SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: STUDENTS' CONCEPT UNDERSTANDING ABILITY IN SOLVING ETHNOMATHEMATICS-BASED PROBLEMS
Abstract
Full Text:
PDF 574-584References
Agustina, A., & Fuadiah, N. F. (2018). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII dalam penerapan model penemuan terbimbing. LEMMA : Letters of Mathematics Education, 5(1). https://doi.org/10.22202/jl.2018.v5i1.3006
Agustina, L., Zaenuri, & Wardono. (2021). Description of students' mathematical concept understanding ability in terms of initial mathematical ability. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042109
Amir MZ, Z. (2013). Perspektif gender dalam pembelajaran matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Gender, 12(1). https://doi.org/10.24014/marwah.v12i1.511
Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh kemampuan numerasi dalam menyelesaikan masalah matematika terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.774
Andriani, S., & Septiani, I. (2020). Etnomatematika motif ceplokan batik Yogyakarta dalam peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 83. https://doi.org/10.31941/delta.v8i1.966
Arifah, U., & Saefudin, A. A. (2017). Menumbuhkan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery. Union: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3). https://doi.org/10.30738/.v5i3.1251
Bishop, A. J. (1994). Cultural Conflicts in Mathematics Education : Developing a Research Agenda. 2, 15–18.
Buyung, B., & Hendriana, E. C. (2020). Kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa menggunakan lembar kerja mahasiswa (LKM) berbasis etnomatematika. Journal of Mathematics Education and Science, 6(1). https://doi.org/10.30743/mes.v6i1.2928
D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(2).
Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa SMA kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2). https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9761
Istihapsari, V. (2017). Meningkatkan pemahaman konsep materi matematika SMP menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mahasiswa prodi pendidikan matematika UAD. AdMathEdu, 7(1).
Kharis, S. A. A., Salsabila, E., & Haeruman, L. D. (2021). Effect of mathematical concept understanding and mathematical reasoning on mathematical literacy abilities. Journal of Physics: Conference Series, 1747(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1747/1/012042
Ma’Rifah, N., Widada, W., Aida, A., Yulfitri, Y., & Effendi, J. (2019). The students’ mathematics understanding through ethnomathematics based on kejei dance. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012079
Mei, M. F., Seto, S. B., & Tupen, S. N. (2021). Efektivitas model pembelajaran konstekstual berbasis etnomatematika ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematika dan sikap disiplin. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4). https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4227
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP 2 Bojonegara. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127
Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2).
Nugroho, K. U. Z., Widada, W., Zamzaili, Z., & Herawaty, D. (2019). Pemahaman konsep matematika melalui media youtube dengan pendekatan etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1). https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.8953
Nurapriani, F., Lestari, S. A. P., & Kusumaningrum, D. S. (2020). The mathematical understanding ability of information system students in discrete mathematics. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(3). www.ijstr.org
Nuryadi, N., Zaenuri, Z., & Kharisudin, I. (2021). A systematic literature review: characteristic of ethnomathematics-based subject-specific pedagogy. Technium Social Science Journal, 24, 54–64. https://doi.org/https://orcid.org/0000-0002-7609-7123
Prabawati, R., Yanto, Y., & Mandasari, N. (2019). Pengembangan LKS berbasis PMRI menggunakan konteks etnomatematika pada materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(2), 73–79. https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.870
Priatna, N., & Yuliardi, R. (2018). Buku pembelajaran matematika (N. N. Muliawati & P. Latifah, Eds.; I). PT Remaja Rosdakarya.
Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2020). Ethnomathematics (R. C. I. Prahmana, Ed.; I). UAD Press.
Rismawati, M., & Hutagaol, A. S. R. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa PGSD STKIP persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4(1). https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i1.17
Rismayanti, T. A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh model search solve create share (SSCS) terhadap kemampuan pemahaman konsep Matematis. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.6345
Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan pendekatan realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71–80. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.49
Sarwoedi, S., Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. nyoman. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2). https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7521
Sefrinal, S., Syafti, O., & Arif, M. (2021). MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII MTSS DARUSSALAM AMPING PARAK. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 6(1), 77–83. https://doi.org/10.34125/kp.v6i1.578
Setiana, D. S., Ayuningtyas, A. D., Wijayanto, Z., & Kusumaningrum, B. (2021). Eksplorasi etnomatematika Museum Kereta Kraton Yogyakarta dan pengintegrasiannya ke dalam pembelajaran matematika. Ethnomathematics Journal, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36210
Sopamena, P., Kaliky, S., Assagaf, G., & Juhaevah, F. (2018). Etnomatematika Suku Nuaulu Maluku. In F. Juhaevah (Ed.), LP2M IAIN Ambon (I, Issue November). LP2M IAIN Ambon.
Suherman, S., Rahmadani, N. A., Vidákovich, T., Mujib, M., Fitria, N., Putri, N. I. S., Addarojat, M. R. U., & Priadi, M. (2021). SQ3R method assisted by ethnomathematics-oriented student worksheet: The impact of mathematical concepts understanding. Journal of Physics: Conference Series, 1796(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012059
Sumarni, S., Darhim, D., Fatimah, S., Priatna, N., Anjelita, A., & Taufik, A. (2018). The students’ mathematical concept understanding ability through cooperative learning type jigsaw assisted visual media. Journal of Physics: Conference Series, 1132(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1132/1/012051
Sumarsono, L. S. P., Shalihah, A., Ummah, S. R., & Hamidah, D. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah bangun ruang sisi lengkung berbasis etnomatematika pada jajanan tradisional. Marisekola: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 3(1).
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode systematic literature review untuk identifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems (IJIS), 1(2), 63–77. https://doi.org/doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916
Ulya, H., & Rahayu, R. (2020). Kemampuan representasi matematis field intermediate dalam menyelesaikan soal etnomatematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2695
Utami, K. B. (2021). Pembelajaran matematika dengan contextual teaching and learning terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII-1 SMPN 1 Lubuk Busung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic), 5(1). https://doi.org/10.36057/jips.v5i1.446
Wandini, R. R., & Banurea, O. K. (2019). Pembelajaran matematika untuk calon guru MI/SD (O. K. Banurea, Ed.; I). CV Widya Puspita. https://core.ac.uk/download/pdf/196543227.pdf
Widada, W., Herawaty, D., Andriyani, D. S., Marantika, R., Yanti, I. D., & Anggoro, A. F. D. (2020). Students' thinking process in understanding the concept of graphs during ethnomathematics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012072
Widada, W., Herawaty, D., Beka, Y., Sari, R. M., Riyani, R., & Nugroho, K. U. Z. (2020). The mathematization process of students to understand the concept of vectors through learning realistic mathematics and ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012071
Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2019). The ability to an understanding of the concept of derivative functions for inter-level students during ethnomathematics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1179(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012056
Widada, W., Herawaty, D., Rahman, M. H., Yustika, D., Gusvarini, E. P., & Anggoro, A. F. D. (2020). Overcoming the difficulty of understanding systems of linear equations through learning ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012074
Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) terhadap pemahaman konsep dan berpikir logis siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2). https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2718
Yufentya, W. E., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP pada materi lingkaran. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), =. https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4175
Zulkarnain, I., & Sari, N. A. (2014). Model penemuan terbimbing dengan teknik mind mapping untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 240–249. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i2.619
DOI: https://doi.org/10.35194/cp.v0i0.3043
Refbacks
- There are currently no refbacks.