tests. The results showed that the experimental class students had a more positive attitude, with an average answer of more than 50% being in the agreed area. The results of writing short stories show that the control class is categorized as sufficient with an average test score of 68.57, while with the use of image / photo media applied to the experimental class the results are in the good category with an average value of 83.16. Furthermore, after the Mann-Whitney test was carried out, the significance value between the experimental class and the control class was 0.000, meaning that the significance value was 0.000 <0.05, so H0 was rejected. From these data, it can be seen that the use of image / photo media can increase the effectiveness of learning to write short stories.

Keywords: writing, short stories, media, pictures, photos.

 


Full Text:

PDF

References


Arifin, J. (2017). SPSS24 untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: PT. Elex Meda Komputindo.

Laeli, N. A., & Warigan, S. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Keindahan Alam Menggunakan Metode Partisipatori Dengan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–7.

Nurani, S. F. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Strategi Lathan Terbimbing Berdasarkan Tokoh Idola pada Siswa Kelas VIII SMP Neger 2 Cianjur Tahun Ajar 2015-2016. Cianjur.

Sudjana, N., & Ahmad, R. (2002). Media Pengajaran (Cetakan Ke). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (ed. 3). Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematka. Bandung: Alfabeta.

Susilana, R., & Cepi, R. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Widiastuti, R., Fip, P., & Negeri, U. (2014). Pemanfaatan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Kelas IV SDN Tembok Dukuh III-85 Surabaya. 02(02), 1–13.

Wiyanto, A. (2004). Terampil Menulis Paragraf (J. Purba, ed.). Jakarta: PT Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.35194/jd.v4i1.1025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by: