Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca dalam Teks Biografi

Fatia Komalasari

Abstract


Artikel ini membahas penggunaan huruf kapital dan tanda baca dalam tulisan peserta didik pada teks autobiografi. Metode yang digunakan dalam penelitian  ialah metode deskriptif kualitatif dengan sumber data primer. Berdasarkan hasil analisis, masih banyak peserta didik yang melakukan kesalahan dalam penggunaan huruf kapital dan tanda baca. Kesalahan terbesar dalam penggunaan huruf kapital yaitu sebagai huruf pertama awal kalimat dengan persentase 56%. Sedangkan kesalahan terbesar dari penggunaan tanda baca yaitu dalam penggunaan tanda koma dengan persentase 50%. Penyebab utama timbulnya kesalahan tersebut karena keterbiasaan peserta didik dan kurangnya pengetahuan mengenai ejaan yang disempurnakan khusunya pada huruf kapital dan tanda baca.

Kata kunci: huruf kapital, tanda baca, teks autobigrafi

This article discusses the use of capital letters and punctuation in students' writing in autobiographical texts. The method used in this research is a qualitative descriptive method with primary data sources. Based on the results of the analysis, there are still many students who make mistakes in the use of capital letters and punctuation. The biggest mistake in using capital letters is as the first letter of the beginning of the sentence with a percentage of 56%. While the biggest mistake of using punctuation is in the use of commas with a percentage of 50%. The main cause of these errors is due to students' habits and lack of knowledge about enhanced spelling especially in capital letters and punctuation.

Keywords: capital letters, punctuation, autobigraphic text


Full Text:

PDF

References


Hastati, S. (2013). Analisis Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca dalam Surat Dinas Kelurahan Tanjung Ayun Sakti Tahun 2017. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. [Online]. diakses dari https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Irmawati. (2018). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca pada Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 16 Makasar. [Online]. Diakses dari http://eprints.unm.ac.id/10366/

Puspitasari, Y. (2014). Analisis Kesalahan Huruf Kapital Dan Tanda Baca Pada Paragraf

Mustafa, Z. (2013). Mengurai Variabel hingga Instrumentasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Deskriptif Siswa Kelas V Sd Negeri Sampay Rumpin-Bogor. 20–24. [Online] Diakses dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25471

Qurrata A’yunin, Ninuk Lustyantie, S. T. (2018). Nilai Pendidikan Krakter dalam Buku Autobiografi Happy Little Soul Karya Retno Hening Palupi. 5(2), 179–195.[Online]. Diakses dari https://doi.org/10.15408/dialektika.v5i2.7584

Rukhayah, U. (2019). Analisis Kesalahan Ejaan pada Teks Paragraf dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarya. Society, 2(1), 1–6.[Online]. Diakses dari https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004




DOI: https://doi.org/10.35194/jd.v3i2.1003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.