PENGETAHUAN PRODUK DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN BERLABEL HALAL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SURYAKANCANA CIANJUR

Nanang Rustandi, Hindun Marlina

Abstract


ABSTRAK

Marak beredar produk makanan di pasaran, baik dari dalam maupun luar negeri yang dikonsumsi harus dipertanyakan kehalalanya. Setiap produk makanan harus mempunyai label halal untuk melindungi konsumen muslim. Produk makanan seperti apa yang baik untuk dikonsumsi dan yang harus dihindari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengetahuan produk dan religiusitas terhadap keputusan pembelian  produk makanan berlabel halal pada mahasiswa Universitas Suryakancana Cianjur. Pendekatan penelitian kuantitatif, dengan metode deskriptif asosiatif, pengambilan sampel menggunakan random sampling sebanyak 98 responden, menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa pengetahuan produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk makanan berlabel halal, lewat hasil pengujian parsial (uji t) menunjukkan nilai thitung > t tabel yaitu 3.740 > 1,985 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Religiusitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk makanan berlabel halal, hasil pengujian parsial (uji t) variabel menunjukkan nilai thitung > ttabel yaitu 4,154 > 1,985 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 ˂ 0,05. Pengetahuan produk dan religiusitas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk makanan berlabel halal dengan hasil pengujian uji F bahwa Fhitung > Ftabel (18,342 > 3.09) dan nilai signifikasi lebih kecil daripada 0.05 (0.000 < 0.05). Hasil uji koefisien determinasi (R2), besarnya pengaruh pengetahuan produk dan religiusitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 27,9% dan sisanya 72,1% dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain diluar variabel yang diteliti.

 

ABSTRACT

The spread of food on the market, both from abroad, which must be questioned, must be questioned about its halal status. Every food product must have a halal label to protect Muslim consumers. What kind of food products are good for consumption and which should be avoided. The purpose of this study was to determine how much influence product and religious knowledge had on purchasing decisions for halal-labelled food products for students at Suryakancana University, Cianjur. Quantitative research approach, with descriptive associative method, sampling using random sampling of 98 respondents, using multiple linear regression analysis. The results of the study stated that product knowledge had a significant effect on purchasing decisions for halal-labeled food products, through the results of partial testing (t test) showing the value of tcount > ttable, namely 3.740 > 1.985 with a significance value of 0.000 <0.05. Religiosity has a significant effect on purchasing decisions for halal-labeled food products, the results of the partial test (t test) of the variable show the value of tcount > ttable, which is 4.154 > 1.985 with a significance value of 0.000 0.05. Product knowledge and religion together have a significant effect on purchasing decisions for halal-labeled food products with the results of the F test that Fcount > Ftable (18.342 > 3.09) and the significance value is less than 0.05 (0.000 < 0.05). The results of the coefficient of determination test (R2), the magnitude of the influence of product knowledge and religion have a significant effect on purchasing decisions by 27.9% and the remaining 72.1% is influenced by other factors or variables outside the variables studied.


Keywords


Pengetahuan Produk; Religiusitas; Keputusan Pembelian; Label Halal; Product Knowledge; Religiosity; Purchase Decision; Halal Label

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Asnawi, A. (2022). Berpindah Merek Produk Saat Covid 19: Pengaruh Pengetahuan Produk dan Pemasaran Media Sosial. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 6 No.1, 4133.

Aulia, Almira Nur. “Pengaruh Pengetahuan Produk Halal, Religiusitas, dan Halal Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pangan Kemasan Berlabel Halalâ€, (Skripsi-Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018).

Anggraeni, Dwi Sinta. “Pengaruh Labelisasi Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor Dalam Kemasan (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UIN STS Jambi)â€, (Skripsi-UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, 2020).

CNN Indonesia. 2020. Arti Sup Kelelawar dan Ular dalam Tradisi China (online). Tersedia https://www.cnnindonesia.com (Diakses pada 5 Februari 2022).

Fandy Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.

Ibnunas, B. G., & Harjawati, T. (2021, Juli). Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Pembelian Produk Halal. Journal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA), Vol. 1 No. 2, 119.

Jerry C. Olson Dan Peter J. Paul. (2014). Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. Edisi Sembilan. Buku 2. Penerbit Salemba Empat. Jakarta. Jilid 1 Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Garry Armstrong, 2003, Dasar-dasar Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Kemenag. 2021. Update Sertifikasi Halal di Indonesia: Ekspektasi dan Kenyataan (online). Tersedia: https://kemenag.go.id (Diakses pada tanggal 15 Februari 2022).

Morrisan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana

Priyatno, D. 2013. Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate dengan SPSS: Yogyakarta: Gava Media.

Rahmat, A., Asyari, & Puteri, H. E. (2020, Januari-Juni). Pengaruh Hedonisme dan Religiusitas Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, Vol. 4 No. 1, 4.

Rustandi, Nanang., & Wibisono, Y. (2020). Persepsi Keagamaan Masyarakat Terhadap Situs Purbakala Gunung Padang Cianjur. Jurnal Diklat Keagamaan, Vol. XIV No. 2, 174.

Suryadi, B., & Hayat, B. (2021). Religiusitas Konsep, Pengukuran, dan Implementasi di Indonesia. Jakarta: Bibliosmia Karya Indonesia.

Schiffman, Leon G., dan Kanuk, Leslie Lazar. (2009). Perilaku Konsumen. Alih bahasa Zulkifli Kasip. Jakarta: PT. Indeks Group Gramedia

Sumarwan, Ujang. 2001. Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tamam, B., Saiban, K., & Munir, M. (2022, April). Penerapan Ilmu Ushul Fiqh Dalam Penetapan Istinbath Hukum Produk Halal di Indonesia. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, Vol. 07 No. 01, 6.




DOI: https://doi.org/10.35194/arps.v2i2.2630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ar-Rihlah : Jurnal Study Perbankan Syariah INDEXED BY : 

   

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.