ANALISIS OPTIMALISASI DAMPAK PEMBINAAN CITRA PRODUK IKM TERHADAP DAYA SAING UMKM KABUPATEN CIANJUR

Kasmiri Kasmiri, Hana Amalia Sufiandi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pembinaan terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai produsen Industri Kecil Menengah (IKM) melalui  program pembinaan fasilitasi yang telah diselenggarakan oleh DISKOPERDAGIN Kabupaten Cianjur terhadap UMKM dalam rangka meningkatkan citra produk IKM. Pembinaan yang telah diberikan berupa pembinaan fasilitasi untuk meningkatkan daya saing produk IKM melalui upaya peningkatan citra produk yang meliputi pembinaan fasilitasi P-IRT, label halal, desain kemasan, dan pendaftaran HAKI merek dagang. Tujuan penilitian ini adalah untuk menganalisis Optimalisasi dampak pembinaan citra produk IKM terhadap daya saing UMKM Kabupaten Cianjur (Studi Kasus Pembinaan UMKM pada DISKOPERDAGIN Kabupaten Cianjur). Pendekatan penelitian bersifat penelitian kualitatif dan kuantitatif, dengan metode penelitian analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan, observasi partisipatif dan wawancara selama melakukan Kuliah Kerja Lapangan. Temuan penelitian menyimpulkan bahwa pembinaan fasilitasi yang diberikan DISKOPERDAGIN dalam meningkatkan daya saing produk melalui pembinaan citra produk UMKM, seperti pembinaan fasilitasi  PIRT,label halal, kemasan dan merek dagang ,nampak masih belum optimal untuk meningkatkan daya saing produk UMKM Kabupaten Cianjur, karena   secara kuantitatif  cakupan pembinaan fasilitasinya masih terbatas.

 

ABSTRACT

This research is motivated  by  implementation program of fasilitation for enchance competitive advantage of Cianjur IKM’S product. The scope area program are fasilitation for PIRT sertificate, Halal’S label, Packaging Design, and Brand Register product.  The aims of this research  to analyze optimalization  impact of implementation DISKOPERDAGIN fasilitation program to enchance  product competitive advantage of  Cianjur IKM product. The methodology of this research are  quantitative and qualitative research, with a descriptive analysis research method. Data was collected through literature study, par ticipatory observation and interviews was conducted during the KKL program in DIS KOPERDAGIN Cianjur District. Conclution of the research, that impact DISKOPERDAGIN fasilitation program to enchance IKM product’S competitive advantage not yet. Qualitative that fhenomena condition occur from limited number participant program fasilitation coverage.


Keywords


Pembinaan Fasilitasi UMKM; Citra Produk IKM; Daya; UMKM fasilitation program; IKM Product Image and UMKM competitive advantage saing UMKM

Full Text:

PDF

References


Akim; Konety, Neneng; Purnama, Chandra; Adilla, M. H. (2018). The Understanding of Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) in Jatinangor on the Obligation of Halal Certification on Food Products. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 31–49. http://jurnal.unpad.ac.id/kumawula/index

Florita, A., Jumiati, & Mubarak, A. (2018). PEMBINAAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH OLEH DINAS KOPERASI DAN UMKM KOTA PADANG. Pembinaan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Oleh Dinas Koperasi Dan Umkm Kota Padang, 1(1), 143–153.

Hidayat, S., & Lisara, I. (2019). MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM KICIMPRING MELALUI PROGRAM “MELEK UMKM. 8(1), 25–32.

Husaeni, Uus Ahmad, and Tini Kusmayati Dewi. “Pengaruh Pembiayaan Mikro Syariah Terhadap Tingkat Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada Anggota BMT di Jawa Barat.†Bongaya Journal for Research in Management 2, no. 1 (2019): 48–56.

Ibrahim, M., Zainuddin, M., & Surusa, F. E. P. (2019). Upaya Peningkatan Pemasaran Produk Melalui Pendampingan Pembuatan Nama Produk, Kemasan dan Perizinan Usaha Dodol Desa Reksonegoro Kabupaten Gorontalo. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 3(1), 29. https://doi.org/10.36339/je.v3i1.186

Pratiwi Octasylva, A. R., Leonita, S., & Damang, S. M. (2020). Pelatihan Desain Kemasan Produk UMKM di Tangerang Selatan. Empowerment in the Community, 1(2), 41. https://doi.org/10.31543/ecj.v1i2.356

Primiana, I. (2013). Peningkatan Daya saing UMKM Jawa Barat Dalam Menopang Perekonomian Nasional. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sadjoli, N., Yuliati, R., Reynaldi, W., Anggraini, S. D., Debian, R., Yedidya, S., & Kenneth, H. (2020). Peningkatan Daya Tarik Produk UMKM Teh Sereh Seungit dengan Kemasan Kekinian. Journal of Dedicators Community, 3(3), 58–72. https://doi.org/10.34001/jdc.v3i3.1022

Suprapto, R., & Azizi, Z. W. (2020). Pengaruh Kemasan, Label Halal, Label Izin P-Irt Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Umkm Kerupuk Ikan. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN), 3(2), 125–133. https://doi.org/10.31002/rn.v3i2.1984

Hana. Wawancara dengan Hery Suswandi, S.Sos, Tanggal 29 September 2020, di Kantor DISKOPERDAGIN Kabupaten Cianjur, pukul 10.00-12.00 WIB

Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, LAKIP Tahun 2018

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran edisi-12. Jakarta: PT Indeks

Raden Rudi Alhempi. Pengaruh Pelatihan dan Pembinaan terhadap Pengembangan Usaha Kecil pada Program Kemitraan Bina Lingkungan. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 13 No. 1

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Tambunan, Tulus TH. 2009. UMKM di Indonesia. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.35194/arps.v1i1.1292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ar-Rihlah : Jurnal Study Perbankan Syariah INDEXED BY : 

   

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.