PENGARUH TINGKAT KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENYALURAN DANA ZAKAT MELALUI LAZISMU CIANJUR

Sirojudin Siroj, Erlina Kusna Bella, Irpan Jamil

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang berkembang di masyarakat yaitu masih banyak muzakki yang menyalurkan dana zakatnya secara langsung kepada mustahik tidak melalui Lembaga Amil Zakat, yang diantaranya mengindikasikan menurunnya kesadaran masyarakat dalam menyalurkan dana zakat yang tidak sesuai dengan ketentuan syariat Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh tingkat kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap penyaluran dana zakat melalui LAZISMU Cianjur. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif dan asosiatif. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Accidental Sampling melalui metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) besarnya pengaruh Tingkat Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap Penyaluran Dana Zakat melalui LAZISMU Cianjur sebesar 74,9%, berarti bahwa 74,9% variabel Penyaluran Dana Zakat dapat dipengaruhi oleh Tingkat Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan. Sedangkan sisanya 25,1% dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain diluar variabel yang diteliti dalam penelitian ini. Maka untuk itu kepada peneliti selanjutnya direkomendasikan untuk mengembangkan dan memperdalam meneliti faktor atau variabel lain yang memiliki konstribusi.

ABSTRACT

This research is motivated by a growing phenomenon in the community that there are still many muzakki who distribute Zakat funds directly to mustahik not through the Amil Zakat institution, which of them indicates a decrease in public awareness in distributing zakat funds that are not in accordance with the provisions of Islamic law. The purpose of this study was to examine the influence of the level of trust and quality of service to the distribution of zakat funds through LAZISMU Cianjur. This type of research is quantitative with descriptive and associative methods. Sampling method in this study using Accidental Sampling through data collection methods using questionnaires. Based on the coefficient of determination test (R2) the magnitude of the influence of the level of trust and quality of Service has a significant positive effect on the distribution of Zakat funds through LAZISMU Cianjur by 74.9%, meaning that 74.9% of the variable distribution of Zakat funds can be influenced by the level of trust and quality of service. While the remaining 25.1% is influenced by other factors or variables outside the variables studied in this study. Therefore, the researcher is then recommended to develop and deepen researching factors or other variables that have a contribution.


Keywords


Tingkat Kepercayaan; Kualitas Pelayanan; Penyaluran Dana Zakat; Level Of Trust; Quality Of Service; Distribution Of Zakat Funds

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Al Ghofiqi, M.A. (2018). “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Muzaki Membayar dan Tidak Membayar Zakat pada LAZISMU Kabupaten Jemberâ€. JIAI (Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia), Ù£,1-14.

Arifin, Gus. (2016). Keutamaan Zakat, Infak dan Sedekah. Quanta.

Ash-shiddieqy, M. Hasbi.(2019).Pedoman Zakat. Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra.

Barkah, Qadariah, PenyCahayaAzwari, Saprida, dan ZuulFitriani Umari.(2020). Fikih Zakat, Sedekah, dan Wakaf. Jakarta: Prenamedia Group.

Devi, Novia Candra. (2019). Pengaruh Motivasi Masyarakat Kabupaten Mojokerto Dalam Membayar Zakat Infaq Shadaqoh (Studi Pada LAZISMU Kabupaten Mojokerto). Skripsi Sarjana pada FEB Universitas Brawijaya, Malang: tidak diterbitkan.

Hafsah, Siti Fadillah. (2021). Pengaruh Tingkat Kepercayaan dan Pengetahuan Terhadap Minat Muzakki Dalam Mengeluarkan Dana Zakat Pada LAZISMU Kota Medan. Skripsi Sarjana pada FAI Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan:tidak diterbitkan.

Nasfi, dkk. (2020). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariahâ€.Ekonomi Syariah: Journal of Economic Studies.Ù¤, 19-38.

Namiroh, Nur Madinatul. (2021). Pengaruh Pelayanan Lembaga Amil Zakat Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat (Studi Kasus Di LAZISMU Kabupaten Gresik). Skripsi Sarjana pada FEBI Universitas Islam Negeri Sunan Ampel ,Surabaya:tidak diterbitkan.

Nasution, Syamruddin. (2016). Arti Sebuah Kepercayaan (Online). Tersedia: https://uin-suska.ac.id/2016/09/19/arti-sebuah-kepercayaan-prof-dr-syamruddin-nasution/ (diakses pada 30 januari 2022, pukul 14:12 WIB).

Republika. (2022). Empat Hal yang Menjadi Keunggulan Lazismu, https://www.republika.co.id/ ,22 Februari 2022.

Rozalinda. (2014). Ekonomi Islam : Teori dan Aplikasinya pada Aktivitas Ekonomi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sahroni, Oni. (2019). Fikih Muamalah Kontemporer. Jakarta:Republika Penerbit.

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta CV.

Sunardi, & Sri Handayani. (2014). “Kualitas Pelayanan dalam Islam dan Kepercayaan terhadap Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Rumah Yatim Arrohman Indonesiaâ€. Islamiconomic Jurnal, Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah,87-89.

Susanti, Vivi & Cholichul Hadi. (2013). “Kepercayaan Konsumen dalam Melakukan Pembelian Gadget secara Onlineâ€. e-Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, h.3.

Supriyadi, Ahmad. (2020). “Kompetensi Amil Zakat: Studi Mahasiswa Manajemen Zakat dan Wakaf IAIN Tulangangung Menjelang Praktek Pengalaman Lapanganâ€. elBarka : Journal of Islamic Economic and Business. 3, (1). 117-118.




DOI: https://doi.org/10.35194/arps.v3i1.3221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ar-Rihlah : Jurnal Study Perbankan Syariah INDEXED BY : 

   

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.