PENGARUH MEDIA PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT CIBEBER MENABUNG DI BANK SYARIAH

Nanang Rustandi, Anggi Shopiyulloh

Abstract


ABSTRAK

Penelitian bermula dari masih kurangnya pemahaman masyarakat tentang mekanisme menabung di bank syariah. Mereka hanya mengetahui dari berbagai iklan yang diterbitkan oleh bank-bank syariah, baik itu cetak maupun elektronik, meski sangat minim. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media periklanan dan keputusan masyarakat untuk menabung di bank syariah yang ada di Desa Peuteuycondong Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh media periklanan terhadap keputusan nasabah untuk menabung di bank syariah, melalui uji hipotesis dimana dinyatakan bahwa apabila thitung lebih besar (>) ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Metode penelitian menggambarkan kondisi objek penelitian sedang terjadi saat ini, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik menggunakan analisa data statistik yang kemudian dikualitatifkan sehinga menjadi sebuah simpulan dari penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh media periklanan terhadap keputusan masyarakat menabung di bank syariah. Adapun besarnya pengaruh diperoleh angka nilai t-hitung sebesar 13,503 nilai ini lebih besar dari t-tabel sebesar 1,665, hal ini membuktikan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak. Sedangkan media periklanan yang dilakukan oleh Bank syariah akan meningkatkan keputusan masyarakat sebesar sebesar 28,6%. Sedangkan sisanya sebesar 71,4% dipengaruhi oleh variabel lainnya, seperti faktor minat masyarakat, agama yang  mereka anut, kepercayaan terhadap kualitas bank bank syariah, informasi yang diperoleh dari orang lain, serta penawaran yang dilakukan secara langsung oleh bank syariah dan yang lainnya.

ABSTRACK

The research stems from the lack of public understanding of the mechanism for saving in Islamic banks. They only know from various advertisements published by Islamic banks, both printed and electronic, although very minimal. The purpose of this study was to determine how much influence the advertising media had and the public's decision to save in Islamic banks in Peuteuycondong Village, Cibeber District, Cianjur Regency. The hypothesis proposed in this study is whether there is an influence of advertising media on customer decisions to save in Islamic banks, through hypothesis testing where it is stated that if tcount is greater (>) ttable then Ho is rejected and Ha is accepted. The method used in this research is descriptive method, which is a research method that describes the current condition of the object of research, using a quantitative approach and data collected through observation, interviews, questionnaires, and documentation. While the data analysis technique uses statistical data analysis which is then qualitatively so that it becomes a conclusion from the research. The results of this study indicate the influence of advertising media on people's decisions to save in Islamic banks. The magnitude of the effect is obtained by the t-count value of 13,503 this value is greater than the t-table of 1,665, this proves that the null hypothesis (Ho) is rejected. Meanwhile, the advertising media carried out by Islamic banks will increase public decisions by 28.6%. While the remaining 71.4% is influenced by other variables, such as factors of public interest, their religion, belief in the quality of Islamic banks, information obtained from other people, and offers made directly by Islamic banks and others.


Keywords


Media Periklanan; Keputusan Masyarakat dan Bank Syariah; Advertising Media; Community Decisions and Islamic Banks

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Ali Nasif, Mansur. At-taj al-jami’li al-ushul fi ahadist al-rasul. Jilid 3. Beirut: Dar al-fikr.

Al-Musyaiqih, Khalid bin Ali. Buku Pintar Muamalah, Aktual dan Mudah. Wafa Press: Klaten, 2012.

Blackwell, Roger D, dkk. Consumer Behavior. USA: The Dryen Press, 2004. Kasali, Rhenald. Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Cetakan Kelima. Jakarta: Pustaka Utama Graviti, 2007.

Jaiz, Muhammad. Dasar-dasar Periklanan, Geraha Ilmu: Yogyakarta, 2014.

Kasmir. Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana, 2008.

Karim, A. Adiwarman. Bank Islam, Analisis Fiqih dan Keuangan. PT. Raja Grapindo Persada: Jakarta, 2004.

Kertajaya, Hermawan dan Syakir Sula, Muhammad. Syariah Marketing. Cetakan pertama. Bandung: Mizan, 2006.

Kotler, Philip. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 8. Jilid I. Jakarta: Erlangga, 2001.

-----------------. Marketing Management. The Millenium Edition. New Jersey: Prentice Hall International, 2000.

Lupiyoadi, Rambat. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Salemba Emban Patria, 2001.

Momen, John C and Minor Micheal. Consumer Behavior. New Jersey: Prentice Hall, 2001.

Moriaty, Sandra, dkk. Advertising: Principle and Practice. Edisi 8. Pearson: Prentice Hall, 2008.

Muhammad. Manajemen Dana Bank Syari’ah. Cetakan pertama. Yogyakarta, Ekonisia, 2004.

Rustandi, Nanang. Agama dan Perubahan Sosial Ekonomi, Jurnal Agama dan Budaya, 2020.

Qhardhawi, Yusuf. Peran Nilai dan Moral dalam Perekonomian Islam. Jakarta: Robbani Pers, 1997.

Santoso, Singgih. Buku Pelatihan SPSS Statistik Parametik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2000.

Simamora, Bilson. Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2004.

Singarimbun, Masri dan Effendi Sofyan. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES, 1995.

Stanton, William J, dkk. Fundamental of Marketing. Edisi 9. MC Graw Hill, 1994.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan kesebelas. Bandung: CV. Alfabeta, 2008.

Suhandang, Kustadi. Periklanan, Manajemen, Kiat dan Strategi. Penerbit Nuansa: Bandung, 2005.

Suryani, Tatik. Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Jakarta: Graha Ilmu, 2008.

Tjiptono, Fandy. Pemasaran Jasa. Cetakan 1. Malang: Bayumedia Publishing, 2005.




DOI: https://doi.org/10.35194/arps.v2i1.2355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ar-Rihlah : Jurnal Study Perbankan Syariah INDEXED BY : 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.