MINAT BELI KONSUMEN DI TOKO TEKSTIL IBU YULI SUKANAGARA CIANJUR DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh secara parsial dan simultan dari kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen di Toko Tekstil Ibu Yuli Sukanagara Cianjur.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif asosiatif. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling dengan total sampel sebanyak 64 dengan menggunakan analisis regresi berganda. Data penelitian merupakan data primer yang diperoleh melaui kuesioner sebagai instrumen penelitian. Data diolah dengan bantuan instrument olah data SPPS versi 25. Hasil penelitian menyimpulkan, secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap terhadap minat beli konsumen , sedangkan untuk variabel kualitas produk, tidak berpengaruh signifikan Namun demikian, secara simultan variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen . Hal ini dibuktikan dari hasil uji t dan uji F. Untuk variabel kualitas pelayanan, diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t table (2,931 > 2,000) dengan nilai signifikansi lebih kecil daripada 0,05 (0,005 < 0,05) dan untuk variabel kualitas produk diperoleh nilai t hitung lebih kecil daripada t tabel (1,638 < 2,000) dengan nilai signifikansi lebih besar daripada 0,05 (0,107 > 0,05). Hasil uji F (uji simultan), diperoleh nilai Fhitung lebih besar daripada Ftabel (21,565 > 3,15) dengan nilai signifikansi lebih kecil daripada 0,05 (0,000<0.005). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi R2, besarnya pengaruh variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen sebesar 41,4% sedangkan sisanya sebesar 58,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel yang diteliti.
ABSTRACK
This study aims to: examine the partial and simultaneous effect of service quality and product quality on consumer buying interest at the Textile Shop Mrs. Yuli Sukanagara Cianjur. The approach used in this study is a quantitative approach with associative descriptive research methods. The sampling of this research was done by random sampling technique with a total sample of 64 using multiple regression analysis. Research data is primary data obtained through a questionnaire as a research instrument. The data is processed with the help of SPPS ver 25 data processing instrument. The results of the study conclude, partially service quality has a significant effect on consumer buying interest, while for product quality variables, it has no significant effect. However, simultaneously service quality and product quality variables have a significant effect on consumer buying interest. This is evidenced from the results of the t-test and F-test. For the service quality variable, the t-count value is greater than the t-table (2.931 > 2,000) with a significance value less than 0.05 (0.005 < 0.05) and for the quality variable the product obtained t arithmetic value is smaller than t table (1.638 < 2,000) with a significance value greater than 0.05 (0.107 > 0.05). The results of the F test (simultaneous test), the Fcount value is greater than Ftable (21.565 > 3.15) with a significance value less than 0.05 (0.000 <0.005). Based on the results of the coefficient of determination R2, the magnitude of the influence of service quality and product quality variables on consumer buying interest is 41.4% while the remaining 58.6% is influenced by other factors outside the variables studied
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aptaguna, A & Pitaloka E. (2016) Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Widyakala Journal
Bairoh, Hikmatul. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen pada Minimarket Indomaret dan Minimarket Alfamart. Skripsi Sarjana pada Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana alik Ibrahim Malang: diterbitkan.
Basrah Saidani, Samsul Aripin. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layana terhadap kepuasan Konsumen dan Minat Beli pada Ranch Market. Jurnal
Faradiba, & Astuti S. R. T (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Warung Makan Bebek Gendut Semarang). Diponegoro Journal of Management
Indra, Jaya krisna. 2016. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Smartphone Iphone.” Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta
Kotler, keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary 2014. Principles Of Marketin, 12th Edition, jilid 1 terjemahan Bob Sabran Jakarta: erlangga
Kotler, Philip. 2006. Marketing Management 12e. Pearson International Edition
Kotler. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Mandasari, Kartika. 2011. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Minat Beli Konsumen dalam Memilih Jasa Perhotelan. Skripsi Sarjana pada Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Martono, M., & Irian, S. S. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Batik Sendang Duwur Lamongan. Jurnal Ilmu Manajemen
Nisa, Chaerun. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Tingkat Kepuasan Terhadap Minat Beli Konsumen Syariah Mart Cianjur. Skripsi Sarjana pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Suryakancana Cianjur
Riduwan dan Akdon. 2016. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta
Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli pada ranch market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia
Salfina, L. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Pakaian Anak-Anak. Studi Kasus Toko Rizky Dan Afdal Pariaman. Jurnal Ilmu Manajemen
Sugiyono 2017 Metode Penelitian Bandung:Alfabeta
Sugiyono. 2007. “Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :Afabeta
Sugiyono. 2014. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Afabeta
Weenas, J. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi
Wicaksono, Satria Adhi. (2015). Pengaruh Merek dan Desain Terhadap Minat Beli Konsumen. Skripsi Sarjana pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang
DOI: https://doi.org/10.35194/arps.v2i1.2356
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ar-Rihlah : Jurnal Study Perbankan Syariah INDEXED BY :
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.