Penggunaan Gaya Bahasa pada Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pasirkuda

Risna Fitria Dewi, Daud Pamungkas, Aprilla Adawiyah

Abstract


Artikel ini mengungkapkan penggunaan gaya bahasa pada puisi siswa SMP Negeri 1 Pasirkuda. Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam menggunakan gaya bahasa repetisi, hiperbol, dan personifikasi ketika menulis puisi. Selain itu, penelitian dilakukan untuk mengetahui gaya bahasa yang paling dominan digunakan oleh siswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi untuk mengumpulkan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 22 gaya bahasa yang digunakan siswa pada puisinya; gaya bahasa personifikasi paling mendominasi gaya bahasa pada puisi siswa, yakni ditemukan 9 kali penggunaan gaya bahasa personifikasi; gaya bahasa hiperbol menduduki urutan kedua gaya bahasa yang paling banyak digunakan pada puisi siswa, yakni digunakan sebanyak 8 kali; dan gaya bahasa repetisi menduduki urutan terakhir gaya bahasa yang paling banyak digunakan pada puisi siswa, yakni digunakan sebanyak 5 kali.

Kata kunci: puisi, repetisi, hiperbol, personifikasi

This article reveals the use of language style in poetry of SMP Negeri 1 Pasirkuda students. The study was conducted to find out how students' abilities in using repetition, hyperbolic, and personification style when writing poetry. In addition, research was conducted to find out the most dominant language style used by students. The method used is a descriptive qualitative method with data collection techniques in the form of documentation to collect secondary data. The results showed that there were 22 styles of language used by students in his poetry; personification language style dominates the language style of students' poetry, which is found 9 times the use of personification language style; hyperbolic language style ranks second most widely used language style in student poetry, which is used 8 times; and repetition style ranks last in the style of language most widely used in student poetry, which is used 5 times.

 

Keywords: poetry, repetition, hyperbolic, personification


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dibia, I. K. (2018). Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Keraf, G. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Maryam, S., Pamungkas, D., & Suwandi, A. (2013). Literasi Sastra pada Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastera Indonesia. Atikan: Jurnal Kajian Pendidikan, 3(2), 211–224. http://www.mindamas-journals.com/index.php/atikan/article/view/169

Moleong, L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Novianti, H., & Pamungkas, D. (2018). The Learning of Writing Short Stories with Transformational Technique. Alinea, 7(2). https://jurnal.unsur.ac.id/

Nuraeni, P. (2019). Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Menulis Kreatif Puisi dengan Media Gambar. Alinea, 8(2), 130–137. https://jurnal.unsur.ac.id/

Rachmadani, F. D. (2017). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa pada Puisi Karya Siswa SMA di Yogyakarta. Student UNY, 6(3). http://journal.student.uny.ac.id/

Rahmawati, N. (2014). Efektivitas Metode Example Non-Example dalam Pembelajaran Menulis Puisi Bebas Peserta Didik Kelas VIII MTs Negeri Harjokuncaran Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2013/2014. NOSI, 2, 521–527. https://pbindoppsunisma.com

Ristiani, I. (2012). Kajian dan Apresiasi Puisi dan Prosa. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sarosa, S. (2017). Penelitian Kualitatif Dasar-dasar. Jakarta: PT Indeks.

Siswantoro. (2014). Metode Penelitian Sastra Analisis Struktur Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yuliyanda, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Autobiografi dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Alinea, 12 Suppl 1(9), 1–29. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-7990-1

Yunus, S. (2015). Kompetensi Menulis Kreatif. Bogor: Ghalia Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.35194/jd.v3i2.1000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by: