PERAN MODEL BISNIS BANCASSURANCE MELALUI NASABAH BANK SYARIAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PT AJS AL-AMIN KEDIRI

Ilyas Adhi Purba, Siti Farikhatul Maghfiroh

Abstract


ABSTRAK

Strategi pemasaran produk yang baik akan memberikan hasil yang maksimal terhadap penggunaan produk suatu perusahaan. Termasuk pada Industri Asuransi, maka memerlukan strategi yang baik dalam mendapatkan peserta. Salah satu bentuk strategi pemasaran sebuah perusahaan asuransi ialah model bisnis Bancassurance. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran model bisnis Bancassurance sebagai bentuk kerjasama antara Bank Syariah dan perusahaan asuransi. Dalam praktiknya pihak Bank Syariah akan menawarkan produk asuransi kepada nasabahnya. Sehingga tentu saja pihak asuransi akan diuntungkan dengan adanya penggunaan produknya oleh nasabah Bank Syariah. Oleh karena itu, penelitian ini ingin menggambarkan peran model bisnis Bancassurance dalam meningkatkan pendapatan perusahaan asuransi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model bisnis Bancassurance atau kerjasama antar dua lembaga keuangan ini sangat berperan satu sama lain. Bagi pihak PT. Asuransi Jiwa Syariah (AJS) AL-Amin Kediri, mereka mendapatkan tambahan pendapatan disamping pendapatan dari produk individu. Terdapat berbagai nasabah BSI Kediri yang telah tergabung dalam peserta asuransi. Salah satunya nasabah pembiayaan, yang cukup banyak menarik minat nasabah untuk menjadi peserta pada PT. Asuransi Jiwa Syariah (AJS) AL-Amin Kediri.

ABSTRACT

A good product marketing strategy will provide maximum results for the use of a company's products. Including in the Insurance Industry, it requires a good strategy in getting participants. One form of an insurance company's marketing strategy is the Bancassurance business model.This study aims to determine the role of the Bancassurance business model as a form of cooperation between sharia Banking and insurance companies. In practice, sharia Banking will offer insurance products to their customers. So of course the insurance company will benefit from the use of its products by sharia Banking customers. Therefore, this study would like to describe the role of the Bancassurance business model in increasing the income of insurance companies. This study uses a qualitative method with a case study approach. The data collection technique used in this research is interviews. The analytical technique used in this research is descriptive analysis. The results of this study indicate that the Bancassurance business model or cooperation between these two financial institutions plays a very important role in each other. For the PT. Sharia Life Insurance (AJS) AL-Amin Kediri, they get additional income in addition to income from individualproducts. There are various BSI Kediri customers who have joined insurance participants. One of them is a financing customer, which attracts quite a lot of customers to become participants in PT. Sharia Life Insurance (AJS) AL-Amin Kediri.


Keywords


Bancassurance; Pembiayaan; Pendapatan; Bancassurance; Financing; Income

Full Text:

PDF

References


Ajib, Muhamad. 2019. Asuransi Syariah. Rumah Fiqih Publishing, hlm. 26.

Amrin, Abdullah. 2016. Asuransi Syariah: Keberadaan dan Kelebihanya Ditengah Asuransi Konvensional. Bandung: Alfabeta, hlm. 51.

Diana Agustina, Dedi Djubaedi, dan Ayus Ahmad Yusuf, “Strategi Bisnis Bancassurance Dengan ‘Business Model Canvas’ Pada Asuransi Jiwa Syariah Di Pt. Axa Mandiri Area Cirebon.” Inklusif (Jurnal Pengkajian Penelitian Ekonomi Dan Hukum Islam), Vol. 6, No. 2 (2021): 176-189.

Diana Fitriana, “Manajemen Risiko Perbankan Dan Dugaan Tindakan Perjanjian Tertutup (Tyingagreement) Dalam Kegiatan Kerjasam Bancassurance Antara Bank Dan Asuransi" De Jure Muhammadiyah Cirebon, Vol. 1, No. 1 (2017): 20–40.

Eko Harry Susanto, dan Ari Yuliani Dan, “Pentingnya Strategi Bisnis Yang Tepat Dalam Mempertahankan Eksistensi Suatu Usaha (Studi Kasus: Penutupan Sevel).” Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, Vol. 3, No. 1 (2019): 15–23.

Hasoloan, Jimmy. 2015. Pengantar Ilmu Ekonomi. Deepublish, hlm. 83.

https://alamin.co.id, Diakses Pada Tanggal 19 Mei 2022, Pukul 08.45 WIB.

Ikatan Bankir Indonesia. 2013. Memahami Bisnis Bank. Grasindo, hlm. 116.

Ikhwan Abiyyu, Mukhamad Najib, dan Alla Asmara, “Bancassurance Business Strategy in Life Insurance: A Case Study One of Joint Venture Company in Indonesia.” Jurnal Dinamika Manajemen, Vol. 11, No. 1 (2019): 103–115.

Muhammad Akbar Langlang Buwana, dan Siti Nursyamsiah, “Analisis Implementasi Inovasi Terbuka : Peran Kerjasama Eksternal Terhadap Inovasi Produk Dan Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Pada Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Batik Di Yogyakarta).” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, Vol. 6, No. 1 (2018): 45–64.

Moh. Aris Pasigai, “Pentingnya Konsep Dan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis.” Jurnal Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan, Vol. 1, No. 1 (2019): 51–56.

Putera, Andika Persada. 2019. Hukum Perbankan: Analisis Mengenai Prinsip, Produk, Risiko, Dan Manajemen Risiko Dalam Perbankan. Scopindo Media Pustaka, hlm. 54.

Sukarno, Zulfikry dan Patta Rapanna. 2017. Ekonomi Pembangunan. Jakarta: Sah Media, hlm. 87.

Suparmin, Asy’ari. 2019. Asuransi Syariah: Konsep Hukum dan Operasional. Lampung: Uwais Inspirasi Indonesia, hlm. 8.

Yayu Putri Senjani, “Peran Sistem Manajemen Pada Bumdes Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Desa.” Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 2, No. 1 (2019): 23-38.




DOI: https://doi.org/10.35194/arps.v2i1.2323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ar-Rihlah : Jurnal Study Perbankan Syariah INDEXED BY : 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.