BRANDING DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM

Muhammad Zulfikar, Farid Faisal

Abstract


ABSTRAK

Branding adalah salah satu elemen penting dalam menjalankan usaha. Tidak mungkin suatu usaha berjalan tanpa ada Branding di dalamnya. Unsur-unsur Branding sendiri, yang merupakan bagian dari muamalah yang tentu saja tidak lepas dari hukum Islam. Oleh karena itu kita sebagai Muslim harus tahu batasan-batasan yang ada di dalam Branding ini. Untuk itulah masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah untuk mengetahui batasan-batasan yang ada dalam syariat dan bagaimana para ulama serta fuqaha memberikan pandangannya, apakah sepakat ataukah ada perbedaan pendapat didalamnya. Penelitian ini sendiri mempergunakan metode deskriptif, yaitu mencoba menjelaskan atas suatu gejala yang ada. Ternyata dalam beberapa batasan unsur Branding terdapat beberapa kesepakatan di kalangan para ulama dan fuqaha dan terdapat perbedaan pendapat pada beberapa unsur lainnya

ABSTRACT

Branding is an important element in running a business. It is impossible for a business to run without branding in it. Branding elements themselves, which are part of muamalah, of course cannot be separated from Islamic law. Therefore we as Muslims must know the limitations that exist in this Branding. For this reason, the problem raised in this study is to find out the limitations that exist in the Shari'a and how the scholars and jurists give their views, whether they agree or there are differences of opinion in it. This research itself uses a descriptive method, which is trying to explain an existing symptom. It turns out that within some limits of the Branding element there are several agreements among scholars and jurists and there are differences of opinion on several other elements.


Keywords


Branding; Unsur; Muamalah; Syariat; Ikhtilaf; Branding; Elements; Muamalah; Islamic Law; Dissent

Full Text:

PDF

References


A.Djazuli, 2006, Kaidah-Kaidah Fikih, Kencana Prenada Media Grup : Jakarta

Abdul Aziz Muhammad Azzam, 2017, Fiqh Muamalat, Amzah : Jakarta

Adib Falahudin, Tafsir Surah As Saff, Celaan Bagi Orang Yang Perkataannya Tidak Sesuai Tindakannya, 10 Agustus 2021, https://bit.ly/3czBJg9

Aditya Halim Perdana Kusuma dkk, 2020, Brand Management : Esensi, Posisi dan Strategi, Yayasan Kita Menulis, Medan

Al Hafiz Kurniawan, Pandangan Ulama Mengenai Hukum Suara Perempuan, 21 Januari 2021, https://bit.ly/30ZAnJd

Ali Hasan Ali Abdul Hamid, Al Muntaqan Nafis Min Talbis Iblis, Dar Ibnul Jauzy

Amin Bin Abdullah Asy Syaqawi, 2010, Gadhul Bashar, Islam House : Jakarta

Anang Firmansyah, 2019, Pemasaran Produk dan Merek, CV. Penerbit Qiara Media : Surabaya

P. Banoe, 2003, Kamus Musik, Kanisius : Yogyakarta

Depag RI, 2011, Al Hidaya : Al Qur’an Tafsir Pertama, Kalim : Banten

Halid Al Namadi, 2010, Risalah Buat Wanita Muslimah, Pustaka Mantiq : Jakarta

Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah cetakan III, hlm.281

Ibnul Qayyim Al Jauziyah, 2007, Fiqh Bayi, Dar Al Fikr : Jakarta

Ibnul Qayyim Al Jauziyah, 2007, Kado Menyambut Si Buah Hati, Pustaka Al Kautsar : Jakarta

Lajnah Daimah Lil Buhuts Al Ilmiah Wal Ifta, Gambar Atau Foto Untuk Suatu Yang Penting, https://bit.ly/3CnmPnz

M. Quraish Shihab, 1999, Fatwa-Fatwa Seputar Wawasan Agama, Mizan : Bandung

M. Quraish Shihab, 2006, Yang Tersembunyi, Lentera Hati : Jakarta

Marikxon Manurung, Apa Itu Branding, , https://bit.ly/2YYeJUQ

Marsha Tambunan, 2004, Sejarah Musik Dalam Ilustrasi, Progres : Jakarta

Marty Neuemeier, 2004, The Brand Gap, New Riders Publishing, New York

Muhammad Abduh Tuasikal, Hukum Mengambil Foto Dengan Kamera, 23 Desember 2011 https://bit.ly/3nmlo4x

Muhammad Abdul Jabbar Beg, 1998, Seni Di Dalam Peradaban Islam, Pustaka : Bandung

Muslim Atsari, 2003, Adakah Musik Islami?, At Tibyan : Solo

Nooryan Bahari, 2010, Kritik Seni : Wacana, Apresiasi dan Kreasi, Pustaka Pelajar : Yogyakarta

Philip Kotler, 2009, Manajmemen Pemasaran Jilid 1, Edisi ke 13 Terjemahan Bob Sabran, Erlangga, Jakarta

QuranHadits.com, HR. Bukhari: 5497 , https://bit.ly/30uK2aD

Suara Muhammadiyah, Hukum Membuat Patung Dan Melukis, 12 April 2021. https://bit.ly/3DnU6QF

Tafsirweb, Surat An Nur Ayat 31, 17 Januari 2022, https://tafsirweb.com/6159-surat-an-nur-ayat-31.html

Tom Duncan, 2005, Principles of Advertising and IMC 2nd Ed, The McGraw-Hill Companies, New York

Yazid Bin Abdul Qadir Jawas, Berkata Benar (Jujur) Dan Jangan Dusta (Bohong), Tahun 2012, https://bit.ly/3qKj1dR

Yulian Purnama, Kupas Tuntas Hukum Gambar Mahluk Bernyawa, 03 Desember 2020, https://bit.ly/3oDQ6VY

Yusuf Qardhawi, 2000, Halal dan Haram Dalam Islam, Bina Ilmu : Surabaya

Yusuf Qardhawi, 2001, Nasyid versus Musik Jahiliyah, Mujahid : Bandung




DOI: https://doi.org/10.35194/arps.v2i1.2366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ar-Rihlah : Jurnal Study Perbankan Syariah INDEXED BY : 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.