Penggunaan Model Bola Salju (Snowball Throwing ) dalam Pembelajaran Menyimak
Abstract
Artikel ini akan membahas pengaruh penggunakan model pembelajaran yang disebut Model Bola Salju (Snowball Throwing) terhadap kemampuan menyimak siswa kelas VII Mts Negeri Kota Sukabumi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah eksperimen dengan disain one group pretest-postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 71 sedangkan pada posttest yaitu 85. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t pretest dan posttest menunjukan bahwa nilai t-hitung  yaitu 14, sedangkan nilai t-tabel  pada (d.b) n-1 atau 34-1 = 33 untuk t.s 0.05 yaitu 1,697. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dapat diterima, artinya pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran snowball trowing dapat berpengaruh terhadap kemampuan menyimak fabel siswa kelas VII D MTs Negeri Kota Sukabumi dibandingkan dengan metode Konvensional.
Kata kunci: menyimak, Snowball Throwing, fabelÂ
ABSTRACTÂ
This article will discuss the effect of using a learning model called the Snowball Throwing on the ability to listen to students of VII Mts Negeri Sukabumi City. The method used in this research is an experiment with one group pretest-posttest design. The results showed that the average score of the experimental class pretest was 71 while the posttest was 85. The results of calculations using the pretest and posttest t-test showed that the t-test value was 14, while the t-table value at (db) n-1 or 34-1 = 33 for ts 0.05 which is 1.697. Thus, the proposed hypothesis can be accepted, meaning that learning using the snowball trowing learning model can affect the ability to listen to fable grade VII D students of Sukabumi City MTs compared to Conventional methods.
Keywords: listening, Snowball Throwing, fable
Full Text:
PDFReferences
Aprianti, Is. Resepsi Novel Merpati Kembar Di Lombok Karya Nuriadi. Universitas Mataram, 2015, http://eprints.unram.ac.id/3412/1/SKRIPSI.doc.
Danandjaja, James. Folkor Indonesia. CV Siliwangi & Co, 2007.
Hermawan, H. Menyimak: Keterampilan Berkomunikasi Yang Terabaikan. Graha Ilmu, 2012.
Hidayat, U. S. Model-Model Pembelajaran Berbasis PAIKEM. 2011.
Huda, Miftahul. Model-Model Pembelajaran Dan Pengajaran. Pustaka Pelajar, 2013.
Martaulina, Diana Sinta. Bahasa Indonesia Terapan. Budi Utama, 2015.
Resmini, Novi. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Di Kelas Tinggi. UPI Press, 2007.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Alfabeta, 2016.
DOI: https://doi.org/10.35194/jd.v3i2.1005
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.