ANALISIS OPTIMALISASI DAMPAK PEMBINAAN CITRA PRODUK IKM TERHADAP DAYA SAING UMKM KABUPATEN CIANJUR
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pembinaan terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai produsen Industri Kecil Menengah (IKM) melalui program pembinaan fasilitasi yang telah diselenggarakan oleh DISKOPERDAGIN Kabupaten Cianjur terhadap UMKM dalam rangka meningkatkan citra produk IKM. Pembinaan yang telah diberikan berupa pembinaan fasilitasi untuk meningkatkan daya saing produk IKM melalui upaya peningkatan citra produk yang meliputi pembinaan fasilitasi P-IRT, label halal, desain kemasan, dan pendaftaran HAKI merek dagang. Tujuan penilitian ini adalah untuk menganalisis Optimalisasi dampak pembinaan citra produk IKM terhadap daya saing UMKM Kabupaten Cianjur (Studi Kasus Pembinaan UMKM pada DISKOPERDAGIN Kabupaten Cianjur). Pendekatan penelitian bersifat penelitian kualitatif dan kuantitatif, dengan metode penelitian analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan, observasi partisipatif dan wawancara selama melakukan Kuliah Kerja Lapangan. Temuan penelitian menyimpulkan bahwa pembinaan fasilitasi yang diberikan DISKOPERDAGIN dalam meningkatkan daya saing produk melalui pembinaan citra produk UMKM, seperti pembinaan fasilitasi PIRT,label halal, kemasan dan merek dagang ,nampak masih belum optimal untuk meningkatkan daya saing produk UMKM Kabupaten Cianjur, karena  secara kuantitatif cakupan pembinaan fasilitasinya masih terbatas.
Â
ABSTRACT
This research is motivated by implementation program of fasilitation for enchance competitive advantage of Cianjur IKM’S product. The scope area program are fasilitation for PIRT sertificate, Halal’S label, Packaging Design, and Brand Register product. The aims of this research to analyze optimalization impact of implementation DISKOPERDAGIN fasilitation program to enchance product competitive advantage of Cianjur IKM product. The methodology of this research are quantitative and qualitative research, with a descriptive analysis research method. Data was collected through literature study, par ticipatory observation and interviews was conducted during the KKL program in DIS KOPERDAGIN Cianjur District. Conclution of the research, that impact DISKOPERDAGIN fasilitation program to enchance IKM product’S competitive advantage not yet. Qualitative that fhenomena condition occur from limited number participant program fasilitation coverage.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akim; Konety, Neneng; Purnama, Chandra; Adilla, M. H. (2018). The Understanding of Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) in Jatinangor on the Obligation of Halal Certification on Food Products. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 31–49. http://jurnal.unpad.ac.id/kumawula/index
Florita, A., Jumiati, & Mubarak, A. (2018). PEMBINAAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH OLEH DINAS KOPERASI DAN UMKM KOTA PADANG. Pembinaan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Oleh Dinas Koperasi Dan Umkm Kota Padang, 1(1), 143–153.
Hidayat, S., & Lisara, I. (2019). MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM KICIMPRING MELALUI PROGRAM “MELEK UMKM. 8(1), 25–32.
Husaeni, Uus Ahmad, and Tini Kusmayati Dewi. “Pengaruh Pembiayaan Mikro Syariah Terhadap Tingkat Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada Anggota BMT di Jawa Barat.†Bongaya Journal for Research in Management 2, no. 1 (2019): 48–56.
Ibrahim, M., Zainuddin, M., & Surusa, F. E. P. (2019). Upaya Peningkatan Pemasaran Produk Melalui Pendampingan Pembuatan Nama Produk, Kemasan dan Perizinan Usaha Dodol Desa Reksonegoro Kabupaten Gorontalo. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 3(1), 29. https://doi.org/10.36339/je.v3i1.186
Pratiwi Octasylva, A. R., Leonita, S., & Damang, S. M. (2020). Pelatihan Desain Kemasan Produk UMKM di Tangerang Selatan. Empowerment in the Community, 1(2), 41. https://doi.org/10.31543/ecj.v1i2.356
Primiana, I. (2013). Peningkatan Daya saing UMKM Jawa Barat Dalam Menopang Perekonomian Nasional. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Sadjoli, N., Yuliati, R., Reynaldi, W., Anggraini, S. D., Debian, R., Yedidya, S., & Kenneth, H. (2020). Peningkatan Daya Tarik Produk UMKM Teh Sereh Seungit dengan Kemasan Kekinian. Journal of Dedicators Community, 3(3), 58–72. https://doi.org/10.34001/jdc.v3i3.1022
Suprapto, R., & Azizi, Z. W. (2020). Pengaruh Kemasan, Label Halal, Label Izin P-Irt Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Umkm Kerupuk Ikan. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN), 3(2), 125–133. https://doi.org/10.31002/rn.v3i2.1984
Hana. Wawancara dengan Hery Suswandi, S.Sos, Tanggal 29 September 2020, di Kantor DISKOPERDAGIN Kabupaten Cianjur, pukul 10.00-12.00 WIB
Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, LAKIP Tahun 2018
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran edisi-12. Jakarta: PT Indeks
Raden Rudi Alhempi. Pengaruh Pelatihan dan Pembinaan terhadap Pengembangan Usaha Kecil pada Program Kemitraan Bina Lingkungan. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 13 No. 1
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Tambunan, Tulus TH. 2009. UMKM di Indonesia. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.35194/arps.v1i1.1292
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ar-Rihlah : Jurnal Study Perbankan Syariah INDEXED BY :
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.