ANALISIS KOMPARATIF PEMBIAYAAN MUSYARAKAH DI BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU ANTAPANI DENGAN KREDIT MODAL KERJA DI BANK MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU SOEKARNO HATTA

Nabila Muzdalifah, Yasir Muharram Fauzi

Abstract


ABSTRAK

Berdasarkan hasil observasi, bahwa yang melatarbelakangi penelitian ini adalah pentingnya modal kerja bagi suatu perusahaan dan bank menyediakan produk pembiayaan musyarakah dan kredit modal kerja untuk membantu hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana syarat, ketentuan, prosedur, dan perhitungan bagi hasil dan bunga dari pembiayaan musyarakah yang ada di Bank Syariah Mandiri KCP Antapani dan kredit modal kerja yang ada di Bank Mandiri KCP Soekarno Hatta. Objek penelitian pada laporan ini adalah produk pembiayaan musyarakah dan kredit modal kerja yang ada di Bank Syariah Mandiri dan Bank Mandiri. Adapun jenis penelitiannya adalah kualitatif komparatif, jenis datanya adalah data primer dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, studi pustaka dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa keunggulan dari produk pembiayaan musyarakah di Bank Syariah Mandiri yaitu menggunakan prinsip bagi hasil dengan sistem revenue sharing dimana bagi hasilnya didasarkan atas hasil usaha nasabah dan nisbahnya berdasarkan pada kesepakatan para pihak yang berakad, sedangkan keunggulan produk kredit modal kerja di Bank Mandiri adalah mempunyai limit kredit yang lebih luas dibandingkan dengan pembiayaan musyarakah di Bank Syariah Mandiri.

ABSTARCT

Based on the results of observations, that the background of this study is the importance of working capital for a company and a bank to provide musyarakah financing products and working capital loans to help this.This study aims to determine how the terms, conditions, procedures, and calculation of profit sharing and interest from musyarakah financing in Bank Syariah Mandiri KCP Antapani and working capital loans in Bank Mandiri KCP Soekarno Hatta.The object of research in this report is the musyarakah financing product and working capital credit in Bank Syariah Mandiri and Bank Mandiri. The type of research is comparative qualitative, the type of data is primary data and uses data collection techniques such as observation, interviews, literature studies and documentation studies. The results showed that the superiority of musyarakah financing products at Bank Syariah Mandiri is to use the principle of revenue sharing with a revenue sharing system where the profit sharing is based on the customer's business results and the ratio is based on the agreement of the parties in mind, while the excellence of working capital credit products at Bank Mandiri is has a wider credit limit compared tomusyarakah financing at Bank Syariah Mandiri.


Keywords


Analisis Komparatif; Pembiayaan Musyarakah; Kredit Modal Kerja; Comparative Analysis; Musyarakah Financing; Working Capital Loans

Full Text:

PDF

References


Antonio, M. S. (2012). Bank Syariah dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Gema Insani.

Ascarya. (2011). Akad & Produk Bank Syariah. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Djuarni, W. (2011). Analisis Perbandingan Metode Pemberian Kredit di Bank Konvensional dengan Pembiayaan Musyarakah di Bank Syariah pada PT Bank Jabar Banten dan PT Bank Jabar Syariah Tbk.Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 251-258.

Fahmi, I. (2014). Pengantar Perbankan Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Ika, D. (2014). Kelayakan Kredit Dan Penetapan Plafon Kredit Modal Kerja Calon Debitor Umkm Di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Dotulolong Lasut Manado.Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 470-479.

Ismail. (2017). Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana.

Janah, W. (2018). Sistem bagi hasil pembiayaan modal kerja dengan akad musyÄrakah di bank syariah mandiri kantor cabang cilacap.

Karim, A. (2017). Bank Islam Analisa Fiqh dan Keuangan. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Kasmir. (2016). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Muhamad. (2016). Manajemen Keuangan Syariah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Muhamad. (2017). Manajemen Dana Bank Syariah. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Ratnasari, S. L. (2012). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Surabaya: UPN Press.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Susilo, E. (2018). Pengawasan Syariah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Undang-undang Republik Indonesia No. 21 Tahun 2008

Undang-undang Republik Indonesia No. 10 Tahun 1998

https://www.mandirisyariah.co.id/ (diakses pada tgl 1 Januari 2020)

https://www.bankmandiri.co.id/ (diakses pada tgl 1 Februari 2020)




DOI: https://doi.org/10.35194/arps.v1i2.1809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ar-Rihlah : Jurnal Study Perbankan Syariah INDEXED BY : 

   

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.