PENGARUH PROBLEMATIKA RIBA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT

Caroline Chiko Meyrisma Yanti, Muhammad Yazid

Abstract


Sistem perekonomian merupakan hal yang sudah menjadi bagian dari aktivitas yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari manusia. Oleh karena itu peran perekonomian memiliki pengaruh besar bagi perjalanan di setiap waktu yang bisa dikatakan tidak menentu. Termasuk di dalamnya berkaitan dengan pinjam meminjam uang demi melanjutkan hidup. Sebagai acuan maka penelitian ini menggunakan berbagai literatur sumber bacaan untuk kemudian dijadikan sebagai bahan perbandingan pokok kajian. Riba ada dua jenis menurut jumhur ulama yaitu riba fadl dan nasa. Para filosofis memiliki pandangan yang berbeda-beda tentang riba meski pada intinya sama, yakni riba dilarang penerapannya. Selain sifatnya yang memaksa ternyata penerapan bunga juga berdampak pada peningkatan pengangguran. Karena suku bunga yang naik sehingga nilai investasi menurun dan berefek pada jumlah produksi yang dikurangi dampak dari hal tersebut tidak lain adalah akan ada pemutusan hubungan kerja sehingga jumlah pengangguran meningkatKegiatan perekonomian yang dilaksanakan secara batil baik pinjam meminjam, segala jenis transaksi jual beli adalah pengertian riba secara istilah. Sementara pengertian riba menurut bahasa adalah ziyadah atau tambahan, nama tumbuh.


Keywords


Riba, Ekonomi Islam, Sistem Perekonomian

Full Text:

PDF

References


Ihsan, Fanani Mafatikul, Ridan Muhtadi, and Moh Subhan. “Historiografi Kausa Legal Bunga (Riba) Di Indonesia.” Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman 6, no. 1 (2020).

Industri, E R A Revolusi, and Hisam Ahyani. “Dialog Pemikiran Tentang Norma Riba , Bunga Bank , Dan Bagi Hasil Di Era Industri 4.0” 04 (2020).

Kurniawan, Ilham, Raditya Andrian, Aji Baskoro, Raihan Awilah, and Putera Deza. “Riba, Perbankan Syariah, Dan Investasi Secara Islami Di Kalangan Remaja” 12, no. November (2021).

Maulana, Diky Faqih. “Analisis Terhadap Kontrak Ijarah Dalam Praktik Perbankan Syariah.” Muslim Heritage 6, no. 1 (2021).

Nor Nazimi Mohd Mustaffa. “Perubahan Tingkah Laku Masyarakat Arab Jahiliyyah Kepada Tingkah Laku Beragama.” Jurnal Pengajian Islam 13, no. 1 (2020).

Rosida, I N. “Analisis Dampak Praktik Bunga (Riba) Pada Lembaga Keuangan Non-Bank Bagi Perekonomian Masyarakat.” Jurnal Iqtisaduna 7, no. 1 (2021): u. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Iqtisaduna/article/view/20266.

Suardi, Didi. “Banque Syar’i : Jurnal Ilmiah Perbankan Syariah Volume.” Jurnal Ilmiah Perbankan Syariah 2, no. 1 (2019).

Wafa, Ahmad. “Gurita Riba Dalam Akad Keuangan Syariah (LKS) Di Kabupaten Ponorogo.” Jurnal Muslim Heritage 4, no. 1 (2019).




DOI: https://doi.org/10.35194/arps.v2i1.2405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ar-Rihlah : Jurnal Study Perbankan Syariah INDEXED BY : 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.